Pesantren Roudhotu Tahfidzil Qur'an Jombang

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Roudhotu Tahfidzil Qur'an Jombang

Profil

Pondok Pesantren Putra Putri Roudhotu Tahfidzil Qur’an Perak Jombang merupakan Pondok Pesantren rintisan KH. Ahmad Masduqi ‘Abdurrohman. Pada tahun 1960 KH. Ahmad Masduqi ‘Abdurrohman pulang dari masa belajar di berbagai Pondok Pesantren.

 Pada tahun 1960 Ahmad Masduqi ‘Abdurrohman Muda diminta membantu mengajar Al Qur’an Oleh Kyai setempat didesa Perak yang bernama KH. Hasan (Mbah San), khususnya buat santri-santri yang sudah lancar bacaannya.

Diawali dengan 5 santri datang untuk mengaji kepada Ahmad Masduqi ‘Abdurrohman Muda atas rekomendasi dari Mbah San, setelah selesai mengaji mereka di tanya, “kalian ini hanya akan belajar membaca Al Qur’an  apa menghafalkan Al Qur’an ? Kalau tidak menghafalkan lebih baik tidak usah mengaji pada saya, karena hanya akan belajar sampai pada tahap itu saja“. Kemudian mereka menjawab “iya kami mau menghafalkan Kyai...“. Asumsi beliau adalah, jika santri menghafalkan insya Alloh santri akan nderes dan belajar terus sampai usia senja.

Kemudian berlanjut pada tahun 1965 membangun sebuah Musholla sederhana dan baru dapat diselesaikan pada tahun 1968. Ditempat inilah berlangsung berbagai kegiatan-kegiatan belajar mengajar, ruang santri berteduh dan kegiatan yang lain. Dan embrio Yayasan Ar Rahman Pondok Pesantren Putra Putri Roudhotu Tahfidzil Qur’an Perak Jombang dan terus berkembang sampai sekarang.

Selain Musholla sederhana tersebut, terdapat beberapa gubug-gubug yang lokasinya berada dibelakang Musholla, hasil dari pada kreasi para santri yang semakin waktu kian bertambah pada saat itu. Melihat besarnya antusias masyarakat dan para santri yang berkeinginan belajar dan khidmah pada beliau, maka pada tahun 1989 membeli sebidang tanah tepat dibelakang rumah Pengasuh kurang lebih seluas 200 M.

Dan disaat yang sama memulai pembangunan sedikit demi sedikit yang pada akhirnya dapat diselesaikan tepat pada tahun 1994.

Pada tahun 1998 Pengasuh membeli dan membangun aset tambahan yang nantinya diperuntukkan untuk menunjang berbagai kegiatan. Melihat besarnya antusias dari masyarakat sekitar dan kedatangan para santri yang berkeinginan belajar serta berkhidmah pada beliau, maka dengan bangunan sederhana tersebut berikut gubuk-gubuk sederhana yang berada dihalaman belakang Musholla dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah belajar.

Pada awalnya oleh santri dan masyarakat sendiri yang menamakan Pesantren ini dengan sebutan Pondok Perak, kemudian Pengasuh mengalap berkah dengan Tafaulan salah satu nama Pesantren Gurunya yaitu dengan nama Pondok Pesantren Roudhotu Tahfidzil Qur’an.

       Pengasuh

  1. KH. Ahmad Masduqi ‘Abdurrohman

Pendidikan

                 Pendidikan Formal

  1. TK
  2. SD
  3. SMP
  4. SMA
  5. SMK

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Life Skill
  8. Marchingband
  9.  Komputer
  10. Pramuka
  11. Seni Hadroh
  12. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  13. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 


Alamat

Jl. Raya Perak No.365, Perak, Barat Pasar, Kec. Perak, Kabupaten Jombang

Telpon: 0321-872025

Kode Pos : 61461

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.