Ziarah di Makam KH. Syahmarie Syarief, Pendiri Pesantren Mislakhul Muta’alimin Warungpring, Pemalang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Syahmarie Syarief, Pendiri Pesantren Mislakhul Muta’alimin Warungpring, Pemalang
Sumber Gambar: santri.mim

Daftar Isi:
Profil
Guru-Guru
Lokasi Makam
Haul
Motivasi Ziarah Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani
Oleh-oleh
Referensi

Profil
KH. Syahmarie Syarief lahir pada 1915 M. Putra dari bapak Syarief dan ibu Tawen, di Dusun Karangtengah, Desa Warungpring, Kab. Pemalang. Orang tua beliau bukan ulama atau orang kaya, namun beliau keturunan dari orang sholeh, beliau adalah orang yang sholeh sepanjang hidup waktu beliau selain dihabiskan untuk keluarga juga untuk khidmah kepada para ulama dan para Kyai.

KH. Syahmari sejak kecil sudah menunjukan bahwa kelak dewasa akan menjadi ulama, menurut cerita orang yang lebih tua atau orang yang sebaya beliau, sejak kecil Kyai Syahmarie sudah kelihatan cerdas, diusia beliau yang masih 7 tahun beliau tidak pernah meninggalkan shalat bahkan terkadang beliau shalat ditempat penggembalaan kerbau, entah itu diatas batu atau ditengah hutan (tegalan).

Sejak usia 6 tahun Kyai Syahmarie belajar Al-Qur’an dan Fasholatan pada Kyai Muklas ditempat kelahiran beliau. Setelah Kyai Muklas berangkat haji dan wafat di Makkah yang kurang lebih pada saat itu Kyai Syahmarie berusia 11 tahun beliau meneruskan ngaji di Kyai Toyyib Gombong, beliau mengaji pada Kyai Toyyib kurang lebih hingga usianya mencapai 18 tahun.

Kemudian oleh Kyai Toyyib, Kyai Syahmarie dipondokan ke Pesantren Kempek Cirebon dibawah asuhan Kyai Harun. Beliau mondok selama kurang lebih 4 tahun kemudian berpindah lagi pada Kyai Yusuf dan Kyai Idris. selama kurang lebih 7 tahun.

Setelah selama 11 tahun mondok di Cirebon, Kyai Syahmarie tidak langsung pulang tapi beliau meneruskan mondoknya di Pesantren Darussalam Watucongol, Magelang yang di asuh oleh Kyai Dalhar selama kurang lebih 2 tahun, selain itu beliau juga ikut mengaji pada Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari di Pesantren Tebuireng Jombang.

Guru-Guru

  1. Kyai Syarief (ayah),
  2. Kyai Muklas,
  3. Kyai Toyyib (ayah mertua),
  4. Kyai Harun Kempek,
  5. Kyai Yusuf,
  6. Kyai Idris Kempek,
  7. Kyai Dalhar,
  8. Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari.

Simak juga biografi beliau di: Biografi KH. Syahmarie Syarief

Lokasi Makam
KH. Syahmarie Syarief dimakamkan di area pondok Pesantren Mislakhul Muta’alimin Warungpring, Pemalang.

Kyai Syahmarie wafat pada malam Rabu Manis, 23 Jumadil Akhir 1405 atau 13 Februari 1985 M. Sebelum wafat beliau berpesan Apabila usiaku sampai jum’at kliwon tanggal 7 Rajab, kamu (KH. Abdul Aziz) saya ilbas Thoriqoh Syatoriyah agar kamu bisa membai’at orang-orang yang akan bai’at,

Haul
Hingga kini, Haul KH. Syahmarie Syarief biasanya dilaksankan setiap akhir bulan Jumadil Akhir/awal bulan Rajab setiap tahunnya, ditempat halaman pondok Pesantren Mislakhul Muta’alimin Warungpring, Pemalang.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Oleh-Oleh

  1. Ogel-ogel,
  2. Bandeng Montok,
  3. Tahu Pletok,
  4. Apem Comal,
  5. Kerupuk Usek,
  6. Bongko Mento,
  7. Kamir.

Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: Santri MIM