Biografi Nyai. Hj. Nur Khodijah

 
Biografi Nyai. Hj. Nur Khodijah

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Perjalanan Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok  Pesantren

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah Beliau
3.1  Karier Beliau

4.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Nyai Nur Khodijah lahir pada 23 Februari tahun 1897 di Tambakberas tepatnya di Pondok Pesantren Bahrul Ulum dari pasangan KH. Hasbullah Said dengan Nyai Latifah

1.2 Wafat
Bu Nyai Hj. Nur Khodijah wafat pada 17 Juli 1952. Jenazah Beliau dimakamkan di komplek Pesantren Denanyar ( Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang).

1.3 Riwayat Keluarga
Pada tahun 1912, beliau pergi ke Mekkah bersama ibundanya untuk menunaikan ibadah haji. Di Mekkah inilah beliau bertemu KH. Bisri Syansuri, karena dijodohkan kakaknya, KH. Wahab Chasbullah. Kemudian keduanya melangsungkan pernikahan dan menetap di Mekkah lebih lama untuk menuntut ilmu. Pernikahannya dengan KH. Bisri membuahkan dua putra dan empat putri, yaitu:
1.    KH. Ahmad Bisri
2.    Hj Muasshomah
3.    Nyai Sholichah
4.    Nyai Musyarafah
5.    KH. Aziz Bisri
6.    KH.Shohib Bisri

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Sejak kecil beliau dibimbing oleh KH. Hasbullah Said, sang ayah dalam ilmu agama. Di Mekkah, Nyai Hj. Nur Khodijah belajar mengaji kepada seorang syaikh di Arab.

2.2 Guru-Guru Beliau
KH. Hasbullah

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren

Nyai Hj. Nur Khodijah mulai mendirikan pesantren putri bersama sang suami KH. Bisri Syansuri. Pasangan suami istri ini mendirikan Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang pada tahun 1917. Sepuluh tahun kemudian berdiri pesantren khusus putri di belakang kediaman Kiai Bisri.

Awal pendirian pesantren putri bukan hal yang mudah. Bahkan sosok tokoh sebesar KH. M Hasyim Asy'ari awalnya kurang setuju. Namun, melihat antusias para perempuan untuk belajar, tekad bulat Nyai Hj Nur Khodijah tetap tak berubah. KH. M Hasyim Asy'ari lalu datang sendiri mengamati proses belajarnya dan akhirnya setuju. Hubungan KH. Bisri dengan Kiai Hasyim adalah guru dan murid. Kiai Bisri pernah belajar di pesantren Tebuireng di bawah asuhan KH. M Hasyim Asy'ari bersama KH. Wahab Chasbullah yang juga kakak kandung Nyai Nur Khodijah.
 

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah Beliau

3.1 Karier Beliau

Nyai Hj. Nur Khodijah kembali ke tanah air bersama suaminya pada 1914 ketika hamil anak pertama, setelah hampir dua tahun menetap di kota itu. Pada 1917, beliau diberikan sebidang tanah dari ayah Nyai Hj. Nur Khodijah dengan KH. Bisri Syansuri, merintis pesantren baru di kota Jombang.
Nyai Nur Khodijah menjadi pengasuh pesantren putri Mambaul Mambaul Ma'arif Denanyar.

Pondok pesantren putri Mambaul Mambaul Ma'arif Denanyar merupakan pondok pesantren pertama di Jawa yang menyelenggarakan pendidikan untuk perempuan.

Pada awalnya hanya dibuka empat kelas untuk perempuan, namun sambutan dari masyarakat tidak terlalu antusias. Malah sempat ada kritikan karena pendidikan perempuan dianggap tidak lazim. Seiring berjalannya waktu, di bawah pengelolaan Nyai Khodijah, kelas perempuan ini mampu bertahan dan jumlah muridnya semakin bertambah.

Nyai Hj. Nur Khodijah terus mengelola Pesantren Mambaul Ma’arif bersama KH. Bisri Syansuri hingga beliau wafat pada tahun 1980 di Jombang pada usia 91 tahun.

ada 3 kategori santri putri yang diterima Nyai Nur Khodijah, yaitu:

  1. Pertama yaitu santri tetangga, merupakan para tetangga Nyai Nur Khodijah atau masyarakat sekitar Jombang yang ingin menuntut ilmu agama kepada dirinya.
  2. Kedua santri yang dalam masa akan dinikahkan. Santri yang akan menikah akan diajarkan beberapa kebutuhan yang diperlukan di masyarakat, misalnya diajarkan diba'an, doa khataman Qur'an, dan seterusnya.
  3. Yang terakhir yaitu santri kategori yang sedang ada masalah keluarga misalnya diceraikan suami atau suaminya meninggal.

 

4. Referensi

majalahaula.id                   :  Siapakah Pendiri Pesantren Putri Pertama di Indonesia
Almunawwirkompleq.com   : Sang Pionir Pondok Pesantren Putri di Indonesia
alif.id                                :  Kiai Bisri Syansuri Pendiri Pertama Pesantren Putri

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya