Pesantren Ummul Qura Tangerang Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Ummul Qura Tangerang Selatan

Profil

Ummul Qura merupakan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren yang terletak di Jl. Raya Pondok Cabe Ilir RT 001/004 Pondok Cabe Ilir Pamulang Tangerang Selatan Banten, di sebelah lapangan udara Pondok Cabe. Ummul Qura didirikan pada tahun 1994 oleh KH. Syarif Rahmat RA, SQ, MA sebagai perintis dan dibantu oleh dua orang ulama yaitu KH. Ismail Arifin ( Alm) dan Prof. KH. Ali Yafi sebagai penasehat dengan akta notaris Ny. Supriyati Widodo, SH. No.1 tanggal 01 Maret 1994.
 
Pada mulanya Ummul Qura dirintis untuk mewadahi para santri yang ingin tafaqquh fiddien atau mendalami ilmu-ilmu agama, pada awalnya santri hanya satu dua orang. namun dalam perkembangannya melihat pentingnya bekal bagi para santri untuk menghadapi perkembangan zaman maka bapak KH. Syarif Rahmat RA, SQ, MA berkeinginan tidak hanya membekali santri dengan lmu-ilmu agama saj a namun juga ilmu pengetahuan sosial atau umum.

Akhirnya pada tahun 1995 beliau membuka pendidikan formal yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah dan tingkat Madrasah Aliyah dengan siswa pada waktu itu masih sangat terbatas. Mengingat kondisi sarana dan prasarananyapun masih sangat terbatas, untuk kegiatan KBM, pihak sekolah masih meminjam tempat di bekas sekolah Harapan Ibu yang kondisinya sebenarnya tidak layak, sampai tahun 2000.

Setelah tahun 2001 alhamdulillah semua kegiatan belajar mengajar sudah dapat dilaksanakan di lokasi sendiri. sampai sekarang perkembangan santri/siswa mulai menignkat. Selain kegiatan belajar formal santri juga diwajibkan untuk mengikuti program tahfidzul qur'an dan kegiatan ekstra yang lain.
 
Dalam perkembanganya disamping mendirikan pendidikan formal untuk tingkat MTs dan MA, Ummul Qura Juga melaksanakan pendidikan non formal tingkat TKA/TPA yang siswanya dari sekitar masyarakat Pondok Cabe, kemudian ditahun 2007 dibuka juga TK Islam. Sampai sekarang Ummul Qura terus melakukan perubahan kearah kemajuan.
 
Ummul Qura merupakan lembaga pendidikan formal yang terdiri dari TK, MTs, MA dan non formal yang terdiri dari TPA, Tahfidz Al Qur'an, Majlis Ta'lim, Lembaga Bedah Masalah dan Pondok Pesantren.

       Pengasuh

  1. KH. Syarif Rahmat RA, SQ, MA

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. TK
  2. MI
  3. MTs
  4. MA
  5. SMK

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Kajian Kitab Salafi atau Kitab Kuning
  3. Beladiri
  4. Pramuka
  5. PMR
  6. Volli
  7. Sepakbola
  8. Basket
  9. Hadrah
  10. Pelatihan Jurnalistik
  11. Marching Band
  12. Ketrampilan Hidup/Wirausaha
     

 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
 


 

Alamat

Jl. Raya Pondok Cabe Ilir RT 001/004 Pondok Cabe Ilir Pamulang Tangerang Selatan Banten

Kode Pos : 15418

Telpon :  (021) 7425249

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.