Pesantren  Al Falah  II Kediri

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren  Al Falah  II Kediri

PROFIL

Pesantren Al Falah II merupakan salah satu cabang dari pondok Al Falah. Didirikan pada tahun 1985 oleh KH. Ahmad Zainuddin Djazuli, putra pertama al maghfur lah KH. Ahmad Djazuli Utsman. Lokasinya terletak 100 meter sebelah selatan pondok induk. Sepanjang perjalanannya, pondok Al Falah II merupakan pondok salaf seperti halnya pondok induk, dimana para santrinya mengaji pengajian wajib yang diasuh oleh para Masyayikh Al Falah, dan pada pagi harinya menempuh pendidikan di MISRIU Al Falah.

Namun beberapa tahun terakhir, Al Falah II juga menerima santri yang bersekolah formal. Hal ini untuk menjawab harapan masyarakat yang semakin besar terhadap pondok pesantren Al Falah, sekaligus untuk mencetak santri-santri yang multifungsi. Mereka yang menempuh pendidikan formal tersebar di beberapa sekolah yang ada di wilayah kecamatan mojo, baik tingkat SMP/MTs ataupun SMA/Aliyah.

Diantara sekolah yang menjadi rujukan para santri Al Falah II adalah : SMAN 1 Mojo, MA Sunan Kalijogo, SMA Queen Al Falah, SMK Queen Al Falah, SMPN 1 Mojo, SMPN 2 Mojo, MTs Sunan Kalijogo, MTs Sunan Muria. Meskipun ada santri santri yang mengenyam pendidikan formal, akan tetapi kegiatan mereka tetap sama dengan para santri salaf. Mereka tetap diwajibkan untuk mengaji, sorogan, dan bandongan. Merekapun juga diwajibkan untuk sekolah diniyah di MISRIU Al Falah II. Sekarang ini jumlah santri Al Falah II sekitar 500 an santri dengan 35 kamar.

Pengasuh
1. KH. Ahmad Zainuddin Djazuli

PENDIDIKAN

  • MISRIU

Jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al Falah Putri dimulai dari Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul ‘Uqul (MISRIU) dengan dua tingkatan; Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.

Pada tingkatan Ibtidaiyah ditempuh selama 3 tahun yang materi pendidikannya memprioritaskan pembinaan akhlaq santri (Moralitas dan Mentalitas), pengembangan wawasan santri, menulis huruf arab, tajwid, pemantapan tauhid dan pengenalan dasar-dasar gramatika arab (ilmu nahwu) sebagai persiapan memasuki tingkat Tsanawiyah.

Selanjutnya di tingkat Tsanawiyah, ditempuh selama 4 tahun. Pada kelas 1, 2 dan 3 Tsanawiyah, materi yang ditekankan adalah pendalaman ilmu nahwu, shorof (dengan kajian utama ; kelas 1 kitab Jurumiyah, kelas 2 kitab ‘Imrithy dan kelas 3 kitab Alfiyah Ibni Malik serta dilengkapi pula kajian tauhid, fiqh dan risalatul mahidl sebagai penyempurna. Sedangkan di kelas 4 Tsanawiyah lebih dititik beratkan pada penguasaan ilmu balaghoh (kesusastraan), mantiq (logika), qowa’idul fiqhiyah dan faroidl.

 

Kegiatan madrasah dilaksanakan pada pukul 07.30 s/d pukul 10.30, mulai hari Sabtu s/d hari Kamis. Dan setiap ba’da Isya’ dilaksanakan musyawarah (diskusi bersama) sampai pukul 22.30.

Masih dalam naungan MISRIU, dibuka pula madrasah siang (Nahariyah) dan madrasah malam (Lailiyah).

Madrasah Nahariyah

Memberi kesempatan untuk siswi diluar pondok (desa) yang tidak dapat mengikuti sekolah pagi dengan biaya lebih ringan. Kegiatan sekolah dimulai pada pukul 13.30 s/d 15.00

Madrasah Lailiyah

Sekolah malam yang dimulai pada pukul 19.00 s/d 20.30 untuk siswi pondok yang juga mengikuti sekolah umum. Sebagai pendalaman materi pelajaran dilaksanakan musyawarah setelah ashar sampai pukul 17.15 WIB. Ditambah belajar wajib untuk pelajaran umum pukul 21.00 – 22.15

  • RIYADLATHUT THALIBAT

Setelah siswi menamatkan sekolah di MISRIU (Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul ‘Uqul), berikutnya siswi akan ditempa di jenjang musyawarah Riyadlotut Tholibat. Sistem yang diterapkan pada jenjang ini adalah kemandirian berfikir santri, keberanian mengambil keputusan yang bertanggung jawab dengan benar, terutama masalah-masalah fiqhiyah sesuai dengan perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Pada tingkat ini terdiri dari 2 fraksi. Fraksi I dengan mengambil kajian pokok kitab Fathul Qorib yang ditempuh dalam waktu satu tahun. Fraksi II dengan kajian pokok kitab Fathul Mu’in juga ditempuh dalam waktu satu tahun.

Selain mengikuti kajian-kajian diatas, para santri juga diterjunkan dakwah di tengah-tengah masyarakat guna memberi pencerahan sekaligus sebagai sarana praktikum para santri. Dengan demikian, diharapkan setelah menamatkan jenjang ini, santri benar-benar menjadi generasi tangguh yang sanggup menghadapi tantangan zaman.

  • Tahafudzul Quran

Bagi santri yang telah atau akan menghafal Al Qur’an disediakan asrama khusus dengan fasilitas yang memadai. Tetap dapat mengikuti kegiatan pondok dan madrasah atau musyawarah.


Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan pendidikan baru di pesantren AL Falah II jenjang ini dimulai dari SMP dan SMA sederajat. Adapun sekolah-sekolah tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. SMAN 1 MOJO
  2. MA SUNAN KALIJOGO
  3. SMA QUEEN Al Falah
  4. SMK QUEEN Al Falah
  5. SMPN 1 MOJO
  6. SMPN 2 MOJO
  7. MTs Sunan Kalijogo
  8. MTs Sunan Muria

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Al-Qur'an
  2. Pengajian Kitab Kuning
  3. Seni Hadrah/Marawis
  4. Bahtsul masa’il diniyah
  5. Training khitobah
  6. Olahraga
  7. Jum’at bersih
  8. Paduan Suara
  9. Seni Musik
  10. Khitobah
  11. Kaligrafi
  12. Komputer
  13. Pramuka
  14. English Club
  15. Mading
  16. Wirausaha: Belajar Komputer, Teknik Komputer, 


Hadrah di Pesantren Falah II


Muthola'ah kitab di Pesantren Falah II

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung asrama 
  2. Ruang tamu
  3. Ruang belajar yang representatif
  4. Lapangan Olahraga
  5. Kantin pondok
  6. Koperasi Pesantren
  7. Keamanan siaga 24 jam
  8. Poliklinik Pesantren (Politren)
  9. Auditorium luas
  10. Perpustakaan memadai
  11. Tabungan Santri (Tabasant)
  12. Katering
  13. Lab. Komputer


Gedung Pesantren di Falah II


Gedung Asrama di pesantren Falah II

ALAMAT

RT 03 RW 02, Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur


Kode Pos: PO BOX 102

Telepon:  (0354) 479032`

HP           085 33555 8806

E-Mail  : alfalahiiploso@gmail.com

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.