Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 56: Cinta, Puncak Sebuah Ajaran

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 56: Cinta, Puncak Sebuah Ajaran

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh
Laduni.ID, Jakarta -  Naluri alamiah dasar manusia adalah suka akan segala kebaikan dan benci terhadap kejahatan. Iya, siapapun itu, agama apapun itu, di manapun kita berada, dan kapan pun kita hidup. Akan menjadi tabu jika seseorang tidak bersedih karena melihat pembantaian manusia.

Dan sebaliknya, akan sangat mengherankan kalau seseorang tidak senang mendapat kabar diselamatkannya seseorang yang ingin bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai 10 hotel berbintang. Ini semua tentang naluri.

Naluri itu tidak bisa dibuat-buat dan tidak bisa dibohongi.
Dalam perjalanannya, manusia dipengaruhi lingkungan. Terus menerus menjadi baik jika dimotivasi kebaikan sekitarnya. Boleh jadi berubah menjadi jahat jika dihadapkan sumpah serapah, ujaran kebencian, hoaks, dan lain sebagainya dan lain seterusnya.

Akan tetapi naluri tadi, tetap tidak bisa tergantikan posisinya dalam menyuarakan suara-suara hati setiap insan. Mereka yang suka menipu baik di tingkat pasar maupun kantor, dalam hati sebenarnya tidak menyetujui perbuatannya. Mungkin karena keterpaksaan, godaan, dan alasan ini itu, ia melakukannya. Tapi lagi-lagi, nuraninya tidak membenarkan itu.


 

_______________________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 56  file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak Biografi KH. Masruri Abdul Mughni
Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah guru beliau Di SINI

Download Sekarang Aplikasi Mobile Laduni.ID
(Layanan Dokumentasi Ulama dan Keislaman Terlengkap) di google playstore