Peringatan Hari Toleransi Sedunia, Gusdurian Lampung Gelar Baksos

 
Peringatan Hari Toleransi Sedunia, Gusdurian Lampung Gelar Baksos

LADUNI.ID, Way Kanan – Dalam rangka Memperingati Hari Toleransi Sedunia 16 November 2018, Gusdurian Lampung bekerjasama dengan Satuan Khusus Wilayah Banser Husada Lampung dan Paguron Aji Tapak Sesontengan (ATS) menggelar bakti sosial (baksos) penyembuhan penyakit medis nonmedis secara cuma-cuma untuk masyarakat tanpa modus jual obat.

Adapun kegiatan ini adalah bertempat di Kampung Tegal Mukti, Kecamatan Negeri Besar, Way Kanan, Jumat (16/11) di dua tempat yakni Masjid Baiturahim mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan di Masjid BU Al Amin, pukul 13.00-15.00 WIB. Sementara pada Sabtu (17/11), kegiatan digelar di Madrasah Aliyah  Nurul Huda, mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

"Selain berikhtiar menyembuhkan masyarakat yang menderita beragam penyakit, panitia juga mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan toleransi dengan berpose membawa kutipan-kutipan disediakan untuk dipublikasikan ke media sosial dengan tagar #BedaSetara," papar Penggiat Gusdurian Lampung Gatot Arifianto.

Benih-benih intoleransi di Indonesia yang dihembuskan secara luas dan masif oleh kelompok tertentu harus ditanggulangi bersama dengan cara-cara bijak, santun dan tidak melukai. Jika tidak, maka akan membuat penyakit dalam pikiran masyarakat bangsa Indonesia yang ditegaskan Gus Dur ada karena keberagaman.

Menurut Instruktur Satkornas Banser itu, orang-orang berpikiran sehat akan mampu menghargai kebinekaan sebagaimana disampaikan Presiden RI ke IV, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur): "Keragaman adalah keniscayaan akan hukum Tuhan atas alam ciptaan-Nya".

"Jika ada masyarakat menderita stress,penyakit jantung, diabetes, maag kronis, darah tinggi silakan diajak ke lokasi bakti sosial. Insyaallah, ada dampak positif dengan terapi ATS yang merupakan keilmuan budaya leluhur nusantara," ujar Gatot.