Biografi KH. Abdul Adzim bin Oerip, Salam Beliau dijawab Langsung oleh Nabi Muhammad SAW

 
Biografi KH. Abdul Adzim bin Oerip, Salam Beliau dijawab Langsung oleh Nabi Muhammad SAW
Sumber Gambar: sidogiri.net

Daftar Isi Biografi  KH. Abdul Adzim bin Oerip

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-guru
3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengasuh Pesantren
4.   Teladan Beliau
4.1  Suka Bekerja Sendiri
4.2  Dekat dengan Masyarkat
4.3  Kuatkah Indonesia Merdeka?
4.4  Penyayang Binatang
4.5  Adik yang Menjadi Kakak Panca Warga
4.6  Bersama Kyai Abdul Djalil
4.7  Istiqamah Shalat Berjamaah Meski Sakit
5.    Karomah dan Keistimewaan Beliau
6.    Referensi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
Kyai Abdul Adzim lahir pada tahun 1879 M. dari pasangan KH. Abdul Hayyi atau yang dikenal dengan nama Kyai Oerip dengan Nyai Munawwarah binti KH. Noerhasan, adik KH. Nawawie bin Noerhasan Sidogiri. Beliau lahir di Sladi, Kejayan, Pasuruan.

Nasab Kyai Abdul Adzim dari jalur ayah sampai pada Mbah Arif Segoropuro, adik Mbah Sayyid Sulaiman. Sedang nasab dari jalur ibu, keturunan Mbah Sayyid Sulaiman, pembabat Sidogiri.

1.2 Riwayat Keluarga
Sebelum mondok di Makkah, Kyai Abdul Adzim sudah bertunangan dengan sepupu beliau sendiri. Namun ternyata Allah SWT. berkehendak lain, pertunangan itu putus di tengah jalan.

Akhirnya, sepulang dari Makkah beliau diambil menantu KH. Nawawie bin Noerhasan Sidogiri. Beliau menikah dengan Nyai Fatimah, putri sulung KH. Nawawie dan Nyai Ru’yanah.

KH. Nawawie mengambil menantu beliau karena termasuk keponakan beliau sendiri. Lagi pula ada yang mengatakan, karena beliau ikut KH. Nawawie sejak kecil, sehingga Kyai Nawawie tahu betul bagaimana kepribadian beliau. Sejak muda beliau sudah dikenal dengan kepribadian Tasawuf, khusyuk, takzim, serta taat pada guru beliau. Disamping itu beliau juga tekun dalam belajar dan aktif dalam segala hal yang berhubungan dengan ilmu. Tak heran KH. Nawawie memilih beliau sebagai menantu pertama beliau. 

1.3 Wafat
Kyai Abdul Adzim wafat bertepatan dengan haul ibunda beliau, Nyai Munawwarah. Tepatnya pada hari Ahad Wage (malam Senin), tanggal 21 Dzulhijjah 1378 H atau 28 Juni 1959 M. Usia beliau 80 tahun. Beliau meninggalkan seorang istri, tiga putri, dan beberapa cucu.

Putri-putri beliau adalah:

  1. Nyai Zuhroh (istri KH. Baqir, Sidogiri),
  2. Nyai Alifah (istri KH. Abdul Haq, Keboncandi),
  3. Nyai Syafi’ah (istri KH. Achmad Kraton/Pacarkeling, sebelum bercerai).

Keluarga yang ditinggalkan dalam keadaan ikhlas dan ridha. Yang hadir pada saat itu mayoritas ulama Pasuruan, dari Lirboyo Kediri, Jombang, dan Jawa Timur. Saat pemakaman beliau, yang memberi ceramah adalah KH. Achmad Shiddiq dari Jember. Ada yang memperkirakan beliau disalati 10 kali atau lebih.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Kyai Abdul Adzim muda belajar pada ayah beliau sendiri, Kyai Oerip. Beliau juga belajar pada paman beliau, KH. Nawawie di Sidogiri. Kemudian beliau mondok di Makkah selama kurang lebih 13 tahun, berguru pada Syekh Abbas.

Namun ada yang mengatakan, beliau di sana hanya 5 tahun. Menurut versi yang lain lagi, beliau di Makkah selama 14 tahun. Yakni, setelah 11 tahun di sana, beliau pulang ke tanah air. Kemudian beliau kembali lagi ke Makkah selama 3 tahun, lantaran tidak bisa menjawab pertanyaan abah beliau.

Semasa beliau berada di Makkah, suatu ketika kota itu tertimpa paceklik. Akhirnya, karena tidak menemukan sesuatu yang bisa dimakan, beliau mengambil sapu tangan, lalu dicelupkan ke air zamzam. Kemudian beliau meminum air hasil perasan sapu tangan itu. Hal itu berlangsung sampai beberapa hari. Kyai Abdul Adzim berada di Makkah, konon sampai menjadi mushahhih. Banyak mualif kitab yang menashihkan kitabnya kepada beliau.

2.1 Guru Beliau

  1. Kyai Oerip (ayah),
  2. KH. Nawawie di Sidogiri (paman/mertua),
  3. Syekh Abbas Makkah.
     

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
Kyai Abdul Adzim merupakan pengasuh Pesantren Sidogiri yang kedelapan. KH. Cholil Nawawie pernah berkata ketika ada seorang Habib dari Probolinggo bertanya pada beliau, “Panjenengan Kyai (Pengasuh) yang keberapa?” Kyai Cholil menjawab, “Saya yang nomor sembilan.” Lalu beliau menuturkan beberapa urutan Kiai (Pengasuh) PP. Sidogiri:

  1. Mbah Sayyid Sulaiman,
  2. KH. Aminullah,
  3. KH. Mahalli,
  4. KH. Noerhasan bin Noerkhotim,
  5. KH. Bahar bin Noerhasan,
  6. KH. Nawawie bin Noerhasan,
  7. KH. Abdul Djalil bin Fadlil,
  8. KH. Abdul Adzim bin Oerip,
  9. KH. CholiI Nawawie.

Kitab yang diajarkan Kyai Abd. Adzim adalah kitab berukuran tipis, seperti MukhtAsar Jiddan dan lainnya. Beliau lebih suka mengajarkan kitab kecil tapi diamalkan, daripada memberikan kajian kitab besar tapi tidak diamalkan. Tempat beliau mengajar biasanya bertempat di dalem beliau sendiri atau di Surau G. Biasanya, yang diajarkan adalah dua kitab, Sullam at-Taufîq dan al-Hikam. Ada juga yang mengatakan tiga kitab, yaitu Safînah an-NajahSullam at-Taufîq, dan Bidâyah alHidâyah.

Setiap kali khatam, beliau selalu mengulangi lagi dan tidak pernah menggantinya dengan kitab lain. Akhirnya, ada seorang santri yang mengusulkan agar diberi pengajian kitab baru. Kyai Abdul Adzim langsung membentak, “Kerjakan dulu! Wong kitab satu masih belum diamalkan semua, sudah minta kitab yang lain!” Metode tersebut agak serupa dengan metode yang digunakan oleh KH. Nawawie, paman sekaligus mertua beliau, yang hanya mengaji tujuh baris, satu pekan kemudian baru melanjutkan.

Kata beliau, “Amalkan dulu!  Kalau sudah diamalkan, nanti pindah lagi.” Selain mengajar kitab, Kyai Abdul Adzim juga mengajar Al-Quran pada santri-santri bertempat di Surau G. Dalam mengajar Al-Quran, beliau memulai dari surat an-Nâs ke depan. Beliau menekankan pada bacaan Al-Fatihah dan Tahiyat.

Bila ada kesalahan dalam baca Al-Quran, beliau tak segan-segan meludahi atau bahkan memukul dengan tongkat beliau. Kyai-Kyai zaman dulu memang keras dan tegas dalam mengajar. Namun santri-santrinya tidak lantas berhenti berguru lalu mendendam. Ketegasan gurunya dianggap sebagai ujian hati, antara ikhlas dan tidak.   

Setiap kali akan memulai pengajaran, beliau mengawali dengan bacaan Fatihah dan Tahiyat. Kalau bacaan santri masih belum bagus, beliau tidak memulainya. Beliau memberikan pengajaran sambil tidur-tiduran, dan berbantalkan kelapa laki yang sudah tua. Meski demikian, bukan berarti beliau tidak memperhatikan. Terbukti, tiap kali ada kesalahan dalam bacaan Al-Quran atau kitab beliau memberikan teguran pembenahan.

Tidak hanya pada hari-hari biasa, pada waktu liburan pun beliau juga mengaktifkannya. Setiap bulan Ramadan, beliau membuka pengajian khataman kitab yang diikuti oleh santri dan siapa saja yang berminat, yang bertempat di Masjid. Beliau juga membaca Al-Quran 2 juz tiap malam dengan tartil, sedang yang lain hanya mendengarkan. 

Artinya, pada bulan puasa beliau mengajar bacaan Al- Qur’an yang benar dengan cara mempraktikkannya sendiri. Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, di mana beliau yang mendengarkan, dan membetulkan bila ada bacaan yang salah. Dalam membawa Al-Quran, Kyai Abdul Adzim lain daripada lainnya. Beliau meletakkan Al-Quran di atas kepala, entah apa maksud sebenarnya. Mungkin itu merupakan ungkapan takzim beliau pada kitab suci Al-Quran.

Uniknya, ternyata yang mengaji kepada beliau bukan hanya kalangan manusia, tapi juga bangsa Jin. Suatu saat Kiai. Abdul Adzim pernah dawuh kepada Kyai Baqir, menantu beliau, ”Muru’ono koen, ‘Qir (Mengajarlah kamu, ‘Qir!) Kyai Baqir menjawab, “Muru’ sinten Bah? Wong mboten wonten sing ngaji (Mengajar pada siapa, Bah?Kan tidak ada yang ngaji?).”Kata Kyai Abdul Adzim, “Iku neng mburimu! (Itu dibelakangmu!) Setelah menoleh, ternyata di belakang Kyai Baqir sudah penuh dengan jin yang siap untuk mengaji. 

Karena itulah, sepeninggal beliau, Kyai Baqir tetap mengajar meskipun sedikit yang ikut pengajian. Selain mengajar jin, Kyai Abdul Adzim juga banyak memindah jin yang mengganggu santri-santri. Hal itu tidak mengherankan, karena kakek beliau Mbah Ibrahim dikenal dengan memiliki santri jin. Ketika Mbah Ibrahim wafat, terdengar suara tangisan yang melebihi suara yang hadir pada saat itu. Padahal yang hadir hanya sedikit. 

Kyai Abdul Adzim tidak memberikan penanganan langsung dalam kepengurusan PP. Sidogiri, hanya saja beliau memberikan pengajaran pada santri-santri senior. “Anak yang mondok di sini (PP. Sidogiri) asalkan tidak suka melanggar, jika masih meneruskan (mendalami) ilmu, akan menjadi Kyai. Kalau meneruskan (bidang) duniawi, akan menjadi orang kaya,” dawuh beliau.

4. Teladan Beliau

4.1 Suka Bekerja Sendiri
Khusyuk, tawadukdan istikamah adalah sifat yang sangat menonjol dalam kepribadian Kyai Abdul Adzim. Wara’ dan zuhud sudah tertanam pada diri beliau sejak masa muda beliau. Beliau adalah sosok yang istikamah, bahkan tidak ada satupun perbuatan baik yang beliau kerjakan tanpa disertai dengan keistikamahan, seperti shalat berjamaah. Beliau juga senang berpuasa pada hari Senin dan Kamis. 

Selain sebagai sosok wara’, Kyai Abdul Adzim juga seorang figur low profile (khumul), sehingga kehidupan sehari-hari beliau sangat sulit diketahui, kecuali oleh orang-orang dekat beliau. Beliau selalu ada di dalam kamar khusus (Surau G), kecuali waktu shalat atau berketepatan ada undangan.

Dan jarang sekali masuk ke dalem beliaukecuali bila ada keperluan mendesak seperti tamu. Beliau sangat jarang berbicara, kecuali pembicaraan yang berguna atau memang diminta untuk berbicara. Beliau lebih suka diam. Namun kalau sudah berbicara, maka pembicaraan beliau menjadi pusat perhatian dan nasehat beliau banyak diikuti orang.

Pernah terjadi perselisihan dalam masalah arah kiblat Masjid Jami’ Pasuruan. Perselisihan itu berawal dari perkataan seorang ahli Falak asal Bangil, bahwa posisi masjid jami’ tidak lurus ke Kakbah, sampai-sampai dia tidak mau shalat Jumat di situ. Akhirnya Kyai Abdul Adzim didatangkan dan beliau berkata, “Ini sudah lurus ke Kakbah. Kalau tidak percaya, beli benang, luruskan sendiri. Ini sudah lurus.” Maka kata ahli falak tersebut, “Karena Kyai Abdul Adzim yang bilang, saya percaya.” Selesailah perselisihan.  

Sebagai sosok pribadi sufi, Kyai Abdul Adzim orangnya sederhana. Pernah ada cucu kesayangan beliau yang biasanya minta apa saja dituruti, suatu ketika dia minta arloji dari Kyai. Kali ini Kyai memarahinya, “Buat apa arloji? Riya’iku riya’!!.” Pada waktu itu arloji masih merupakan barang mewah, sehingga kalau orang memakainya biasanya dibuat gaya-gayaan. 

Dalam kaitannya dengan interaksi sosial, beliau mempunyai prinsip “Sayyidul-qaumi khâdimuhum” (Pemimpin suatu kaum adalah pelayan mereka). Tidak pernah memerintah, bahkan seakan-akan ingin diperintah. Terbukti beliau sendiri yang memukul bel masuk sekolah dan kegiatan lain. Beliau juga yang menabuh beduk jika waktu shalat telah tiba. Hal ini beliau kerjakan agar menjadi contoh pada yang lain. 

Kendati demikian, beliau sangat disegani masyarakat.  Beliau suka bergurau dengan mereka dan selalu menghadiri undangan. Biasanya, ketika dalam majlis ada yang melakukan ghibah, disitulah beliau berkelakar untuk memalingkan mereka dari pekerjaan ngerasani. Hal itu beliau lakukan hanya untuk menyelamatkan majlis dari ghibah.

Ketika sudah menginjak usia senja, beliau jarang pergi menghadiri undangan. Kalau diundang beliau biasanya menjawab, “Sudah, saya mendoakan dari sini saja.” Kyai juga suka bersilaturahmi pada sanak famili beliau. Dan jika menjadi tuan rumah, beliau sangat menghormati tamu. Kalau makan, beliau memanggil keponakan-keponakan beliau yang masih kecil untuk makan bersama. 

Dalam mendidik santri, Kyai Abdul Adzim tidak suka marah. Tapi kalau sudah melihat santri melanggar syariat, semisal ramai di Masjid, beliau sangat murka. Sebaliknya, dalam masalah pribadi, beliau adalah sosok yang sangat sabar. Suatu ketika beliau ada di dalam jeding khusus beliau (di utara Surau G, sekarang dijadikan kamar santri).

Lalu ada santri berlari-lari karena kebelet kencing. Santri itu tidak melihat Kyai Abdul Adzim yang mungkin sedang jongkok di dalam jeding, karena ketika itu jeding gelap. Kencingnya mengenai tubuh Kyai. Tapi Kyai diam saja, tidak marah. Setelah santri itu keluar, Kyai memanggil keluarganya dan minta diambilkan pakaian ganti. 

Dalam hal berpakaian, beliau tidak mempermasalahkan, selain yang ada hubungannya dengan ubudiyyah. Bahkan beliau tidak mau pakaiannya dicuci, kecuali terkena najis. Kalau najis, najisnya saja yang disucikan. Bahkan ada seorang santri dari Bondowoso yang akrab dengan beliau, diam-diam mengambil pakaian beliau dan mencucikannya. Dalam memakai baju, terkadang beliau memakai baju rangkap-rangkap, 3-5 lapis. “Kasihan orang yang sudah memberi,” kata beliau ketika ada orang bertanya akan hal itu. Baju putih merupakan kesenangan beliau. Jubah menjadi trade merk-nya. 

Kalau dalam keadaan sakit. Kyai Abdul Adzim tidak mau berobat. Beliau pernah sakit Tipus. Kyai Sa’doellah, adik ipar beliau, menyarankan untuk berobat, tapi beliau menjawab, “Penyakit itu tamu. Kasihan kalau baru datang dikeluarkan. Nanti kalau sudah waktunya, akan keluar sendiri. Kalau dikeluarkan, nanti penasaran lalu kembali lagi.” Dalam mengonsumsi jamu, Kyai Abdul Adzim suka menggunakan jamu susu dan telor. Beliau lebih memercayai jamu itu daripada resep yang diberikan oleh dokter. Karena beliau mengetahui betul dari bahan apa obat itu dibuat dan siapa yang membuat. Bukan karena beliau tidak mampu untuk berobat. 

Kyai Abdul Adzim tidak pernah sewenang-wenang menyuruh santri beliau, seperti menyapu dan lainnya. Ketika ditanya akan hal itu, beliau menjawab, “Santri itu dimondokkan di sini untuk mencari ilmu, bukan untuk disuruh menyapu.” Meskipun beliau berhak untuk menyuruh santri beliau, tapi beliau lebih suka tidak memakai haknya.

Begitu juga istri beliau, Nyai Fatimah. Kyai Abdul Adzim sebagaimana almaghfurlah Kyai Hasani lebih suka kerja sendiri. Tidak gampang menyuruh orang, walaupun untuk belanja ke pasar dan harus membawa barang-barang, tidak mengenal gengsi. Suatu ketika Kyai membeli ayam di Ngempit. Ayam itu beliau bawa sendiri, sekalipun lewat di hadapan kerumunan santri.

Pedoman beliau adalah, “Shahibussyai’i aula bil-hamli,” sebagaimana tertera dalam kaidah. “Siapa yang punya, dialah yang berhak membawa,” bukan orang lain. Pendidikan ini beliau tekankan pada keturunan beliau. Bahkan pekerjaan rumah tangga pun, beliau sendiri yang melakukannya.  Konon, beliau mempunyai keahlian membuat kecap. Karenanya, beliau memilih mengonsumsi kecap hasil racikan sendiri daripada kecap yang dibeli dari toko. Sebab beliau meragukan proses pembuatannya. 

Bila membeli sesuatu, Kyai tidak pernah pilih-pilih, asalkan bisa dipakai, sudah cukup. Misalnya, ketika membeli dokar, beliau memilih yang sederhana, asalkan bisa dipakai. Kalau ada penjual yang ketepatan jualannya tidak laku, beliau beli semua. Beliau juga sangat bijak dalam jual beli barang, tidak suka merugikan orang lain.

Suatu ketika, beliau menentukan harga kuda pada Kyai Baqir, menantu beliau, sebesar Rp. 2.500,-, ternyata kuda itu ditawar orang dengan harga Rp. 2000,-. Kemudian Kyai Baqir tidak memperbolehkannya, sebab harganya tidak sampai pada harga yang ditetapkan oleh beliau. Keesokan harinya, kuda itu mati.

Melihat kejadian itu, Kyai Baqir melaporkan pada Kyai Abdul Adzim dan mengatakan, “Kok seandainya kuda itu diberikan, maka kita masih untung dan mendapatkan uang.” Tapi apa tanggapan Kyai? “Justru karena tidak kamu berikan, kita mendapat keuntungan. Karena tidak merugikan orang lain.”

Selain jual-beli kuda, kasab / bekerja  Kyai Abdul Adzim dalam mencari nafkah adalah bertani. Beliau banyak memiliki sawah dan tegalan. Habis shalat Subuh beliau pergi ke tegalan beliau sambil membaca wiridBeliau berkebun sendiri. Beliau enggan memakai pembasmi hama berbahan kimia, tapi yang dipakai adalah gula.

Hama-hama tidak mengganggu tanaman, tapi memakan gula tersebut. Kata beliau tentang pembasmi hama, “Masio ketok apik, ndak bagus (Meskipun tampak baik, memakai pembasmi hama itu tidak baik).” Hal ini didorong oleh syafaqah (kasih sayang) beliau pada binatang. Suatu ketika beliau bertemu dengan seseorang yang membawa racun tikus untuk mengobati sawahnya.

Setelah ditanya untuk apa obat itu, dia menjawab untuk meracuni tikus yang ada di sawah. Kyai lalu berucap, “Jangan diobati, cukup dibacakan Fatihah satu kali, lalu putari sawah tersebut dan katakan, ‘Kyai Cholil bin Nawawie waliullah!’.” Akhirnya, sawah tersebut selamat dari tikus-tikus yang mengganggu. 

Konon di masa beliau, tanaman berbuah dua kali. Kalau beliau menanam, tanaman itu langsung hidup. Pernah salah satu khadam beliau memotong dahan mangga dan mau dibuang. Kyai Abdul Adzim melarang dahan mangga itu dibuang, “Ojok dibuak, eman, eman!” Lalu Kyai menancapkan dahan yang sudah dipotong itu ke dalam tanah.

Tanaman itu langsung hidup sampai berbuah pada waktunya. Melihat hal itu, si khadam ingin meniru beliau, “Kyai bisa, masak aku tidak bisa,” pikirnya. Lantas dia memotong 7 dahan pohon yang baik-baik, lalu ditanam di tegalann yang ada di selatan Masjid. Karena maqam (derajat)-nya di sisi Allah  tidak sama dengan Kyai Abdul Adzim, dalam masa seminggu kemudian tujuh dahan itu kering semua, sebab tidak dicangkok. Kalau pedomannya Kyai, “Yang membuat ini (tanaman) ini bisa hidup atau mati adalah Allah. Bukan karena dicangkok.”  

Dari senangnya menanam tanaman, beliau ketika menghadiri undangan di luar selalu membawa tunas kelapa. Bila beliau ketepatan melihat tanah kosong, beliau meminta izin kepada si pemilik tanah agar tanah tersebut ditanami tunas kelapa. 
 

4.2 Dekat dengan Masyarakat
Hubungan Kyai Abdul Adzim dengan penduduk sekitar sangat baik. Ini terbukti dari santriwati Banat III yang ada di dalem beliau, sampai sekarang kebanyakan dari lingkungan Sidogiri dan sekitarnya. Beliau tidak membeda-bedakan dalam berhubungan dengan masyarakat.

Dalam arti, beliau memperlakukan sama antara satu dengan yang lain, tidak mengutamakan yang kaya dari miskin atau yang jauh dari yang dekat. Tanggapan masyarakat tentang beliau sama halnya penilaian mereka pada almaghfurlah KH. Abdul Hamid Pasuruan. Yakni tidak ada aib dan sesuatu yang dianggap jelek pada beliau, dan masyarakat sangat mencintai beliau. 

Rasa simpati masyarakat terhadap Kyai Abdul Adzim terbukti dengan banyaknya anggota masyarakat yang datang pada beliau untuk meminta aurad (wirid/doa) dan amal-amalan yang digunakan untuk riyâdhah bathîniyah. Beliau sering memberikan ijâzah pada masyarakat dengan cuilan baja untuk diminum, hal ini terjadi di  masa  penjajahan Belanda. Kemanjuran jamu cuilan baja dari Kyai Abdul Adzim ini sudah tersohor. 

Kerukunan hidup yang dipraktikkan beliau tidak hanya tertuju pada masyarakat yang bermukim di sekitar PP. Sidogiri saja. Tapi, beliau juga akrab dengan para penjual yang menghampar tikar di pinggir jalan menuju pasar. Bahkan beliau juga menemaninya dan membantu menjualkan barang dagangannya. Pendekatan pada masyarakat seperti inilah yang juga dilakukan oleh KH. Hasani Nawawie. 

Dalam hal dakwah, Kyai Abdul Adzim tidak terjun sendiri ke masyarakat, beliau menyerahkan urusan pengajian kepada mubalig-mubalig sekitar. Namun ketika ada hal-hal yang harus disampaikan, beliau tidak segan-segan memberi peringatan. Tapi ada yang mengatakan, di masa muda beliau aktif memberi pengajian pada masyarakat. Prinsip yang beliau pegang dalam berdakwah adalah ikhlas. 

Sewaktu beliau masih hidup, banyak masyarakat sekitar yang mengantarkan susu dan daging untuk beliau. Tapi beliau langsung membagi-bagikan pada anggota keluarga yang lain.  Kalau khadam Kyai Abdul Adzim mencari rumput untuk makanan kudanya, biasanya mencari ke desa Tambakboyo Kraton. Masyarakat yang tahu serempak membantu mencarikan rumput. Sehingga dalam waktu relatif singkat, dokar beliau penuh dengan rumput.

4.3 Kuatkah Indonesia Merdeka? 
Kyai Abdul Adzim selamat dari kekejaman Belanda, sebab beliau sering menghadapi Belanda dengan jalan diplomasi, bukan dengan kekerasan, serta lebih mengutamakan cara-cara lunak. Beliau tidak memimpin tentara secara langsung, beda halnya dengan Kyai Abdul Djalil secara tegas menentang Belanda dan memimpin pasukan.  Serangan Belanda yang terjadi pada waktu itu tidak membuat Kyai Abdul Adzim takut dan khawatir. Ulah mereka tidak mempengaruhi terhadap aktivitas yang dijalani beliau, baik yang menyangkut urusan pribadi atau yang berhubungan dengan santri (mengaji). 

Sidogiri dijadikan sebagai markas para pejuang. Biasanya setelah shalat Isya Kyai Abdul Djalil mengomando para gerilyawan untuk menyerbu markas-markas Belanda. Namun setelah Kyai Abdul Djalil wafat, markas pejuang dipindahkan ke daerah Merati Wonorejo, karena khawatir Kyai Abdul Adzim juga ikut terbunuh. Setelah markas dipindah ke sana, diketahui akan diserang Belanda, tentara pejuang lari terlebih dahulu. Akhirnya, desa itu diratakan seperti lapangan. Kata komandan pejuang, “Slamet Sidogiri. Kalau markas masih tetap di sana, bagaimana jadinya?”  

Suatu ketika Belanda mengundang Kyai-Kyai, tapi tidak ada satu pun yang datang kecuali Kyai Abdul Adzim. Andaikan beliau tidak hadir, niscaya seluruh Kyai Pasuruan dibantai oleh Belanda. Beliau juga pernah dipenjara oleh Belanda sebagaimana ulama lainnya. Namun terjadi keanehan. Setelah Kyai Abdul Adzim dimasukkan penjara, tiba-tiba langit mendung sangat tebal dan hujan turun sangat deras, disertai angin yang sangat kencang yang mengakibatkan banyak bangunan rusak berantakan dan pepohonan tumbang.

Lalu ada yang melapor pada serdadu Belanda, bahwa di antara ulama yang ditangkap, ada salah satu waliullah yang tidak bersalah. Setelah diselidiki, ternyata ulama itu adalah Kyai Abdul Adzim. Maka beliau dipulangkan ke Sidogiri. Seketika itu juga hujan menjadi reda dan tidak ada lagi angin. Dalam versi lain disebutkan, setelah beliau dipenjara di Pasuruan, rencananya beliau akan dipindahkan ke Kali sosok Surabaya, sebuah tempat tahanan yang besar saat itu.

Ketika tiba giliran beliau dipanggil oleh serdadu Belanda, ”Kiai Abdul Adzim Sidogiri!”. Kyai keluar dari penjara sambil bilang, ”Kyai Abdul Adzim tidak ada, yang ada Abdul Adzim.” Belanda bilang, ”Bukan kamu, keluar!” Akhirnya, beliau dikeluarkan dari penjara dan disambut oleh KA. Sa’doellah dan keluarga beliau. Kata beliau pada keluarganya, “Enak de’ penjara iku. Dike-i leme’ lan banyu, iso sholat berjamaah neng kono. Kerasan aku (Hidup di penjara itu enak, diberi tikar dan air, di sana bisa shalat berjamaah. Aku kerasan). 

Kyai Abdul Adzim pernah ditahan di Gading, Kraton, Pasuruan yang menjadi markas Belanda pada waktu itu. Pada waktu masuk shalat Duhur atau Ashar, beliau hendak berwudu’. Namun ternyata tidak ada persediaan air, karena kran air di sana sudah tujuh tahun tidak berfungsi. Ajaibnya, ketika beliau memukul kran air itu tiga kali, kran yang sudah berkarat itu mengeluarkan air. Akhirnya, para tahanan dapat berwudu’ semua. Konon, di penjara setiap pagi beliau memberi pengajian pada para tahanan, sedangkan serdadu Belanda duduk mendengarkan. 

Suatu saat pesawat-pesawat Belanda melayang-layang di atas Sidogiri dan Sidogiri menjadi terkepung, beliau malah keluar ketika yang lainnya sembunyi. Beliau bertanya, “Apa ini, kok awannya besar-besar?” padahal itu pesawat perang. Anehnya, Belanda tidak menembaki beliau. Tentu saja pasukan Kyai Abdul Djalil panik saat melihat Kyai Abdul Adzim keluar.

Di antara mereka ada yang berkata, “Ditarik saja Kyai, biar bersembunyi!” Malah ada yang berteriak, “Kyai, cepat sembunyi, nyawa Kyai dalam bahaya!” Tapi Kyai Abdul Adzim tetap saja di luar. Beliau malah bertanya lagi, “Ada apa ini, kok banyak orang?” Lalu KA. Sa’doellah memberi tahu beliau, “Sekarang kita sedang perang melawan Belanda, tapi Indonesia sudah merdeka.” Lalu Kyai Abdul Adzim berkata, “Sa’doellah, kuat tah wong jowo merdeko? (Sa’doellah, apakah kuat orang Jawa itu merdeka?).” Para pengurus dan orang-orang yang ada di situ terkesima mendengar kata-kata beliau. 

Ternyata, perkataaan beliau terbukti pada saat ini. Sekalipun sudah merdeka, Indonesia tidak bisa mengisi kemerdekaannya sebagai negara berdaulat. Saat ini Indonesia masih ‘dijajah’, walaupun bukan penjajahan fisik, tapi penjajahan mental dan moral. Indonesia saat ini masih terus terkungkung di bawah kekuasaan negara asing. Ini semua menjadi bukti bahwa kemerdekaan Indonesia masih nisbi, sesuai dengan apa yang diisyaratkan beliau pada setengah abad yang silam.

4.4 Penyayang Binatang
Kyai Abdul Adzim terkenal sabar dan syafaqah (belas kasih/sayang) pada binatang. Suatu ketika beliau pergi ke sebuah undangan di daerah Kedung Kemaron, Kejayan. Pulangnya, di tengah perjalanan beliau melihat semut kelanggrang (rangrang) di jas beliau. Lalu beliau memerintahkan pada kusir beliau untuk kembali. Padahal waktu itu jalanan masih berbatu-batu dan jarak antara tempat itu dengan Kedung Kemaron sekitar 5 km.

Maka kembalilah beliau dengan kereta kuda beliau ke tempat undangan tadi. Sesampainya di tempat itu, beliau meletakkan kelanggrang tersebut di pagar yang diyakini beliau kelanggrang itu terbawa dari situ. Kata beliau, “Kelanggrang ini sama dengan manusia, punya anak-istri dan saudara. Kalau dibawa, kasihan keluarganya, menangis.” Cerita ini cukup masyhur di Indonesia, malah ada penulis yang memasang cerita ini dalam bukunya, tapi tidak menyebut nama sang Kyai dan tempat kejadian. Ternyata sang Kyai itu adalah Kyai Abdul Adzim Sidogiri.  

Di dalem beliau meletakkan empat lepe’an berisi air gula di bawah meja makan. Empat lepe’an itu disediakan untuk semut-semut. Satu untuk semut kecil, satunya untuk semut yang agak besar, dan seterusnya. Dari syafaqah-nya beliau terhadap binatang, jika ada rombongan semut berjalan di dalem, beliau melarang untuk dibersihkan. Justru beliau memberi jalan, supaya semut tersebut bisa lewat. 

Pernah ada ayam bertelur di surau beliau (Surau G). “Biar, biar! Kasihan,” kata beliau. Akhirnya, banyak serangga tengu di sana. Waktu istirahat, Kyai digigiti serangga tengu itu. Setelah diberitahu khadam beliau, beliau berkata, “Kumpulkan dan bawa keluar. Jangan dibunuh, kasihan!!” Beliau memang suka merawat binatang.

Tapi uniknya dalam hal merawat binatang, beliau berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Karena binatang-binatang yang menjadi piaraan beliau adalah binatang liar, seperti semut dan burung yang hinggap di pohon mangga halaman rumah beliau. Beliau menyediakan bumbung (bambu yang dilubangi) untuk sarang burung kecil yang hinggap di pepohonan yang ada di depan dalem, dan beliau melarang orang-orang untuk mengganggu burung-burung itu.

Setiap pagi beliau memberi makan sendiri burung-burung itu. Suatu ketika beliau ditanya oleh santri beliau, “Mengapa Kyai begitu sayang terhadap hewan seperti semut, sampai-sampai menyediakan makanan dan memberi makan sendiri?” Beliau menjawab, “Ya, karena doanya sesuatu yang tidak mempunyai akal itu lebih mustajab dari pada manusia.” Mungkin yang dimaksud adalah manusia yang bergelimang dosa. 

Pasa saat yang lain, Kyai pergi pergi menghadiri undangan di daerah Tilang Susukan. Di tengah jalan, kusir memukul kuda belia dengan pecut karena jalannya lambat. Melihat hal itu, beliau murka. “jangan dipecuit, itu makhluk Tuhan. Masih dinaiki, nariknya berat, kok dipecut, kasihan! kamu mau diperlakukan seperti itu? Turun, kamu ndak usah numpak, turun saja!” kata beliau.

Akhirnya si kusir turun dan menuntun dokar tersebut sampai ke tempat acara undangan. Memang tiap akan menaiki dokar, beliau berpesan pada kusir beliau, “Ojok dipecuti lho jarane! (Jangan dipecuti kudanya ya!).” Jadi dokar berjalan mengikuti jalannya kuda. 

Setiap pergi menghadiri undangan, Kyai Abdul Adzim selalu naik dokar. Konon beliau memiliki 7 ekor kuda. Dokar beliau lain daripada yang lain, rodanya bukan terbuat dari karet, tapi dari besi. Kalau berjalan, dokar itu bersuara ribut. Sebab disamping rodanya dari besi, jalannya memang berbatu. Mendengar suara ribut itu, orang-orang yang sedang berada di sawah tiarap dan bersembunyi. Mereka menyangka itu suara kendaraan tank Belanda. Setelah dilihat, eh ternyata dokar Kyai Abdul Adzim. 

Lantaran Kyai Abdul Adzim itu penyayang binatang, beliau pun disegani oleh binatang. Kurang-lebih 9 tahun setelah beliau wafat, ketika penggalian pesarean untuk Kyai Noerhasan bin Nawawie, makam beliau terbongkar sedikit. Ternyata telisip (kayu penahan tanah supaya tidak mengenai jenazah, biasanya terbuat dari bambu) bambu itu masih utuh, bahkan masih hijau, terkesan seperti baru dipasang.

Ada sebagian masyarakat yang berkomentar, “Maklum, Kyai Abdul Adzim ini waktu hidup beliau menyayangi binatang. Sehingga ketika beliau wafat, telisipnya tidak dimakan rayap, karena takut (segan) pada beliau.” ltulah Kyai Abdul Adzim, penyayang binatang yang disegani binatang. 

4.5 Adik yang Menjadi Kakak Panca Warga 
Menurut adat Jawa, sebenarnya Kyai Abdul Adzim memanggil kakak pada Kyai Cholil Nawawie. Sebab ibu Kyai Abdul Adzim, Nyai Munawwarah, adalah adik KH. Nawawie bin Noerhasan, ayah Kyai Cholil. Namun hal itu menjadi terbalik sebab Kyai Abdul Adzim menikah dengan Nyai Fatimah. Yakni Kyai Cholil-lah yang memanggil kakak pada beliau. Sebab istri beliau adalah kakaknya. 

Di antara keponakan Kyai Nawawie, hanya Kyai Abdul Adzim yang tidak boso (berbahasa Jawa halus) kepada Kyai Nawawie. Karena-menurut sebagian riwayat -Kyai Abdul Adzim ikut Kyai Nawawie sejak kecil. Dan di antara putra Kyai Nawawie, hanya Kyai Noerhasan yang tidak boso kepada Kyai Abdul Adzim. Karena-masih menurut riwayat yang sama-beliau sejak kecil tinggal serumah dengan Kyai Abdul Adzim, yaitu di rumah ibunda beliau, istri Kyai Nawawie.  

Jika Panca Warga (lima putra Kyai Nawawie, yakni Kyai Noerhasan, Kyai Cholil, Kyai Siradj, Kyai Sa’doellah, dan Kyai Hasani) berkumpul, mereka memanggil Kyai Abdul Adzim untuk hadir di tengah-tengah mereka, dimintai pertimbangan dan pendapat dalam memecahkan berbagai masalah. Memang, keluarga besar Kyai Nawawie sangat perhatian kepada Kyai Abdul Adzim, lebih-lebih Kyai Noerhasan dan Kyai Hasani, sebab Kyai Abdul Adzim adalah menantu tertua Kyai Nawawie.  

Meski demikian, Kyai Abdul Adzim-didorong oleh sifat tawaduk beliausering menunjuk Kyai Cholil untuk menjawab permasalahan hukum Fiqih yang terjadi dalam masyarakat. Bila ada orang yang mengajukan permasalahan hukum, beliau memerintahkan untuk bertanya kepada Kyai Cholil atau yang lainnya. Jadi, beliau lebih mengutamakan orang lain, meskipun persoalan itu bisa dijawab oleh beliau sendiri. Lagi pula jawaban dari Kyai Cholil membuat ulama lainnya taslîm (menerima)bahkan sampai pada KH. Mahrus Ali, Lirboyo Kediri. 

Sewaktu Kyai Cholil masih kecil, pernah ada orang Plugon Plinggisan mengadu pada Kyai Abdul Adzim tentang sawahnya yang dimakan tikus. Saran beliau, “Sampaikan pada tikus di sawah, kalau tetap makan tanaman, akan saya laporkan pada Kyai Cholil Sidogiri. Begitu ya..!” Setelah titah Kyai Abd. Adzim dilaksanakan, tanamannya tidak pernah dirusak tikus lagi.

Akhirnya orang itu sowan pada Kyai Cholil dan menceritakan kejadian tersebut. Kyai Cholil yang masih kecil berkata, “Iso ae kang Adzim. Yo iku saking kang Adzim dhewe! (Bisa saja Kang Adzim. Itu ya dari Kang Adzim sendiri!). Kejadian ini merupakan isyarat Kyai Abdul Adzim bahwa kelak Kyai Cholil akan menjadi wali besar. Meski masih kecil, Kyai Cholil sudah diambil karâmah-nya 

Kyai Abdul Adzim juga sangat menghargai putra-putra Kyai Nawawie, tidak menegur secara langsung. Hal ini tampak saat KA. Sa’doellah bermain bulu tangkis dengan salah seorang pemain bulutangkis putri nasional, bernama Minarti yang rumahnya di Plinggisan. Mendengar ribut-ribut santri, Kyai Abdul Adzim bertanya apa yang terjadi.

Santri menjawab kalau KA. Sa’doellah sedang bermain bulutangkis dengan pemain nasional. Kemudian Kyai Abdul Adzim mengambil ceret yang berisi air dan disiramkan ke halaman rumah beliau (versi lain, Kyai Abdul Adzim menggerak-gerakkan pohon jambu air). Tak lama kemudian, hujan deras turun dan permainan itu selesai dengan sendirinya tanpa ada yang melarang. 

4.6 Bersama Kyai Abdul Djalil 
Kyai Abdul Adzim dan Kyai Abdul Djalil adalah dua menantu Kyai Nawawie. Keduanya hidup pada satu masa. Hanya saja Kyai Abdul Djalil wafat lebih dahulu. Hubungan keduanya sangat akrab, saling menghormati dan menghargai, saling mengalah dan tidak ada yang merasa lebih unggul. Misalnya, kalau Kyai Abdul Djalil diundang orang dan ditanya kesanggupan beliau untuk datang pada jam berapa, beliau berkata, “Terserah Kyai Abdul Adzim.” Ketika Kyai Abdul Adzim ditanya, jawabannya juga sama, “Terserah Kyai Abdul Djalil”.

Akhirnya dua Kyai ini sama-sama keluar dari dalem dan bermusyawarah untuk menentukan waktu dalam menghadiri undangan tersebut. Kyai Abdul Adzim dan Kyai Abdul Djalil selalu bersama selagi tidak berbenturan dengan urusan keluarga, sampai pada permasalahan yang menyangkut hubungan sosial seperti menghadiri shalat Jenazah, walimah, dll. 

Dalam suatu walimah, Kyai Abdul Djalil membacakan sebuah Hadist yang menurut persepsi Kyai Abdul Adzim ada suatu kata yang tidak sesuai dengan kaidah ilmu Sharaf. Kemudian beliau menyuruh seseorang menanyakan hal itu pada Kyai Abdul Djalil. Dengan perasaan agak takut, orang itu pun menyampaikan apa yang dikatakan oleh Kyai Abdul Adzim pada Kyai Abdul Djalil. Kata Kyai Abdul Djalil, “Apa yang dikatakan oleh Kyai Abdul Adzim itu benar.

Tapi apa yang saya katakan itu adalah samâ’i”. Bukan itu saja, banyak hal-hal yang sering dimusyawarahkan antara keduanya, apabila ada suatu persoalan yang dianggap ganjil. Dalam masalah makan, Kyai Abdul Djalil berhenti makan ketika merasakan enak. Sedangkan Kyai Abdul Adzim sebaliknya. Kata beliau, “Mumpung ada di dunia, kita nikmati saja apa yang diberikan Allah kepada kita.”  

Dalam hal pengajian, Kyai Abdul Adzim memberikan kebebasan kepada santri untuk memilih kitab yang akan diajarkan, asalkan bukan kitab yang diaji oleh Kyai Abdul Djalil. Demi menjaga ketawadukan beliau dan menjaga persatuan di antara keluarga Sidogiri. Bahkan kalau ditanya siapa yang jadi Pengasuh, Kyai Abdul Adzim langung menunjuk Kyai Abdul Djalil.

Begitu pula sebaliknya. Dalam segi keilmuan, Kyai Abdul Djalil lebih menonjol dalam bidang Fiqih, sedangkan Kyai Abdul Adzim lebih menonjol dalam bidang Tasawuf. Kyai Abdul Adzim penekanannya pada ubudiah, sedangkan Kyai Abdul Djalil lebih memberikan penekanan dalam hal keilmuan. 

KH. Hamim Podokaton pernah mengatakan bahwa Kyai Abdul Djalil adalah Wallâhu, sedangkan Kyai Abdul Adzim adalah Wallâhi. Menurut penuturan KH. Bahar Warungdowo, keponakan Kyai Abd. Djalil, kalau melihat zhâhir-nya, I’rab Jer (Wallâhi) itu lebih bagus karena didahului dengan huruf qasam

Kyai Hasan Asy’ari Al-Falaki Pasuruan berkata: 
Ilmu ada pada Kyai Abdul Djalil,   
Kewalian ada pada Kyai Abdul Adzim.

4.7 lstiqamah Berjama’ah meski Sakit Parah 
Aktivitas yang selalu dijalani Kyai Abdul Adzim semasa hidup beliau adalah shalat berjamaah lima waktu di Masjid. Sepuluh menit sebelum sampainya waktu shalat, beliau sudah mondar-mandir di Masjid untuk mengingatkan agar shalat berjamaah. Bahkan sebelum Subuh, beliau sendiri yang memukul bel dan membangunkan santri di sekitar beliau. Cara beliau membangunkan santri ialah dengan cara mendorong bilik-bilik cangkruk sampai miring dengan tongkatnya. Setelah santri terbangun, beliau tarik kembali tongkatnya, lalu bilik-bilik cangkruk itu kembali seperti semula. 

Beliau sendiri yang menjadi imam di Masjid. Terkadang beliau juga memberi taushiah pada santri-santri. Beliau sangat istikamah dalam segala hal. Dalam keadaan sakit pun tetap istikamah membaca surat As-Sajadah dan Al-Insan ketika mengimami shalat Subuh hari Jum’at. Beliau selalu aktif menjadi imam shalat maktubah, kecuali jika menghadiri undangan di luar semisal walimah, biasanya yang menggantikan beliau menjadi imam adalah santri senior-senior,  namun mereka tidak berani shalat di mihrab beliau. Saking istikamah beliau berjamaah, dalam keadaan sakit yang parah pun beliau masih berusaha tidak meninggalkan shalat berjamaah.

Pada waktu sakit parah, beliau menyuruh orang untuk membantu dalam bersuci, dan memapah beliau ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah. Namun ketika melaksanakan shalat, beliau sangat tegar, seakan-akan tidak dalam keadaan sakit parah. Pernah juga ketika merasa sakit panas beliau dilarang untuk mandi, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi karena ingin melaksanakan shalat dan bermunajat kepada Allah SWT, beliau memaksakan diri untuk mandi, meski banyak yang menghalangi beliau, hingga beliau pingsan di sungai.  

Kyai sangat disiplin dalam menjaga waktu shalat. Terbukti dalam menentukan waktu shalat, beliau membawa tiga jam untuk perbandingan. Bahkan beliau sendiri yang memukul bel kloning (bel sekolah) yang terletak di bawah pohon mangga di depan dalem beliau kala itu. Sehingga dalam menentukan waktu harus tepat. Karena itulah masyarakat Sidogiri berpegang pada waktu beduk Sidogiri. Sebab, beduk Sidogiri pasti cocok waktunya, lantaran dipegang langsung oleh Kyai Abdul Adzim. Beliau tidak pernah shalat di akhir waktu, dalam keadaan apapun.

Malah kalau ada tamu, beliau tak segan-segan meninggalkannya, jika sudah masuk waktu shalat. Biasanya beliau mengajak tamunya untuk mengikuti shalat berjamaah di Masjid. 

Sebelum shalat, biasanya Kyai Abdul Adzim duduk terlebih dahulu sekitar 15 menit, kemudian berdiri langsung takbir, “Allâhu Akbar!”. Konon saat beliau takbiratul ihram, kaca-kaca dan dinding di Masjid bergetar. Karena cara beliau takbiratul ihram itu tidak lazim, salah seorang cucu beliau penasaran dan menanyakannya pada Habib Abdullah bin Abdul Qodir  Bilfaqih, Malang. Habib menjawab, itu istighrâq. Yakni di hati  meniadakan selain Allah. Hanya ingat kepada Allah saja. Jadi semua bentuk lamunan dibuang terlebih dahulu. 

Kyai Abdul Adzim mengharuskan santri berjamaah lima waktu. Suatu ketika ada sebagian santri tidak mengikuti shalat berjamaah Dzuhur dan Ashar. Mereka sedang mengambil mangga di selatan pondok, mengetahui hal itu, Kyai mengejar mereka sambil berteriak, “Shalat, shalat, shalat!!” Sontak santri-santri mbeling itu lari pontang-panting. Mereka langsung ke sungai dan mengambil wudhu, lalu pergi ke masjid. Anehnya, sampai di sana mereka melihat ternyata Kyai sudah mengimami dapat satu rakaat. Mereka pun terheran-heran. 

Selain istikamah berjamaah, beliau tidak meluangkan waktu kecuali untuk beribadah. Apabila beliau sudah capek melaksanakan shalat sunah, beliau berjalan-jalan di sekitar PP. Sidogiri. Setelah itu, beliau kembali mengerjakan shalat sunah.

Beliau juga istikamah bangun malam, sampai-sampai dijadikan sebagai tanda jika Kyai Abdul Adzim takbir, berarti jam menunjukkan pukul tiga dini hari. Setiap jam satu malam hingga jam setengah empat, beliau melaksanakan wiridan dengan cara berendam di dalam air. Tepatnya, di jeding khusus beliau di utara Surau G. Zaman dulu kolam jeding sangat dalam, dan bagian atasnya tidak begitu tinggi. 

Kyai Abdul Adzim sangat tegas menegur bila adzan dibuat main-main, atau mendengar bacaan Al-Quran yang keliru. Suatu ketika beliau mendengar santri sedang adzan menggunakan gaya baru, beliau langsung keluar dari dalem beliau menuju Masjid sambil dawuh, “Sopo iku rek sing adzan? Kok cek ena’e! Menne yo adzan maneh!! (Siapa itu yang adzan? Kok ‘enak didengar’! Besok adzan lagi ya!!). Keesokan harinya ada santri yang adzan semrawut, lalu beliau keluar lagi seraya berkata, “Sopo iku sing adzan kuburan? (Siapa itu yang adzan kuburan?)”.

Akhirnya, menjelang waktu Maghrib, tidak ada santri yang berani mengumandangkan adzan. Melihat hal itu, ada seorang santri senior dari Sampang memberanikan diri untuk mengumandangkan adzan. Anehnya, di saat dia sedang adzan, Kyai tidak dawuh apa-apa. Beliau naik ke masjid sambil bergumam, “Masya Allah, Masya Allah.” Sejak saat itulah santri tadi menjadi muadzin di Masjid di waktu shalat.  

Dalam beribadah, utamanya shalat, beliau menggunakan pakaian lebih dari satu (rangkap) dan disempurnakan dengan jubah, dilengkapi imâmah dan ridâ’ sebagai pelengkap dalam beribadah. Dari tekunnya beliau beribadah kepada Allah  dan pasrah pada apa yang terjadi pada diri dan keluarga beliau, sepertinya beliau tidak menghiraukan kepada keluarga beliau. Semuanya dipasrahkan pada garis yang sudah ditentukan oleh Allah SWT.  

Kyai Abdul Adzim istikamah shalat berjamaah sampai akhir hayat beliau. Menjelang wafat beliau, beliau masih berusaha untuk berjamaah Isya di Masjid, sekalipun harus digendong. Di Masjid, keluar darah dari jalan belakangnya.

Beliau hendak wudhu lagi, tapi diingatkan oleh Kyai Baqir, “Anu saja ‘Bah, ikut Imam Malik saja, tidak apa-apa.” Dengan nada marah beliau mengatakan, “Ojo’! Tetep ae aku melo’ Imam Syafi’i. Mbesu’ hisabane ce’ gellis. Le’ melo’ imam macem-macem, hisab melo’ imam iki, imam iko, suwe. Le’ melo’ imam siji enak, gellis hisabane! (Jangan! Saya tetap ikut Imam Syafii. Agar esok (di hari Kiamat) hisabnya cepat.

Kalau ikut bermacam-macam imam, hisabnya nanti ikut imam ini, imam itu. Kalau ikut imam satu, enak, hisabannya cepat!)”. Akhirnya Kyai diusung ke jeding Surau G. Setelah wudhu, Kyai merasa tidak kuat dan pusing. Beliau memang sedang sakit panas (Tipus?). Beliau lalu klesetan di surau. Saat itulah beliau berpulang ke rahmatullah. Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’un. 

Sumber lain mengatakan bahwa beliau menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan sujud di waktu shalat, sebagaimana wafat beliau Kyai Nawawie. Ketika beliau meninggal, Kyai-Kyai menangis semua, termasuk Kyai Hasani, beliau menangis sambil mengatakan. “Tak ada lagi yang seperfi Kang Adzim ini. Habis sudah!” 

5. Karomah dan Keistimewaan Beliau
Jika dilihat dari keistimewaan yang beliau miliki dan haliyah beliaumemang beliau layak dikatakan seorang wali. Bahkan sebagian habaib menilai Kyai Abdul Adzim bukan hanya wali biasa, tapi rajanya para wali. Konon, setiap pekan beliau didatangi oleh Nabi Muhammad SAW.

Bahkan dalam tahiyat shalat, saat sampai pada kalimat, “Assalâmu ‘alaika ayyuhan Nabiyyu…,” Nabi Muhammad  menjawab salam beliau secara langsung. Bila tidak dijawab oleh Nabi, beliau mengulang kalimat tersebut sampai Nabi menjawabnya, baru diteruskan membaca kalimat “Assalâmu ‘alainâ…”.  

Sebagian ulama mengatakan bahwa beliau adalah wali Autad keempat, di mana di dunia ini ada empat wali Autad dan beliaulah yang nomor empat. Wali Autad adalah wali yang tidak diketahui oleh orang lain, bahkan wali itu sendiri tidak merasa bahwa dirinya adalah seorang wali. Menurut KH. Muchith, Banjarsari, Probolinggo, keponakan, Kyai Abdul Adzim sudah menjadi wali sejak kecil, dan sejak kecil beliau suka membaca wiridan. 

Beliau menekuni sebuah wiridan sejak muda, berupa Shalawat dan surat Al-Fatihah. Shalawat yang beliau baca adalah berupa Shalawat yang dibaca oleh santri di masjid sampai saat ini setelah shalat Maghrib. Dulu, Shalawat itu dibaca sebanyak 500 kali, dan bacaan istighfar-nya kurang-lebih 313 kali.

Shalawat ini disebut Salawat Khidir, sebab Nabi Khidir  mendapat ijâzah Shalawat tersebut dari Nabi Muhammad  tanpa lafal “Wasallam”. Yang mana biasanya dalam Shalawat, lafal “Shallallâhu” mesti disandingkan dengan “Wasallam”. Sedangkan wiridan lainnya yang dibaca Kyai Abdul Adzim pada masa penjajahan Belanda adalah surat Al-Fiil 11 kali usai shalat Isya.  Sebagai seorang wali, beliau dikaruniai oleh Allah.

Berbagai karâmah, sebagai contoh dalam peristiwa berikut ini. Suatu ketika Nyai Ramlah, adik Kyai Abdul Adzim, sedang membaca Al-Qur’an di dalem beliau (Sladi), tiba-tiba Kyai Abdul Adzim mendatangi beliau dan menyuruh untuk memperbaiki rumah beliau. Sebab besok kata Kyai rumah itu akan roboh. Usai berkata begitu, lantas Kyai menghilang. Pagi harinya, Nyai Ramlah penasaran akan kejadian yang menimpa beliau tadi malam.

Akhirnya, beliau memutuskan pergi ke Sidogiri untuk menemui kakak beliau itu. Setibanya di Sidogiri, Kyai Abdul Adzim langsung berkata pada adiknya, “Sudah kamu pulang saja, perbaiki rumahmu!! Ini uangnya.” Maka Nyai Ramlah kembali ke Sladi. Sampai di sana, ternyata rumah beliau sudah roboh. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Kyai Abdul Adzim weruh sak durunge winarah (tahu sebelum sesuatu itu terjadi) dan bisa berpindah tempat dalam waktu sekejap. 

Pada waktu yang lain, rombongan Kyai dari Sukorejo, Situbondo sowan ke dalem Kyai Abdul Adzim. Anehnya, hanya Alm. KH. Ishaq (lebih dikenal dengan nama Kiai Tahri, Nyamplong Banyuputih Situbondo) yang dipeluk oleh Kyai Abdul Adzim, lainnya tidak diperlakukan demikian. Tidak ada yang mengerti akan kejanggalan tersebut. Puluhan tahun kemudian kejanggalan itu terjawab, ternyata putra Kyai Ishaq mendapatkan jodoh cicit Kyai

6. Referensi

  1. Redaksi Majalah Ijtihad, Jejak Langkah 9 Masayikh Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.
  2. Sidogiri.net https://sidogiri.net/category/masyayikhsidogiri/
 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya