Keberkahan Hadrah Basaudan

 
Keberkahan Hadrah Basaudan
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta – Imam Hujjatul Islam Syekh ‘Abdullah bin Ahmad bin ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdur Rahman Basaudan Rahimahumullah Jami`an dilahirkan di desa Khuraibeh, wadi Dau`an, Hadhramaut pada tahun 1178H, wafat tanggal 7 Jumadil Awwal 1266H dan dimakamkan di Kota Khuraibeh. Nasab beliau bersambung kepada Sayyidina Al-Miqdad bin Al-Aswad Al-Kindi R.A, sahabat Junjungan Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam.

Semenjak Islam masuk ke Nusantara, berbagai tradisi kebudayaan bernafaskan Islam bermunculan. Kita mengenal tradisi maulid yang semarak di Rabiul Awal, bulan kelahiran Baginda Rasul Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam. Dalam tradisi ini, kaum muslimin membacakan sejarah Baginda Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam  dengan diiringi shalawat dan qosidah-qosidah pujian. Maulid sendiri ada banyak macamnya. Ada Maulid Diba’, Maulid Barzanji, Maulid Habsyi dan lain sebagainya. Di samping maulid, ada pula tradisi tahlilan, istighasah, manakiban, ratiban, burdah serta yang lain lagi. Semua aktivitas itu lahir bukan sebagai akulturasi Islam dengan budaya Jawa, melainkan murni taqarrub (pendekatan diri) yang dituntunkan ulama kepada umat Islam berdasarkan dalil-dalil hukmiyah yang akurat.

Hadrah Basaudan barangkali merupakan fenomena baru di tengah kaum muslimin Nusantara. Tradisi ini lahir di Hadramaut, Yaman Selatan sekitar dua abad silam. Seperti halnya maulid atau burdah, Hadrah Basaudan diisi dengan pembacaan qosidah-qosidah yang berintikan sanjungan kepada nabi SAW, do’a dan tawasul kepada orang-orang sholeh. Kalau burdah lazimnya dibaca pada hari atau malam Jumat, maka Hadrah Basaudan dikhususkan pada setiap hari Selasa, boleh pagi atau sore.

Syekh Abdullah Basaudan sejak kecil  telah diasuh dengan didikan agama, sejak usia tersebut beliau telah menghafal Al-Qur’an dan berbagai matan ilmu. Beliau mempunyai banyak guru, di antaranya ialah Syekh ‘Abdullah bin Ahmad bin Faris BaQais dan Habib ‘Umar bin Abdur Rahman Al-Baar, murid Imam Al-Haddad RA, yang menjadi syekh futuhnya, Habib Ahmad bin ‘Ali Bahar Al-Qadimi, Habib Hamid bin ‘Umar Hamid, Habib Ahmad bin Hasan Al-Haddad, Habib Husain bin ‘Abdullah bin Sahal, Habib ‘Umar bin Saqqaf As-Saqqaf, Habib Syekh bin Muhammad bin Hasan Al-Jufri, Habib Hasan bin Shaleh Al-Bahar Al-Jufri, Habib Thahir bin Husain bin Thahir dan Habib ‘Umar bin Zain Bin Sumaith Rahimahumullahu. Selain Hadhramaut, Syekh ‘Abdullah Basaudan turut menimba ilmu daripada ulama Al-Haramain, antarnya dengan Habib ‘Ali bin Muhammad Al-Baity, Habib Muhsin bin Alwi Muqaibal, Habib Ahmad bin ‘Alwi BaHasan Jamalulail dan Syekh Muhammad bin Shaleh Ar-Rais Rahimahullahu ta`ala jami`an. Syekh ‘Abdullah Basaudan juga pernah berkelana ke Mesir dan bermukim di sana untuk belajar dengan para ulama beliau.

Ketekunan beliau dalam menuntut ilmu akhirnya menjadikan beliau seorang yang sangat alim (`Allaamah) yang menjadi rujukan dan mufti. Bahkan, para ulama Hadhramaut memberikan gelar “Hujjatul Islam” kepada beliau lantaran ketinggian ilmu dan keelokan amal serta pekerti beliau.

Hadrah Basaudan adalah kumpulan dzikir, munajat,  qasidah dan tawassul yang awalnya disusun oleh Habib ‘Umar bin ‘Abdur Rahman Al-Baar lalu dilanjutkan oleh muridnya Syekh ‘Abdullah Basaudan dan akhirnya disempurnakan oleh Habib ‘Abdur Rahman Al-Masyhur, pengarang “Bughyatul Mustarsyidin”. Oleh itu di setengah tempat, hadrah ini dikenali sebagai “Hadrah Al-Baar.

Seluruh ulama Tarim, Hadhramaut sangat mengetahui Hadrah ini memiliki manfaat yang sangat banyak sebagai wasilah memohon dari Allah akan segala rahmat, pemeliharaan, keselamatan dan kejayaan di dunia dan akhirat.
Semoga keberkahannya dapat kita rasakan, dan kita dijauhkan dari zaman yang penuh dengan fitnah dan musibah ini. Aamiin...

 

Sumber : Dari berbagai Sumber Majlis Taklim