India Luncurkan 31 Satelit Sekaligus

 
India Luncurkan 31 Satelit Sekaligus

LADUNI.ID, New Delhi -  India berambisi untuk menjadi penyedia layanan luar angkasa global yang berbiaya rendah mulai terwujud. Terbukti negara itu meluncurkan roket yang membawa 31 satelit dari berbagai negara. Peluncuran itu dilakukan sekaligus ke luar angkasa, pada Kamis lalu (29/11/2018).

Selain meluncurkan roket dari negaranya sendiri,  roket bernama PSLV berasal dari negara Amerika Serikat (AS) turut  diluncurkan dari wilayah Andhra Pradesh. Termasuk satelit-satelit yang berasal dari delapan negara lainnya turut diluncurkan.

Masing masing negara selain AS menitipkan satu satelit, sedangkan 23 satelit lainnya merupakan milik AS. Satelit-satelit itu terdiri atas satu satelit mikro dan 29 satelit nano. Berat keseluruhan dari 30 satelit itu mencapai 261,5 kilogram.

Adapun satelit HysIS milik India diketahui memiliki berat 380 kilogram. Nantinya HysIS akan digunakan untuk berbagai aplikasi pemantauan seperti pertanian, kehutanan, survei tanah, geologi, zona pantai, kajian air tanah, kajian lingkungan, dan mendeteksi polusi industri. Meskipun berstatus satelit pemantauan Bumi, HysIS juga bisa dipakai untuk tujuan pemantauan militer.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) menyebut, roket itu membawa satelit pemantauan Bumi milik India, Hyper-Spectral Imaging Satellite (HysIS) yang memiliki resolusi tinggi dan perlengkapan pencitraan digital untuk memetakan Bumi. Sebanyak 30 satelit lainnya merupakan milik delapan negara, yakni AS, Australia, Kanada, Kolombia, Finlandia, Belanda, Spanyol, dan Malaysia.

Peluncuran roket yang membawa banyak satelit ini menjadi bagian ambisi Perdana Menteri India Narendra Modi untuk menjadikan India sebagai penyedia layanan luar angkasa secara global namun berbiaya rendah. Peluncuran dilakukan sekitar dua pekan setelah GSAT-29, satelit terberat India, diluncurkan ke luar angkasa.

(rtr,srf)