ITF Sunter Dapat Hasilkan Listrik 35 Megawatt Per Hari

 
ITF Sunter Dapat Hasilkan Listrik 35 Megawatt Per Hari

 

LADUNI.ID, EKONOMI- Fasilitas pengolahan sampah di dalam kota atau Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter dapat menghasilkan listrik sebesar 35 megawatt setiap harinya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, listrik dihasilkan dari energi panas hasil pembakaran sampah yang diolah ITF Sunter.

"Teknologi yang digunakan bisa mengonversi energi panas menjadi energi listrik, bisa dihasilkan 35 megawatt dari ITF ini," kata Anies setelah meresmikan pembangunan ITF Sunter, Jakarta Utara, Kamis (20/12/2018).

Dengan demikian, kata Anies, sampah yang diolah akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, meski jumlah tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik Jakarta. Menurut dia, tujuan utama pembangunan ITF Sunter memang bukan untuk menjadi generator listrik, melainkan sebagai tempat pengolahan sampah.

 "Yang penting sampahnya terkelola dan habis, itu yang penting. Bahwa kita punya manfaat listrik, ahamdulillah, tetapi sebetulnya kebutuhan kita jauh lebih besar dari itu," ujarnya. 

Kamis ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan groundbreaking pembangunan ITF Sunter yang mampu mengolah 2.200 ton sampah setiap harinya. Pembangunan ITF Sunter memakan dana sebesar 250.000.000 dollar AS dan ditargetkan rampung dalam waktu tiga tahun

SUMBER;KOMPAS.COM