LEDIkan dari KKP Bantu Tingkatkan Tangkapan Ikan Nelayan Lima Kali Lebih Banyak

 
LEDIkan dari KKP Bantu Tingkatkan Tangkapan Ikan Nelayan Lima Kali Lebih Banyak

Laduni.id, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan lampu pemancing ikan untuk nelayan kecil. Dinamakan LEDIkan, lampu tersebut diklaim mampu menarik perhatian ikan untuk membantu nelayan kecil menangkap ikan lebih banyak.

Menurut Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja, LEDIkan tersebut sudah dikembangkan selama dua tahun. Kemudian baru diluncurkan di Bulan Desember ini.

Sebanyak 17 unit kapal nelayan di Sumatera Barat, kata Sjarief, sudah diberikan LEDIkan saat peluncuran perdananya.

“Penelitian ini sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir, dilaunching di Sumatera Barat awal Desember kemarin, dan sudah dibagikan ke 17 nelayan,” kata nya Kamis (27/12/2018) di Mina Bahari III, KKP, Jakarta.

Selama ini, katanya, nelayan kecil hanya menggunakan lampu apa adanya dan itu hanya untuk di kapal. Sedangkan nelayan besar mampu menggunakan lampu yang terang.

"Kapal-kapal besar ini pakai lampu yang sangat terang di atas 4 ribu watt. Pokoknya saling berkompetisi paling terang. Saya bilang kalau gini caranya sumber daya kita jadi terganggu karena nelayan kecil yang lain bisa tersingkir," sambung dia.

Lebih lanjut, kata Sjarif, cara kerja LEDIkan itu untuk menerangi plankton atau makanan ikan. Sehingga ikan akan berkumpul dan menuju ke sumber cahaya.

"Kalau LEDikan dimasukkan ke dalam air nggak keliatan dari permukaan. Tapi yang diterangi planktonnya jadi ikan akan kumpul itu diterima dan langsung mereka akan kumpul," tutupnya.

Teknologi LED pada Lampu LEDIkan, merupakan teknologi lampu terbaru yang dapat menghemat energi dibanding dengan lampu TL apalagi lampu bohlam.

Selain hemat energi, LEDIkan juga menghasilkan cahaya lebih terang, mudah dibawa (portable), dan tidak mudah terbakar atau konslet dengan ketahanan sekitar 5 tahun.