Inilah Keuntungan Menjadi Ahli Ilmu

 
Inilah Keuntungan Menjadi Ahli Ilmu

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam kitabnya yang berjudul Ihya’ ‘Ulumuddin, imam Al-Ghazali membuat bab khusus yang menjelaskan mengenai ilmu sebagai pembahasan pertama. Di sana juga terdapat ulasan mengenai keutamaan seorang ahli ilmu. Rasulullah saw. bersabda:

فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أَدْنَى رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِي

“Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku (Muhammad) atas atas lelaki paling bawah dari para sahabatku”. (HR. Tirmidzi)

فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ

“Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang.” (HR. Ibn Hibban)[1]

Dalam kitab Qami’ at-Tughyan karya syekh Nawawi Banten pun diceritakan:

Hasan al-Bashri adalah seorang ahli ilmu. Pada suatu hari, ia duduk bersama Farqad dalam sebuah undangan jamuan makan. Di antara hidangan yang berjejer, tampak beberapa piring emas berisi kurma.

Melihat hal itu, Furqad lalu bangkit dan duduk menyendiri. Baginya, menggunakan wadah emas hukumnya haram. Sementara Hasan al-Bashri mengambil satu per satu kurma yang berada di atas piring itu dan memindahkannya ke atas kepingan-kepingan roti, lalu memakannya.

“Wahai Farqad, mengapa engkau tidak melakukan yang seperti ini?” tanya Hasan al-Bashri sambil memakan kurma.

Dari kejadian tersebut, Hasan al-Bashri mendapatkan empat kebaikan yang tidak didapat oleh Farqad. Pertama, ia memperoleh kesunahan memakan makanan dalam undangan. Kedua, ia tidak menyinggung atau menyakiti perasaan tuan rumah. Ketiga, ia menghilangkan kemungkaran. Keempat, ia mengajari orang banyak dalam menjalankan syariat yang benar. Waallahu a’lam

Sumber: Ihya’ ‘Ulumuddin, vol. I hal. 6, dan Qami’ at-Tughyan, hal. 13, cet. Nurul Huda. Dilansir dari lirboyo.net