1001 Jalan Menuju Hidayah

 
1001 Jalan Menuju Hidayah

LADUNI.ID - Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Manado di atas Garuda pandangan tertuju pada salah satu ruang rubrik media cetak Republika 23 April 2017 mengenai masuknya Islam Kristiane Backer presenter MTV Eropa. Sebagai presenter terkenal di dunia hiburan sudah memiliki hampir segalanya, relasi, penghasilan materi dan uang begitu banyak, ketenaran dan lain-lain. Ketika tampil di atas panggung dengan 70 ribu orang fans yang bersorak memujinya, namun ternyata semuanya itu bagi dirinya masih ada yang sangat terasa hampa, ruang dimensi spritualnya kesepian dan kosong. Ia sukses melampaui puncak kariernya, tapi merasa gagal mengenal dirinya sendiri, gagal memasuki hatinya sendiri. Ia sesungguhnya sangat rindu dan butuh dipertemukan dengan kebenaran Penciptanya. 

Di tengah krisis identitasnya memuncak, akhirnya Kristiane Backer masuk Islam menjadi Muslimah setelah mendengarkan musik sufi yang liriknya ditujukan untuk Allah. 

Seni musik merupakan jalan pengantar bagi Kristiane Backer presenter hiburan MTV Eropa meraih hidayah dan menjadi Muslimah. Ia meyakini bahwa Tuhan di mana-mana, ada dalam arsitektur yang indah, dalam musik, dan dalam hati orang-orang. 

Inilah contoh betapa banyak jalan seseorang meraih hidayah Allah. Hanya dengan mendengar alunan musik sufi, ia dapat hidayah masuk Islam. 
Ini juga suatu bukti bahwa keperluan asupan spritual hati adalah keniscayaan dan mutlak adanya, maka jangan pernah mengabaikan dan melalaikannya. 

Kejadian ini juga bisa menjadi inspirasi pelajaran dan hikmah agar berhati-hati dan tidak gampang memandang remeh seseorang hanya karena tampilan casing luarnya, tidak mudah memvonis seseorang sebagai kafir, munafik, penghuni neraka, dan penilaian buruk lainnya sebab bisa saja 1001 sebab dan jalan ia berubah drastis menjadi lebih baik dan mulia di sisi Allah karena hidayah Allah. 

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum menghina kaum yang lain, karena bisa saja mereka yang dihina itu ternyata lebih baik daripada yang menghina. (QS. Al-Hujurat: 11).
Semoga kita selalu mendapatkan hidayah Allah menjadi yang terbaik di sisi-Nya.

Jakarta-Manado, 23 April 2017

Oleh: Dr. Wajidi Sayadi, M.Ag

Dosen IAIN Pontianak

 

 

Tags