Ribuan Nahdliyin Kabupaten Banyumas Doakan Indonesia

 
Ribuan Nahdliyin Kabupaten Banyumas Doakan Indonesia

LADUNI.ID, Banyumas – Pada Sabtu (10/11) malam, alun-alun Purwokerto menjadi saksi ribuan santri memanjatkan doa untuk negeri. Santri dan ribuan nahdliyin lainnya beserta seluruh komponen ormas di bawah naungan PCNU Banyumas, bersama-sama hadir dalam acara Doa Santri untuk Negeri.

Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU Banyumas menginisiasi acara ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional sekaligus malam puncak peringatan Hari Santri di Kabupaten Banyumas ini melibatkan 111 kiai dan habaib, 11 hadroh serta puluhan ribu santri se-Kabupaten Banyumas.

Musisi religi kenamaan asal Jombang Jawa Timur, Veve Zulfikar dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen juga turut serta hadir memeriahkan acara malam tersebut.

Ketika Veve Zulfikar mulai menyanyikan lagu Dean Salam yang dipopulerkan Nisa Sabyan, suasana semakin bertambah syahdu. Para santri tampak mengangkat tangan sembari menyalahkan lampu dari ponsel masing-masing. Namun suasana berubah menjadi khidmat dan khusyuk ketika semua santri berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ya Lal Wathon karya KH Wahab Chasbullah.

Menurut Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyumas H Sabar Munanto, kesadaran kemerdekaan yang kita dapatkan adalah berkat rahmat Tuhan. "Para ulama, kiai, habaib dan warga muslim khususnya NU punya andil besar dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan," katanya.

Selain itu, Sabar juga menjalaskan bahwa resolusi Jihad yang digaungkan oleh KH Hasyim Asy'ari yang membakar semangat berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan tegaknya NKRI serta berkobarnya pertempuran 10 November menjadi salah satu bukti NU memiliki andil besar dalam berjuang membela Indonesia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN