Biografi KH. Maulana Imam Syuhadak Pendiri Pesantren Wali Songo Lampung Tengah

 
Biografi KH. Maulana Imam Syuhadak Pendiri Pesantren Wali Songo Lampung Tengah

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mendirikan Pondok Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Maulana Imam Syuhadak, beliau akrab disapa dengan Abah Syuhadak. Beliau lahir di Desa Menampu, Jember 05 Juli 1942, dari pasangan Mujahid dan Nasihatun.

1.2 Wafat
KH. Maulana Imam Syuhadak dipanggil ke Rahmatullah pada tanggal 27 Juli 2009.

1.3 Riwayat Keluarga
Pada tahun 1986 beliau menikahi seorang gadis ayu di desa itu, yaitu Ibu Nyai Hj. Umi Salamah Syuhadak merupakan putri dari Bapak Sumarlin dan Ibu Fathonah. Dari pernikahannya, Beliau dikaruniai 4 orang putra putri

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.2 Guru-Guru beliau saat menuntut ilmu di antaranya:

  1. KH. Jauhari Zawawi
  2. Syaikh Hayyi Malang Macanbang Tulungagung
  3. KH. Jauhari Umar Pasuruan
  4. KH. Ahmad Muzaky

2.3 Mendirikan Pondok Pesantren
Dengan berbekal niat dan kemauan yang ada, beliau merintis Pesantren layaknya Ulamak Salaf. Beliau mengajar mengaji dengan menggunakan metode Sorogan, wethonan dan Sekolah Diniyah yang santrinya berasal dari desa Sukajadi dan sekitarnya.

Berawal dari Asrama Geribig beliau merintis pesantren ini dengan merehab masjid Jami'atul Huda pada tahun 1986. setelah itu mendapat bantuan dari pemerintah berupa satu unit gedung Madrasah tahun 1987. Sehingga pada tahun itu di bukalah Madrasah Ibtidaiyyah. Sedangkan pada tahun 1990 Pesantren membangun gedung asrama satu unit berukuran 6 x 30 m. Asrama itu terdiri dari Kantor, dan Beberapa unit asrama.

Pada tahun 1991, Pesantren membeli tanah yang letaknya persis.di belakang pondok. Tanah tersebut untuk perluasan pondok dan mendirikan aula dengan berukuran 8 x 20 m. Pada tahun 1992, Pesantren membuat asrama putra dua unit, dimana setiap unit berukuran 6 x 30 m, dengan dinding geribig. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1993, Pesantren mendirikan satu unit gedung Aliyah dengan tiga lokal di tambah satu kantor. Pada saat itu pula, pesantren membeli tanah delapan rante untuk mendirikan Asrama Putri dengan ukuran 6 x 30 m dan 6 x 14 m.

Tiga tahun berikutnya dengan bantuan dari Departemen Agama Pusat, sebesar 10 juta, Pesantren merehab asrama Putra. Asrama yang semula berasal dari geibig itu akhirnya memiliki 20 kamar. Begitu juga asrama putri, pada tahun itu juga direnovasi. Begitu juga setelah tahun 1996, atas bantuan masyarakat setempat, pesantren juga membangun gedung madrasah dengan enam lokal dan satu kantor.

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren, ada rencana untuk memperluas areal pondok, tetapi, terganjal oleh kesiapan anggaran yang tidak tercukupi. Untuk itu pihak pondok sedang menggalang pengumpulan dana dari berbagai sumber, termasuk mengharapkan bantuan pemerintah agar perluasan pondok dapat dengan cepat terealisasi.

Untuk memantapkan perjalanan pondok pesantren ini, pada tanggal 30 Desember 1992, di bentuklah Yayasan Pondok Pesantren Wali Songo. Yayasan ini menaungi semua kegiatan yang ada di pesantren. Seiring dengan itu perjalanan Yayasan Pondok Pesantren Wali Songo dibentuklah sekolah formal untuk menyeimbangi sekolah non formal. Sekolah pertama yang didirikan adalah Madrasah Ibtidaiyah yang didirikan pada tahun 1987 dengan kepala sekolah Bapak Dardiri.

Setelah MI berjalan optimal dilanjutkan pada tahun 1992 didirikanlah MTs dengan kepala sekolah Bapak Mustajab. Dan dilanjutkan pada tahun 1994 didirikanlah Madrasah Aliyah yang dikepalai oleh Bpk. Drs. Saiful Parjono dan pada tahun 2013 didirikanlah PAUD Wali Songo yang semua instansi tersebut bermuara ke Yayasan Pondok Pesantren Wali Songo dan kini menjadi YAYASAN WALI SONGO SUKAJADI.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak Beliau
Gus Syaikhul Ulum Syuhadak,S.Pd.I

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

4.1 Karier
Pengasuh pesantren Walisongo Lampung Tengah

5. Referensi

https://walisongo.or.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya