Ilmuwan Temukan Populasi Beruang Kutub Baru yang Sehat

 
Ilmuwan Temukan Populasi Beruang Kutub Baru yang Sehat

LADUNI.ID, IPTEK- Ketika berbicara mengenai perubahan iklim, salah satu spesies yang disebut-sebut paling terdampak adalah beruang kutub. Fakta tersebut memang didukung oleh video viral yang menampilkan seekor beruang kutub mencari makan di tempat sampah dan studi pada bulan Februari di jurnal Science yang menyebutkan bahwa beruang kutub terancam kelaparan karena perubahan iklim.

 Namun, bukan berarti beruang kutub tidak punya harapan sama sekali. Sebuah survei baru menunjukkan bahwa pada beberapa bagian di Arktika, kondisi populasi beruang kutub tidak separah yang kita bayangkan selama ini.

Bahkan, sebuah populasi baru yang ditemukan di Lautan Chukchi, antara Alaska dan Rusia, kini dalam keadaan sehat dan sedang berkembang.

Pakar biologi Eric Regehr dari Polar Science Center di University of Washington mengatakan, hilangnya es lautan akibat perubahan iklim tetap menjadi ancaman paling utama bagi spesies ini, tetapi seperti yang ditunjukkan dalam studi, ada variasi di mana dan kapan efek menghilangnya es laut muncul.

“Beberapa subpopulasi memang menurun, tetapi lainnya masih baik-baik saja,” ujarnya.

Sumber: kompas.com