Munas-Kombes NU Mengangkat Tema Memperkuat Khidmah Wathoniyah

 
Munas-Kombes NU Mengangkat Tema Memperkuat Khidmah Wathoniyah

LADUNI.ID, Jakarta - Pada perhelatan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas-Konbes NU) 2019 mengusung isu kedaulatan rakyat melalui tema Memperkuat Khidmah Wathoniyah untuk Kedaulatan Rakyat.

Melalui tema ini, tema besar ini diturunkan pada empat subtema yakni masalah-masalah kenegaraan, lingkungan hidup, ekonomi dan kebudayaan.

Mengenai tema tersebut, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah mengatakan menyambut dengan baik. "Kami menyambut baik tema Munas dan Konbes NU, yakni mewujudkan kedaulatan rakyat," kata Ketua PWNU KH Muzammil kepada NU Online melalui sambungan telepon, Ahad (16/12).

Muzammil juga menjelaskan, kedaulatan menjadi salah satu visi para pendiri bangsa, selain persatuan, keadilan, dan kemakmuran. "Ini visi para proklamator negara kita supaya benar-benar bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ucapnya.

Selain itu, ia juga berpendapat, untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, perlu dilakukan pendidikan tentang hak dan kewajiban bela agama dan negara secara berkesinambungan. 

“Ini perlu kita sosialisasikan kembali agar generasi muda dan milenial mampu meneruskan dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama,” terangnya.

Pada Munas-Konbes NU 2019 akan dilaksanakan di Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo Kujangsari, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, pada 22-24 Februari 2019.