Ziarah di Makam KH. Ali Maksum, Ulama Visioner, Rais 'Aam PBNU Periode 1981-1984

 
Ziarah di Makam KH. Ali Maksum, Ulama Visioner, Rais 'Aam PBNU Periode 1981-1984
Sumber Gambar: Ilustrasi Laduni.ID

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  KH. Ali Maksum adalah sosok ulama berwibawa dari Krapyak Yogyakarta, beliau adalah ulama yang sangat berjasa besar dalam mengajar santri, banyak para santri yang telah berhasil menjadi ulama-ulama besar, intelektual, dengan pengasuhan yang sangat dekat dengan santri dan disiplin dalam pengajaran.

KH. Ali Maksum juga adalah kiai yang visioner dengan merombak pesantren dengan pengajaran modern di pesantren Tremas dan pesantren Krapyak, Yogyakarta. Sistem modernisasi yang dikelola KH. Ali Maksum bukan meninggalkan pengajaran tradisional tapi menguatkan dalam pengajaran pesantren. Untuk melakukan pembaharuan di bidang metode pengajaran dan kurikulumnya, di antaranya dengan cara memasukkan kitab-kitab baru karya ulama modern kedalam kurikulumnya, seperti kitab Qiroatur Rosyidah, An-Nahwul Wadhih dan lain-lain.

KH. Ali Maksum ketika mondok di pesantren Tremas, dikalangan para santri, teman-teman dan keluarga pesantren lebih dikenal dengan panggilan Wak Ali, nampak paling menonjol diantara para santri yang lain dan sudah menampakkan bakat-bakat keulamaannya. Hal ini bukan disebabkan oleh kebesaran nama ayah beliau, akan tetapi disebabkan oleh kejeniusannya, ketekunan belajarnya, kedalaman ilmunya, keluasan wawasannya, penguasaannya terhadap kitab-kitab kuning, kreatif, inovatif, kekuatan pribadinya, jiwa kepemimpinannya, dan hal-hal lainnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN