Khutbah Jumat: Kejujuran dan Kesabaran Ulama Tempo Dulu

 
Khutbah Jumat: Kejujuran dan Kesabaran Ulama Tempo Dulu

KHUTBAH PERTAMA :

اَلْحَمْدُ للهِ، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْاِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا حَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah
Mengawali khutbah ini, tidak bosan-bosan khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan seluruh jama'ah untuk senantiasa bersyukur pada Allah SWT atas segala limpahan anugerah nikmat yang kita terima dalam kehidupan ini. Dan juga mari kita terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, bukan hanya diucapkan melalui lisan kita saja, namun terlebih dari itu ditancapkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan kita sehari-hari. Di antara wujud komitmen bertakwa itu adalah senantiasa menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada rahmat bagi semesta alam Baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam, yang sunahnya selalu kita teladani.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,
Dalam kehidupan beragama, kita patut mencontoh perilaku dan kehidupan orang-orang shaleh. Selain para Nabi dan sahabat, kita juga perlu meneladani para ulama salaf (generasi terdahulu) dalam memelihara kualitas keimanan dan kedekatan mereka kepada Allah Swt.

Hal ini penting kita lakukan, karena akhir-akhir ini banyak sekali kemungkaran yang dilakukan oleh sebagian masyarakat kita dan sama sekali tidak mencerminkan akhlak Islam. Salah satunya adalah praktik korupsi yang sudah sangat memprihatinkan di negeri ini. Semoga dengan berkaca pada kisah kehidupan para ulama terdahulu, kita bisa mengambil banyak pelajaran berharga.

Di antara akhlak mulia yang bisa kita contoh dari ulama salaf adalah kesungguhan mereka dalam menjaga konsumsi makanan. Mereka begitu berhati-hati dalam melihat status makanan sebagai benda halal atau haram.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً – وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ – ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ .[رواه مسلم]

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya Allah ta’ala itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firmannya: Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal shalihlah. Dan Dia berfirman: Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata: Yaa Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan. (HR. Muslim).

Allah tidak menerima amal perbuatan, baik amal yang dilakukan dengan anggota badan maupun harta, kecualai yang baik-baik. Kalau itu adalah amal anggota badan, seperti shalat, puasa dan sebagainya, tentu harus bersih dari ujub, riya dan sebagainya.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 168 Allah SWT berfirman

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS: Al-Baqarah 168)

Karena kehati-hatian dalam mencari yang halal sampai-sampai ada seorang pemuda yang rela berjalan jauh hanya untuk mencari kejelasan makanan yang sudah dimakan, dikisahkan ada seorang ulama dari generasi tabi’in (paska generasi sahabat) bernama Idris, seorang pemuda yang gemar mengembara untuk menuntut ilmu. Suatu ketika beristirahat di tepi sungai untuk melepas lelah. Dilihatnya buah apel terbawa arus air dan memungut buah tersebut untuk dimakannya.

Setelah menghabiskan kurang lebih setengahnya, pemuda itu tersentak. Ia merasa buah yang dimakan belum jelas statusnya, timbulah pertanyaan pada hatinya, apakah pemilik buah itu memang sengaja membuangnya ke sungai atau justru sebaliknya, sang pemilik merasa kehilangan buah tersebut? Karena terusik dengan status buah yang dimakannya, Idris memutuskan untuk menelusuri bantaran sungai guna mencari pemiliknya.

Setelah menempuh perjalanan cukup jauh, tibalah Idris di sebuah kebun apel yang berada di tepi sungai. Idrispun cukup yakin, buah apel yang telah dimakannya berasal dari perkebunan tersebut. Karena, apel yang dimakan sama jenisnya dengan yang tumbuh di perkebunan tersebut. Di samping itu, hanya kebun apel itu saja yang berada di tepi sungai. Setelah bertanya di mana rumah pemilik kebun, Idris pun mendatangi kediamannya. Idris menceritakan maksud dan tujuan kedatangannya kepada si pemilik kebun, yakni untuk meminta kerelaannya atas apel yang telah dimakannya.

Sang pemilik kebun sangat kagum dengan kejujuran pemuda yang bernama Idris itu dan kehati-hatiannya untuk tidak mengkonsumsi makanan yang status halalnya masih belum jelas. Padahal, apel yang dia makan adalah buah yang telah jatuh dan terbawa arus air sungai. Terbesit dalam hatinya untuk menguji lebih jauh kejujuran Idris.

Sang pemilik kebun berkata bahwa dirinya tidak rela terhadap buah apel yang telah dimakannya. Dan  hanya ridha setelah sang pemuda mau memenuhi permintaan yang akan diajukan.

Mendengar jawaban pemilik kebun, Idris pun langsung menyanggupi, asal makanan yang terlanjur dimakannya bisa halal. Melihat sikap sang pemuda, sang pemilik kebun semakin kagum. Bagaimana tidak? Hanya untuk mencari halal separuh buah apel yang dimakan secara tidak sengaja, dia rela untuk melakukan apa saja.

Sang pemilik kebunpun semakin ingin menguji, sejauh mana mampu bertahan dalam kondisi seperti itu. Maka sang pemilik kebun memberitahukan syarat yang harus dipenuhi sang pemuda. Idris diminta untuk menikah dengan seorang perempuan yang buta, tuli, dan bisu. Sebuah syarat yang sangat berat bagi seorang yang masih memiliki masa depan yang panjang.

Karena dia harus merawat istri yang kondisinya tentu saja tidak diidamkan oleh pemuda lajang kebanyakan: perempuan yang buta, tuli, dan bisu. Namun dengan sangat yakin, Idris menyanggupi persyaratan sang pemilik kebun demi mendapatkan halal separuh buah apel yang telah berada di dalam perutnya.

Mendengar kesanggupan Idris, sang pemilik kebun semakin mantap untuk menikahkan sang pemuda dengan gadis yang dijodohkan. Ternyata gadis itu adalah putri kandungnya sendiri. Setelah dilakukan proses akad nikah, Idris pun menjumpai istrinya yang telah menunggunya di dalam kamar. Alangkah tersentaknya Idris ketika menjumpai perempuan yang menunggunya, ternyata cantik rupawan, tidak buta, dan bisa menjawab salam yang diucapkan.

Merasa perempuan yang dinikahi tidak seperti ciri-ciri yang disebutkan pemilik kebun, Idris kembali keluar untuk menemui ayah mertuanya itu dan mengungkapkan bahwa perempuan yang dia temui di dalam kamar bukan seperti yang disebutkan ciri-cirinya.

Pada saat itulah sang ayah mertua menjelaskan, dia sengaja memilih Idris sebagai menantu karena kagum dengan sifat jujur dan wara’ yang dipegangnya dengan teguh. Karenanya, ia bermaksud untuk mengangkatnya sebagai menantu. Kalaupun ia menyebutkan bahwa anak perempuannya adalah buta, maksudnya tidak lain bahwa sejak kecil anak perempuannya itu dijaga untuk tidak melihat hal-hal yang diharamkan agama.

Dengan kata lain, ia buta dari hal-hal yang dilarang Allah. Kalau disebutkan anak perempuannya itu tuli, maka maksudnya adalah ia tidak pernah memperdengarkan berita atau cerita bohong kepada anaknya. Dengan kata lain, anak perempuan itu selalu dididik dalam suasana kejujuran. Kalau disebutkan anak perempuannya itu bisu, maka maksudnya adalah ia tidak pernah diajari untuk berkata bohong ataupun keji. Dengan kata lain, ia bisu untuk mengungkapkan hal-hal yang tidak diridlai Allah Swt.

Subhanallah, demikianlah janji Allah untuk memberikan ganjaran bagi orang yang jujur, sederhana, apa adanya, dan sabar. Kesabaran dan kesahajaan Idris telah diganjar oleh Allah dengan memberinya seorang pasangan hidup yang shalihah. Dan dari pasangan inilah akhirnya terlahir seorang ulama besar Islam, yang menjadi salah satu panutan madzhab fiqh, yakni Imam Syafi’i r.a.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. [Ath-Thalaq/65 : 3]

Maka sungguh menakjubkan, karena setiap manusia pada hakikatnya telah ditentukan rizkinya, sebagaimana jodoh dan ajalnya oleh Allah s.w.t. tatkala masih berada dalam perut ibunya.

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ : إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ. فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا. [رواه البخاري ومسلم]

Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan : Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya. Demi Allah yang tidak ada ilah selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli syurga hingga jarak antara dirinya dan syurga tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. sesungguhnya diantara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli syurga maka masuklah dia ke dalam syurga. (HR. Bukhori Muslim)

Demikianlah khutbah singkat kali ini, semoga hal ini dapat menjadi bahan renungan yang mendalam, bagi kita semua amin.

بارَكَ اللهُ لِي ولَكُمْ فِي الْقُرْءانِ الْعَظِيمِ  ونَفَعَنِي وإِيَّاكُمْ مِنَ الْآياتِ  وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ أَقُلُ قَوْلِي  هذا وَأَسْتَغفِرُ اللهَ لِيْ ولَكُمْ ولِجَمِيعِ الْمٌسلِمِين فاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّه تعالى جَوادٌ كَرِيمٌ مَلِكُ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَحِيمٌ.

KHUTBAH 2

سَيِّدُ الْإِنْسِ والْبَشَرِ.اللَّهمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ على سيِّدِنا على عَبْدِكَ  ورَسُولِك محمَّدٍ وآلِه وصَحْبِه مَااتَّصَلَتْ عَينٌ بِنَظَرٍ وأُذُنٌ بِخَبَرٍ. ( أمّا بعدُ ) فيَآايُّهاالنّاسُ اتَّقُوا اللهَ تعالى وَذَرُوا الْفَواحِشَ ما ظهَرَ مِنْها وما بَطَنَ وحافَظُوا على الطَّاعَةِ وَحُضُورِ الْجُمُعَةِ والجَماعَةِ . وَاعْلَمُوا  أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيه بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلائكةِ قُدْسِهِ. فَقالَ تعالى ولَمْ يَزَلْ قائِلاً عَلِيمًا: إِنَّ اللهَ وَملائكتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَآ أَيّها الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ على سيِّدِنا محمَّدٍ وعلى آلِ سيِدِنَا محمَّدٍ  كَما صَلَّيْتَ على سيِّدِنا إِبراهِيمَ وعلى آلِ سيِّدِنَا إِبراهِيمَ في الْعالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللَّهمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاء الرّاشِدِينَ الَّذينَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَكانُوا بِهِ يَعْدِلُونَ أَبي بَكْرٍ وعُمرَ وعُثْمانَ وعلِيٍّ وَعَنِ السَتَّةِ الْمُتَمِّمِينَ لِلْعَشْرَةِ الْكِرامِ وعَنْ سائِرِ أَصْحابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعينَ وَعَنِ التَّابِعِينَ وتَابِعِي التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسانٍ إِلَى يَومِ الدِّينِ. اللَّهمَّ لا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ فِي عُنُقِنَا ظَلَامَة ونَجِّنَا بِحُبِّهِمْ مِنْ أَهْوالِ يَومِ الْقِيامَةِ. اللَّهمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ والمُسلمينَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ والمُشْركِينَ. ودَمِّرْ أَعْداءَ الدِّينِ. اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ  اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ

DOA KHUTBAH

اللَّهمَّ اغْفِرْ لِلمُسلِمينَ والمُسلماتِ والمُؤْمنينَ والمُؤْمِناتِ الْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ والزِّنا والزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوءَ الفِتَنِ ما ظَهَرَ مِنْها وما بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا هَذا خاصَّةً وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسلمينَ عامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ.  

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

  رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً  وقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبادَ اللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى  ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أَكْبَرُ.

 

 

_________________________
Oleh: Dr. KH. Arwani Syaerozy, Lc.MA.