Biografi KH. Hasyim Umar, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso

 
Biografi KH. Hasyim Umar, Pengasuh Pesantren Darul Ulum Rejoso

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Menjadi Pengasuh Pesantren

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Karier Beliau

5.     Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Hasyim Umar atau biasa dikenal dengan Kyai Haum adalah putra keempat dari pasangan KH. Umar Tamim dan Ny. Muzamzamah Umar yang lahir pada tahun 1934. Masa kecil Beliau dibesarkan dan dibesarkan oleh Ayahanda Beliau, KH. Umar Tamim yang merupakan adik dari KH. Romly Tamim.

1.2 Wafat
Pada tanggal 22 Juni 1987 atau dalam hitungan kalendar hijriah yakni pada tanggal 26 Syawal 1407 beliau telah berpulang menghadap ke hadirat Allah Jalla Jallaluhu.

1.3 Riwayat Keluarga Beliau
Beliau menikah dengan Nyai Hj. Alfiyah Hasyim, dalam pernikahannya dikaruniai beberapa 4 orang putra yang bernama Drs. H. Muh. Iqbal Hasyim ( Pengasuh Asrama Bani Umar ), H. Ach. Fauzi Hasyim, S. Psi ( Pengasuh Asrama Al Hasyimi di dalam Kompleks MAN Rejoso ), Gus Ach. Mufti Jamal ( Ndalem Asrama Haflatul Mubarak ), dan Gus Ach. Achsin.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

 Beliau kemudian menuntut ilmu agama di pondok pesantren yang berada di daerah Demak dan Poncol, Salatiga Jawa Tengah.

2.2 Guru-Guru Beliau
Guru-guru belia ketika saat menuntut ilmu, di antaranya:

  1. KH. Umar Tamim(Ayah beliau)

2.3 Menjadi Pengasuh Pondok Pesantren

Pada tahun 1963 beliau mengabdi di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Jombang. Di Pondok Pesantren Darul Ulum KH. Hasyim Umar mengajar Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pendopo Lama disertai dengan gurauan khas beliau, selain itu tiap subuh beliau istiqomah membangunkan para santri pondok induk untuk melaksanakan shalat subuh dengan suara tongkat khasnya beliau.

3. Penerus Beliau

3.1 Anak-anak Beliau di antaranya:

  1. Drs. H. Muh. Iqbal Hasyim ( Pengasuh Asrama Bani Umar )
  2. KH. Ach. Fauzi Hasyim, S. Psi ( Pengasuh Asrama Al Hasyimi di dalam Kompleks MAN Rejoso )
  3. Gus Ach. Mufti Jamal ( Ndalem Asrama Haflatul Mubarak )
  4. Gus Ach. Achsin

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Setelah lulus dari pendidikan formal di Pondok Pesantren Darul Ulum, beliau kemudian menimba ilmu agama di pondok pesantren yang berada di daerah Demak dan Poncol, Salatiga Jawa Tengah. Setelah menimba ilmu dari dua pesantren tadi, beliau lalu mulai berkiprah di kegiatan sosial keagamaan. Seperti ketika di Yogyakarta, beliau pernah mengikuti Kursus Kader GP. Ansor.

Kemudian pada tahun 1963 KH. Hasyim Umar kemudian turut andil mengabdi di Pondok Pesantren Darul Ulum. Selain mengabdi di Pondok Pesantren Darul Ulum, beliau juga aktif menjadi pengurus PCNU Jombang di Ranting Kec. Peterongan pada tahun 1963 - 1965. Kemudian pada tahun 1965 - 1971 beliau juga diamanahkan menjadi ketua pengurus Koperasi Pusaka Jombang. Dan pada tahun 1970 - 1971 beliau menjadi anggota DPR tingkat II Kab. Jombang dari fraksi PPP
.
Di Pondok Pesantren Darul Ulum dahulu KH. Hasyim Umar mengajar Kitab Alfiyah Ibnu Malik di Pendopo Lama disertai dengan gurauan khas beliau, selain itu tiap subuh beliau istiqomah membangunkan para santri pondok induk untuk melaksanakan shalat subuh dengan suara tongkat khasnya beliau dan setelah wafatnya beliau tugas tersebut diamanahkan kepada Gus Zuem yang masih serumah dengan Abi As'ad pada tahun 1988 - 1992, lalu kemudian tugas membangunkan para santri pondok induk setelah Gus Zuem berkeluarga dilanjutkan oleh Gus Ulib sampai sekarang
.
Pada tahun 1978 beliau diamanahi menjadi anggota Majelis Pimpinan Ponpes Darul Ulum sebagai Koordinator Keuangan sampai tahun 1987.

4.3 Karier Beliau
Kiprah beliau di Organisasi dan jenjang karier:

  1. Beliau pernah mengikuti Kursus Kader GP. Ansor.
  2. Mengabdi di Pondok Pesantren Darul Ulum pada tahun 1963.
  3. Beliau juga aktif menjadi pengurus PCNU Jombang di Ranting Kec. Peterongan pada tahun 1963 - 1965.
  4. Pada tahun 1965 - 1971 beliau juga diamanahkan menjadi ketua pengurus Koperasi Pusaka Jombang.
  5. Pada tahun 1970 - 1971 beliau menjadi anggota DPR tingkat II Kab. Jombang dari fraksi PPP
  6. Pada tahun 1978 beliau diamanahi menjadi anggota Majelis Pimpinan Ponpes Darul Ulum sebagai Koordinator Keuangan sampai tahun 1987.

5. Referensi

  1. https://ponpesdarululum.id/
  2. https://jombang.nu.or.id/
 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya