Pesantren Daarul Ishlah Tombo, Batang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Daarul Ishlah Tombo, Batang

Profil
Pada tahun 2001 Pondok Pesantren Daarul Ishlah ini resmi didirikan oleh masyarakat Desa Tombo Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dengan swadaya sukarela dari masyarkat yang antusias akan adanya di kampung mereka lembaga pesantren yang mereka sudah yakini dan percaya bahwa sesungguhnya, lembaga pesantren itu akan membawa dampak positif yang amat besar untuk negeri umumnya, dan Desa Tombo khususnya.

Berdirinya Pondok Pesantren Daarul Ishlah ini adalah gagasan dari seseorang yang datang dari jakarta tepatnya Kampung Pulo, Warung Buncit, Jakarta Selatan. Beliau adalah alumni Pondok Pesantren modern GONTOR. Beliau sengaja datang ke Desa Tombo ini, dengan keramahan dan santun beliau, masyarakat Desa Tombo ini sangat mudah akrab (dekat) dengan beliau. Semua lapisan masyarakat beliau dekati lebih lagi para pemuka masyarakat dan tokoh agama.

Pondok Pesantren Daarul Ishlah ini adalah cabang dari Pondok Pesantren Daarul Ishlah Jakarta Selatan yang beralamat: Jl. Buncit raya Pulo Kali Bata yang diasuh oleh KH. Amir Hamzah. Dan Pondok Pesantren yang di Desa Tombo ini mulanya hanya diisi kegiatan mengaji (sistem salafiyah). tidak hanya sampai disitu, seseorang yang menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang merupakan sebagai pengasuh/pengurus di Pesantren Daarul Ishlah ini beliau berkeinginan membekali santrinya bukan hanya ilmu Agama tapi harus juga dibekali dengan keahlian di bidang Teknologi.

Tidak lama kemudian tepatnya di tahun 2005 beliau resmi mendirikan lembaga pendidikan formal yang setara dengan SLTP yaitu yang diberi nama MTs. Daarul Ishlah. Kedua lembaga Pendidikan ini yaitu: Pondok Pesantren Daarul Ishlah (salafiyah) dan MTs Daarul Ishlah (formal).

Pendiri:
KH. Amir Hamzah

Pengasuh
KH. Amir Hamzah

Visi:
Membentuk kepribadian santri yang memiliki kecerdasan spiritual, pikiran, emosi dan sosial yang seimbang berdasarkan keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian dan ukhuwah islamiyah sebagai bekal hidup yang damai dan menjunjung tinggi NKRI.

Misi:

  1. Membekali santri dengan ilmu pengetahuan untuk hidup sebagai makhluk Allah SWT dan sebagai makhluk sosial.
  2. Membekali santri dengan ilmu pengetahuan agama yang yakin dan mampu mengagungkan dan mengembangkan syiar-syiar agama Allah SWT.
  3. Membekali santri dengan ilmu pengetahuan tentang cara berempati kepada orang lain, kewirausahaan, kemandirian dan ilmu kesehatan jasmani dan rohani.

Kegiatan

  1. Ngaji kitab
  2. Peduli Lingkungan
  3. Belajar menjadi jiwa yang siap berdakwah
  4. Pelatihan mengajar bagi santri yang sudah dirasa mampu
  5. Belajar bekerja keras
  6. Belajar mandiri


Pembacaan maulidurrosul simtudduror setiap malam senin di Ponpes Daarul Ishlah Tombo


Setahun sekali anak2 santri di bawa kejakarta refresing, sekaligus Ziarah ke makam Al-Maghfurlah Pendiri Ponpes Daarul Ishlah Desa Tombo

Pendidikan:
MTs. Daarul Ishlah

Fasilitas
3 Asrama (1 asrama putra dan 2 asrama putri)
1 Ruang Aula Majlis
1 Masjid (masih dalam proses pembangunan)
1 Dapur santri
7 Kamar mandi
2 Tempat menyuci dan jemuran.

Alamat
Jl. Puncak Km 4 Desa Tombo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa tengah 51254

Referensi       
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: daarulishlahtombo.blogspot.com

Kunjungi Juga:

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.