Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga

Profil

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Kota Salatiga berdiri pada tahun 1986 yang didirikan oleh Almukarrom KH. M Zoemri RWS bersama sang istri Hj. Latifah Zoemri. Pondok pesantren ini merupakan suatu lembaga pendidikan Non Formal, yang berlokasi di Jl. Bima No.02 Ngemplak, Dukuh, Sidomukti, Salatiga. Yang memiliki letak strategis dengan beberapa lembaga pendidikan formal, mulai dari sd, smp, sma sederajat serta pendidikan tinggi (universitas). PPTI Al Falah Salatiga berdiri dibawah naungan Yayasan Alfalah. Bersama dengan SMK Alfalah Salatiga, yang memiliki 2 program keahlian, yaitu teknik otomotif dan tatabusana.

Dalam rutinitas sehari hari, Kegiatan belajar mengaji diampu langsung oleh Almukarromah ibu nyai Hj Latifah bersama dengan dewan asatidz. Serta, demi lancarnya koordinasi dan mekanisme organisasi santri PPTI Al falah Salatiga. Di bentuklah pengurus pondok dengan masa jabatan satu tahun yang berganti setiap tahunnya.

Kurikulum di PPTI Al Falah lebih condong pada pengajaran kitab kuning. Meskipun demikian, santri yang mau menghafal Al Qur’an juga diperbolehkan. Hafalan biasanya langsung dengan Ibu Nyai, ataupun dengan puteri bungsu beliau Ning (sapaan Putri Kyai) Siti Nur Halimah Al Hafidzoh

Melihat keadaan santri yang mayoritas berpendidikan formal, maka kegiatan mengaji dimulai sore hari setelah asar, hingga pagi setelah sholat subuh. Kegiatan rutin yang dilakukan santri Al Falah di luar jam KBM, antara lain. Sholat berjamaah, sorogan Al Quran , mujahadah dan  yasin tahlil, ziarah dan kultum. Dzibaiyah dan khitobah untuk santri putri dan roan kubro setiap ahad pagi. Seperti pondok pesantren pada umunya, di setiap akhir tahun pembelajaran. PPTI Al Falah mengadakan ziarah kubro dan haflah akhirossanah yang dilaksanakan bergantian setiap tahunnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.