Mahasiswa UGM Juara Pertama dan Best Presentation Lomba Karya Tulis di UNS Solo 

 
Mahasiswa UGM Juara Pertama dan Best Presentation Lomba Karya Tulis di UNS Solo 

LADUNI.ID,Yogyakarta - Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berhasil meraih juara pertama dan best presentation dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah ACTIVE 2018 pada 3 hingga 5 November 2018 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS). Tim mahasiswa dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM yang terdiri dari Amelia Amanda Jasmine dan Rizkyajeng Pradnya Devi (Akuntansi 2016). 

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang menjadi bagian dari rangkaian acara ACTIVE adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) FEB UNS.

Setiap tahun, ACTIVE selalu mengangkat isu-isu terkini di dunia akuntansi sebagai tema besarnya. Tahun ini, ACTIVE mengangkat tema Keterbukaan Informasi Pasca Tax Amnesty sebagai respons atas peristiwa pengampunan pajak yang telah selesai dilakukan Indonesia dalam menyongsong keterbukaan informasi perpajakan dunia.

“Tema tersebut turut menjadi tema besar Lomba Karya Tulis Ilmiah," ujar Amelia Amanda Jasmine di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Selasa (11/12).
Menurut Amelia Lomba Karya Tulis  ACTIVE terdiri dari tiga proses seleksi paper terdiri dari tiga tahapan. Yaitu pengumpulan abstrak, pengumpulan paper dan presentasi paper. Di babak pengumpulan abstrak, seluruh peserta diwajibkan mengirimkan sebuah abstrak yang merepresentasikan papernya dengan mengacu pada salah satu subtema yang diberikan.

Setelah proses seleksi abstrak maka sebanyak 26 tim dengan abstrak terbaik diminta untuk mengumpulkan paper utuh. Dari proses ini maka tersaring 10 tim terbaik untuk diundang ke FEB UNS pada 3 hingga 5 November 2018 untuk mengikuti final Lomba Karya Tulis Ilmiah.

“Tim-tim terbaik ini diminta untuk mempresentasikan paper yang telah mereka buat di hadapan tiga dewan juri, terdiri dari akademisi, praktisi dan regulator," ujar Amelia.

Amelia menuturkan di saat presentasi paper, masing-masing tim finalis mendapat kesempatan 15 menit sesi presentasi dan 15 menit sesi tanya jawab. Selain Lomba Karya Tulis Ilmiah, ACTIVE 2018 juga memiliki serangkaian acara lain, seperti Seminar Nasional yang diadakan di Auditorium Rektorat UNS dan Olimpiade Akuntansi ACCESS.

“Pemberian penghargaan kepada para pemenang juara I, juara II, juara III, dan best presentation sebagai puncak acara dilakukan pada Indonesian Cultural Gathering Night (ICGN). Acara ini ditutup dengan field trip ke Museum Danar Hadi, Keraton Surakarta dan Museum Keris," tutup Amelia.