Biografi Tgk. Amir Husein Almudjahid

 
Biografi Tgk. Amir Husein Almudjahid

Daftar Isi Profil Tgk. Amir Husein Almudjahid

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mendirikan Lembaga Pendidikan
  4. Sosok Pejuang

Kelahiran

Tgk. Amir Husein Almudjahid lahir pada tahun 1311 H bulan Muharram/1900 M di desa Blang Siguci Idi Rayeuk Aceh Timur. Beliau merupakan putra dari pasangan Amir Suleiman dan Cut Manyak binti Muhammad Yusuf bin Syekh Yakub bin Syekh Abdussalam.

Pendidikan

Saat Tgk. Amir Husein Almudjahid berusia dua tahun, ayahandanya (Amir Sulaiman) meninggal dunia. Di tengah kesendiriannya, ibunda beliau, Cut Manyak tetap tegar dan berusaha keras menapaki hidup membesarkan Amir Husein dan Cut Fatimah seorang diri. Ikhlas melakoni tanggung jawab sebagai “ayah ngen mak” sekaligus, Cut Manyak berhasil melewati masa sulit hingga Amir Husein pun memasuki masa kanak-kanaknya.

Keseharian Amir Husein diisi dengan bermain dan mengaji di malam hari. Satu hal yang menarik, dikalangan sahabatnya Amir Husein dikenal memiliki rasa kesetiaan dan simpati yang berlebih terhadap semua orang sehingga ia begitu dicintai oleh teman-temannya. Kendati demikian waktu luangnya lebih banyak dimanfaatkan untuk membantu ibunya di rumah.

Oleh ibunya Amir Husein mulai diperkenalkan Al- Qur’an dan dasar-dasar Islam. Saban hari, ibunya senantiasa mengajarkan Juz Amma dan tertib pelaksanaan shalat pada Amir Husein. Selanjutnya di usia 7 tahun ia mulai mengeyam pendidikan dasar pada Volkschool Blang Guci dan Dayah Pulo Blang Idi yang didirikan oleh Teungku Chik Muhammad Idris Ahmad Tanjongan Al-Rumi. (Fauzi, 2016:09).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya