Info Harian Laduni: 4 Desember 2023

 
Info Harian Laduni: 4 Desember 2023

Laduni.ID, Jakarta - Bertepatan dengan tanggal 4 Desember 2023 ini menjadi momentum bagi kita semua merayakan hari lahir KH. Abdul Muchit Muzadi.  Selain itu pada hari ini juga menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian KH. Ridwan Syu'aib Pringsewu Lampung.

KH. Abdul Muchit Muzadi Lahir pada 19 Jumadil Awal 1344 H atau 4 Desember 1925 M di Bangilan, Tuban. Beliau adalah kakak kandung dari KH. Hasyim Muzadi. Terlahir sebagai salah satu putra Bpk. Muzadi dengan Ibu Rumyati. Ayahnya adalah seorang pedagang tembakau sukses yang sangat mencintai ulama. Berkah dari kecintaan itulah kelak anak-anaknya menjadi ulama besar yang dihormati masyarakat.

KH. Abdul Muchit Muzadi belajar membaca Al-Qur’an kepada ibunya sendiri. Selain itu, sang ibu juga mengajarkan pelajaran lain yang bersifat dasar.

Untuk menambah wawasan keagamaan, beliau mengaji kitab-kitab kecil pada Kiyai Ridwan, kyai terkemuka di kampung Bangilan, Tuban,  Pada usia 10 tahun, beliau belajar di pondok pesantren Kulon Banon, Kajen, Pati, asuhan KH. Nawawi (1935-1937). 

Beliau kemudian melanjutkan belajar di Madrasah Matholiul Falah, Kajen, asuhan KH. Mahfudh Salam (ayah KH. A. Sahal Mahfudh). Pada tahun 1937 beliau melanjutkan belajar di pesantren Tebuireng asuhan KH. Hasyim Asy’ari.  Di pesantren inilah, beliau bertemu berbagai santri yang kelak menjadi tokoh besar terkenal, di antaranya adalah KH. Ahmad Shiddiq.

Pada tahun 1952, Kiyai Muchit mendirikan Sekolah Menengah Islam (SMI), selanjutnya pada tahun 1954 juga mendirikan Madrasah Muallimin Nahdlatul Ulama. Setelah enam tahun kemudian, beliau menjadi pegawai di IAIN Sunan Kalijogo Yogyakarta (1961). Dari Yogyakarta, beliau kemudian ditugaskan di IAIN Malang pada tahun 1963 dan di tahun itulah beliau merintis SMP NU. Begitu juga ketika menjadi Pembantu Dekan II di IAIN Sunan Ampel, Jember.

KH. Abdul Muchit Muzadi, lantas ditunjuk sebagai Komandan Kompi Hizbullah, tatakala tiga bagian Hizbullah (Bangilan, Senori dan Singgahan) disederhanakan menjadi satu Kompi Bangilan. Sementara markas utama Batalyon masih tetap di Bojonegoro, dengan Komandan Batalyon Kapten H. Romli.

Walaupun sudah menjadi orang besar di kalangan kaum Nahdliyyin, tidak menjadikan KH. Abdul Muchit Muzadi menjadi pribadi yang suka menyendiri. Sikapnya yang low profile dalam bergaul menjadikan setiap orang yang bersama beliau tidak merasa rendah atau direndahkan.

Baca biografi selengkapnya di: Biografi KH. Abdul Muchit Muzadi

Abah Ridwan wafat pada tanggal 4 Desember 2020 atau yang bertepatan pada 19 Rabbi’ul Tsani 1442 H di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu setelah kumandang adzan shalat Isya, pukul 19.30 WIB.

Abah Ridwan merupakan Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu Lampung pertama setelah terpisah dari PCNU Kabupaten Tanggamus. Sampai akhir hayatnya, beliau masih dipercaya menjadi Rais Syuriyah untuk ketiga kalinya. Untuk kali ketiganya, Abah Ridwan terpilih melalui Konfercab III NU Pringsewu yang digelar pada Bulan Januari 2020.  

Abah Ridwan juga merupakan sosok kiai yang sangat alim dalam ilmu agama khusunya dalam ilmu nahwu. Ia senantiasa melakukan muthalaah (melakukan kajian) sebelum mengisi majelis pengajian di berbagai tempat.

Baca biografi selengkapnya di: Biografi KH. Ridwan Syu'aib Pringsewu Lampung

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.

Mari sejenak kita bacakan Tahlil untuk beliau: Surat Yasin, Susunan Tahlil Singkat, dan Doa Arwah