STAI Al-Azhar Menganti Gresik

 
STAI Al-Azhar Menganti Gresik

PROFIL
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) AL-AZHAR Menganti Gresik didirikan pada tanggal 10 Agustus 2000 dan diresmikan oleh Bapak Bupati Gresik Drs. KH. Robbach Ma’sum, MM. Pada tanggal 25 September 2000.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) AL-AZHAR Menganti Gresik didirikan dengan latar belakang yang pertama adalah adanya keinginan dari Pengurus Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik untuk ikut serta memperjuangkan semakin tersiarnya ajaran Islam Ahli Sunnah Wal Jamaah serta semakin berkualitasnya SDM umat Islam Indonesia melalui pendidikan terutama perguruan tinggi yang dapat menghasilkan sarjana Islam, yang berakhlaqul karimah, profesional dan berakademis tinggi.

Latar belakang berdirinya STAI Al-Azhar Menganti Gresik yang kedua adalah adanya dorongan dari semua pihak terutama para pengelola SMA Islam dan umum serta para guru yang mempunyai minat untuk meningkatkan pendidikan di Kabupaten Gresik wilayah selatan meliputi Kecamatan Menganti, Driyorejo, Wringinanom, Kedamean, Benjeng agar pengurus Yayasan Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam, sehingga lulusan SMA dan para guru yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dapat terwujud. Dengan adanya STAI AL-AZHAR Menganti Gresik maka mereka tidak perlu pergi ke Surabaya atau ke kota Gresik yang jaraknya relatif jauh.

Dengan latar belakang diatas, pengurus yayasan Pondok Pesantren DARUL IHSAN Menganti Gresik meminta bantuan dari semua pihak yang berpengalaman untuk mewujudkan pendirian STAI AL-AZHAR tersebut.

Maka dibentuklah tim yang bertugas untuk menyelesaikan proses pendirian STAI AL-AZHAR tersebut yang diketahui oleh Bapak Drs. H. M. SJAHWAN dan pada tanggal 30 Juli 2000 berkas pengajuan pendirian STAI AL-AZHAR Menganti Gresik diserahkan ke Ketua Kopertais Wilayah IV. Pada tanggal 10 Agustus 2000, Tim Kopertais Wilayah IV mengadakan kunjungan ke STAI AL-AZHAR Menganti Gresik yang berada di Jl. Raya Menganti Krajan No. 474 Menganti Gresik untuk memeriksa kelayakan STAI AL-AZHAR Menganti Gresik sebagai Perguruan Tinggi.

Alhamdulillah hasil dari pemeriksaan Tim Kopertais Wilayah IV sesuai dengan pengurus yang ada selanjutnya Kopertais Wilayah IV mengizinkan STAI AL-AZHAR Menganti Gresik untuk menerima Mahasiswa tahun akademik 2000-2001. Setelah izin operasional dari Kopertais Wilayah IV turun, maka STAI AL-AZHAR Menganti Gresik telah memulai perkuliahan tepatnya pada tanggal 15 September 2000.

PRODI
1. S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
3. S1 Pendidikan Guru - Islam Anak Usia Dini (PG-PIAUD)
4. S1 Ekonomi Syari'ah(ES)


ALAMAT
Jl. Raya Menganti Krajan 474 Menganti Gresik 61174

Telepon: 031-7990504

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://stai-alazharmenganti.ac.id/
Email:  info@stai-alazharmenganti.ac.id

https://www.timesindonesia.co.id/read/153905/20170810/093324/iaida-blokagung-banyuwangi-gelar-musyawarah-ekonomi-syariah/

https://www.jawapos.com/pendidikan/01/05/2018/menristekdikti-dosen-harus-meneliti-dan-mengabdi-kepada-masyarakat

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.