Pesantren An-Nur Kedungbanteng, Banyumas

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren An-Nur Kedungbanteng, Banyumas

Profil

Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng pertama kali dirintis oleh KH. Muhammad Ridlwan Sururi pada tahun 1986, di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Kemudian, Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng dilanjutkan oleh putranya yang bernama KH. M. Atiq Nurur Robbani pada tahun 2021 dikarenakan menggantikan sang Ayah yang telah wafat.

Pada awal tahun 1971, KH. M. Ridlwan Sururi dan masyarakat sekitar bergotong royong mendirikan sebuah masjid dengan ukuran 10x15 meter persegi. Masjid tersebut sekarang menjadi pusat kegiatan pesantren yang kemudian direnovasi dan diperluas menjadi 15x22 meter persegi.

Sebelum berdirinya Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng, sering berdatangan dua sampai tiga orang santri untuk mengaji kepada KH. M. Ridlwan Sururi. Bahkan sampai sekarang santri tersebut masih sering berdatangan atau sowan.

Semakin lama semakin banyak santri berdatangan sehingga beliau mempunyai rencana untuk mendirikan sebuah pondok pesantren dengan meminta izin terlebih dahulu kepada gurunya saat beliau menuntut ilmu di pesantren. Pada awal tahun 1979, KH. M. Ridlwan Sururi membangun asrama pesantren untuk santri putra yang terdiri dari tiga ruang kamar berukuran 3x9 meter.

Bangunan selatan masjid inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya pondok pesantren. Dengan ilmu-ilmu agama yang didapatnya, menjadi modal dalam mendirikan Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng, dengan menambah bangunan untuk asrama santri putri seluas 7x24 meter persegi.

Bangunan berlantai dua ini terdiri dari 14 kamar dan mulai difungsikan awal tahun 1987. Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng sebagai pesantren salafiyah yang memperbolehkan santrinya menuntut ilmu umum atau bersekolah di sekitar pesantren.

Walaupun hanya sedikit santri yang bersekolah dibandingkan dengan santri yang tidak sekolah. Namun, Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng mengajarkan santrinya yang tidak bersekolah, tentang tata usaha diantaranya cara berdagang, bertani dan berternak.

Sehingga diharapkan Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng menghasilkan para santri yang berakhlakul karimah serta jujur dalam berusaha. Begitu pula masyarakat sekitar mengatakan bahwa sampai sekarang masyarakat menilai para santri Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng memiliki perilakuyang baik, tidak ada hal yang mengecewakan masyarakat dengan adanya pesantren di lingkungan mereka tinggal.

Hal ini karena Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng mendidik para santri untuk menjadi manusia berakhlakul karimah dan bisa bermanfaat di masyarakat tempat tinggalnya.

Pondok pesantren An-Nur merupakan pesantren yang cukup besar dengan jumlah santri kurang lebih 300 orang baik putra maupun putri. Santri di pesantren ini juga tidak hanya dari daerah Banyumas, bahkan ada dari luar Pulau Jawa seperti Riau, Sumatera. Selesai menuntut ilmu di Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng, para alumni kembali ke kampung halaman dan mengembangkan dirinya di masyarakat dengan berbaur dan memberikan kontribusi.

Para alumni santri di pesantren ini, banyak berkiprah di bidang pendidikan, seperti mengajar TPQ, madrasah diniyyah, bahkan ada yang mendirikan pondok pesantren di kampung halamannya.

Pendiri
KH. Muhammad Ridlwan Sururi

Pengasuh
1. KH. Muhammad Ridlwan Sururi
2. KH. M. Atiq Nurur Robbani

Pendidikan

Pendidikan Formal
MI NU

Pendidikan Nonformal
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren An-Nur memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Mauludan
4. Hadrah
5. Voli
6. Pingpong
7. Badminton
8. Sepak Bola
9. Kaligrafi
10. Pengembangan Bahasa Asing
11. Ziarah Kubur
12. Life Skill/Ketrampilan hidup : Peternakan Sapi, Berkebun Produksi Tempe, Produksi Air Isi Ulang


Muthola'ah kitab kuning di pesantren An-Nur


Mauludan di pesantren An-Nur

Fasilitas

Pesantren An-Nur memiliki fasilitas sebagai berikut:
1.  Masjid
2.  Gedung Madrasah
3.  Aula
5. Asrama Santri Putra dan Putri
6. Asrama atau rumah guru/ ustadz,
7. Kantor
8. Ruang Perpustakaan
9. Ruang Komputer
10. Dapur
11. Depo Air Isi Ulang
12. Peternakan Sapi


Gedung pesantren di pesantren An-Nur


Gedung pesantren di pesantren An-Nur


Alamat

Desa Kedungbanteng, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kode Pos  : 53152
Telepon     :  (0281) 763-93

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

  •  
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.