Sadar Keragaman, FKUB Gelar Deklarasi Damai

 
Sadar Keragaman, FKUB Gelar Deklarasi Damai

LADUNI.ID, Sumenep - Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar pembinaan umat beragama bagi generasi muda. Kegiatan berlangsung di kantor Kementerian Agama setempat, Kamis (13/12).

Syaiful Arif, yang merupakan narasumber dari Kejaksaan Negeri Sumenep mengungkapkan bahwa kerukunan umat beragama adalah bagian terpenting dalam membangun keutuhan negara Indonesia. “Tentu yang dimaksud adalah pemahaman tentang beragama yang rahmatan lil alamin,” terangnya.

Syaiful memaparkan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia harus dikelola dengan baik. “Karena jika tidak mampu mengelolah perbedaan, maka rawan konflik. Pembinaan kerukunan umat beragama dapat dicapai melalui saling menghargai dan toleransi," jelasnya di hadapan undangan.

Sementara itu, menurut Ketua FKUB Sumenep, KH Mahfudh Rahman, dirinya akan terus mengelar pembinaan umat beragama khususnya bagi kalangan muda. “Sebab kaum muda itu merupakan pemimpin masa depan,” tuturnya. 

Dia juga menambahkan bahwa, generasi muda merupakan bagian elemen terpenting dalam pembangunan bangsa. “Saat ini ada lima ancaman bagi masa depan bangsa. Narkoba, pornografi, kekerasan fisik, dan paham radikalisme, terakhir adalah pemberitaan,” jelasnya.

Pada akhir pertemuan ini, dilakukan pembacaan deklarasi damai oleh seluruh elemen dan komunitas GusDurian serta tokoh agama, dan utusan dari sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda atau OKP.