Info Harian Laduni.ID: 13 Februari 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 13 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 13 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir Syekh Abdul Karim Banten, KH. Muhsonudin dan hari wafat KH. Syahmari Syarief.

Syekh Abdul Karim Banten

Syekh Abdul Karim Banten diperkirakan lahir pada tahun 1830 M/1250 H, di Tanara, Serang, Banten. Tidak banyak diketahui tentang masa kecil dan pendidikannya kecuali hanya memang tinggal di Banten. beliau dikenal karena kemudian belajar ke Makkah.

Sejak muda Syekh Abdul Karim berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Sambas. Pemimpin tarekat yang juga menguasai hampir semua cabang ilmu keislaman ini dilahirkan di Sambas, Kalimantan Barat, dan bermukim di Makkah sejak perempat kedua abad ke-19. Pengarang Fathul ‘Arifin ini (kitab pedoman praktis untuk para pengamal tarekat di Asia Tenggara) mengajar di Masjidil Haram sampai wafatnya pada 1875.

Tugas pertama yang diemban Syekh Abdul Karim adalah menjadi guru tarekat di Singapura. Setelah beberapa tahun, beliau kembali ke tempat asalnya, Lampuyang, Tanara, pada tahun 1872. beliau mendirikan pesantren, dan karena sudah amat terkenal, dalam waktu singkat beliau sudah banyak memperoleh murid dan pengikut. Sulit diperkirakan berapa jumlah pengikutnya. Yang pasti, beliaulah yang paling dominan di kalangan elite agama di Banten kala itu.

Syekh Abdul Karim disebut sebagai salah satu di antara tiga kyai utama yang memegang peranan penting dalam pemberontakan rakyat Banten di Cilegon pada tahun 1888. Dua tokoh kunci lainnya adalah KH. Wasyid dan KH. Tubagus Ismail.

Simak biografi lengkapnya di: Syekh Abdul Karim Banten
Simak chart silsilah sanad Syekh Abdul Karim Banten

KH. Muhsonudin

KH. Muhsonudin adalah Pendiri Pondok Pesantren Mamba’ul Huda. Beliau Lahir pada tanggal 13 Februari tahun 1934 di Desa Kaliabu (sebuah desa yang berada pada Kecamatan salaman bagian Barat Daya dari Kota Magelang.

KH. Muhsonudin wafat pada hari malam Jum’at Pon 22 Rojab 1416 H/15 Desember tahun 1995. Beliau dimakamkan tepatnya di Dusun Ngampel, Desa Kaliabu, Salaman, Magelang.

Sejak usia kecil, beliau dibimbing oleh orang tuanya dengan pendidikan ilmu agama. Kedua orang tuanya memang sangat suka kepada orang orang yang mau belajar ilmu agama. Dalam riwayat pendidikannya diketahui bahwa beliau belajar ilmu ke Pesantren Raudlatul Ulum Kencong yang berada di kota Kediri, Jawa Timur pada pendidikan terakhirnya, dibawah asuhan Simbah Zamrodji Sairoji atau KH. Zamrodji.

Pada tanggal 6 Jumadil Akhir 1378 /18 Desember 1958 usailah jenjang pendidikan di berbagai pesantren Jawa. Setelah itu, beliau kembali ke desa asalnya, untuk menyebarluaskan ilmunya di berbagai pesantren ke masyarakat. KH. Muhsonudin mulai mendirikan pesantren pada tanggal 7 Dulqoidah 1378 /14 Juni 1959, atas ridho gurunya yang dinamai “Pondok Pesantren Mamba’ul Huda”.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Muhsonudin
Simak chart silsilah sanad KH. Muhsonudin

KH. Syahmari Syarief

Beliau mempunyai nama lengkap KH. Syahmari Syarief lahir pada 1915 M. Putra dari bapak Syarief dan ibu Tawen, di Dusun Karangtengah, Desa Warungpring, Kab. Pemalang. Orang tua beliau bukan ulama atau orang kaya, namun beliau keturunan dari orang sholeh, beliau adalah orang yang sholeh sepanjang hidup waktu beliau selain dihabiskan untuk keluarga juga untuk khidmah kepada para ulama dan para Kyai.

Beliau (Kyai Syahmari) wafat pada malam rabu manis tanggal 23 Jumadil Akhir 1405 atau 13 Februari 1985 M.

KH. Syahmari sejak kecil sudah menunjukan bahwa kelak dewasa akan menjadi ulama, menurut cerita orang yang lebih tua atau orang yang sebaya beliau, sejak kecil Kyai Syahmari sudah kelihatan cerdas, diusia beliau yang masih 7 tahun beliau tidak pernah meninggalkan shalat bahkan terkadang beliau shalat ditempat penggembalaan kerbau, entah itu diatas batu atau ditengah hutan (tegalan).

Setelah pulang dari Tebuireng Kyai Syahmari menetap  bersama istri beliau di Tegalharja yaitu pada tahun 1946. Dari situ banyak warga sekitar yang ingin anak beliau dididik oleh beliau, maka pada saat itulah Kyai Syahmari mulai mendirikan Pesantren di Tegalharja atas dorongan dari para wali santri dan perintah dari Kyai Muhammad Toyyib.

Simak biografi lengkapnya di: KH. Syahmari Syarief
Simak chart silsilah sanad KH. Syahmari Syarief

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.