Biografi KH. Tubagus Hamdi Maani, Pengasuh Pesantren MALNU Pandeglang

 
Biografi KH. Tubagus Hamdi Maani, Pengasuh Pesantren MALNU Pandeglang

 

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau

3.    Penerus Beliau
3.1  Anak-anak Beliau

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mendirikan Lembaga Pendidikan Islam
4.2  Karier Beliau
4.3  Karya Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. Tubagus Hamdi, nama pemberian ayahnya yakni, KH. Tb. Ma’ani Rusydi lahir pada 14 September 1964, di Kananga, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, dari ibu Hj. Endah Humaedah, yang sebelumnya telah melahirkan putera sulungnya yaitu, Tubagus Zidni.

Sejak lahir hingga masa kecilnya, kehidupannya ada di Kananga bersama orang tuanya dan kerabat-kerabat lainnya. Baru menginjak usia di atas 5 tahun, Hamdi kecil ada dalam gemblengan Mama KH. Muhammad Rosikh, terutama dalam hal ngaji. Kendati paginya, Hamdi kecil bersekolah di SDN I Kananga, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

12. Riwayat Keluarga
Beliau menikahi seorang wanita sholeh dan dikaruniai beberapa anak.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Lulus SMP Negeri 1 Menes, Hamdi remaja kemudian melanjutkan belajar ke Madrasah Aliyah di lingkungan MALNU Menes, yang kebetulan ayahnya adalah pengurus besar MALNU. Tubagus Hamdi lulus dari Madrasah Aliyah pada tahun 1982, kemudian melanjutkan mesantren di luar Menes.

KH. Tubagus Hamdi muda dikenal sebagai pemuda haus ilmu, disamping ngaji kepada ayahnya Hamdi muda pergi melanglang buana menuntut ilmu pada para kiai, orang-orang alim di luar Menes, antara lain yaitu di Pesantren Cisantri Tubagus Hamdi menimba ilmu selama 2 tahun di bawah bimbingan ulama besar al-Alim al-Allamah Abuya KH. Bustomi, dan Abuya Bustomi murid dari Abuya Abdul Halim Kadu Peusing, Kabupaten Pandeglang, dan Abuya Abdul Halim murid dari Syeikh Nawawi al-Bantani.

Lalu pengembaraan ilmunya di Pesantren Cicurug Setelah dari pesantren Cisantri, kemudian Tubagus Hamdi melanjutkan menuntut ilmu kepada Kyai Encun Samsudin dari 1984 hingga 1986 selama 2 tahun. Dari Cicurug, Hamdi muda meneruskan rihlah ilmiah ke Cikaduen, ke Kadomas dibawah asuhan KH. Kurdi.

Hingga kemudian KH. Tubagus Hamdi muda pergi ke Kaliwungu dan ngaji ke Mbah KH. Ahmad Abdul Haq, dan kepada puteranya KH. Ali Qoisyor. Setelah beberapa waktu di Kaliwungu, Tubagus Hamdi meneruskan kelana ilmiahnya ke Gresik Jawa Timur dibawah bimbingan KH. Muqsith, dan dari Gresik diteruskan ngaji kepada KH. Abdul Ghofur pengasuh Pesantren Sunan Derajat di Lamongan Jawa Timur.

Masih dalam rihlah ilmiah, Tubagus Hamdi menerima ijazah Tarekat Syadziliah dari KH. Ali Qoisyor, sesuai dengan sanadnya. Tubagus Hamdi dari KH. Ali Qoisyor dari KH. Ahmad Abdul Haq dari Syekh Nahrawi ( Mbah Dalhar Watu Congol) dari Syeikh Muhtarom, sedangkan Syeikh Muhtarom seorang Mursyid Tarekat Syadziliah yang masyhur di Mekkah, merupakan figur sentralnya Tarekat Syadziliah di dunia Islam.

Sementara, Tubagus Hamdi mengambil sanad Tarekat Qodriyah Naqsyabandiyah dari Ajengan KH. Zaenal Abidin, berasal ijazah tarekat dari Ajengan KH. Sohibul Wafa Tajul Arifin bin Syekh Abdullah Mubarok atau masyhur dikenal dengan Abah Anom. Abah Anom dari ayahnya yakni Syekh Abdullah Mubarok, dan Syaikh Abdullah Mubarok ijazah dari Syekh Tolhah Cirebon, sedangkan Syekh Tolhah dari Syekh Abdul Karim Lempuyang Tanara.

2.2 Guru-Guru Beliau saat Menuntut Ilmu di antaranya:

  1. KH. Tb. Ma’ani Rusydi (ayahnya)
  2. Abuya KH. Bustomi
  3. Kyai Encun Samsudin
  4. KH. Kurdi
  5. KH. Ahmad Abdul Haq
  6. KH. Ali Qoisyor
  7. KH. Muqsith
  8. KH. Abdul Ghofur Lamongan
  9. KH. Ali Qoisyor
  10. KH. Zaenal Abidin

3. Penerus Beliau

3.1 Anak-anak Beliau
Ulfa Ma'ani

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah 

Disamping mengajar dan mendidik santri di MALNU, maka KH. TB. Hamdi Maani beraktivitas ceramah keliling, mulai undangan ceramah dari masyarakat Banten, masyarakat Bogor, Jakarta hingga undangan dari warga Lampung.

Pada 2016 lalu, KH. TB Hamdi Maani terpilih secara demokratis menjadi Ketua MUI Kab. Pandeglang, lalu tahun 2021 dalam pemilihan pimpinan MUI Pandeglang, KH. TB. Hamdi Maani terpilih lagi untuk menjadi Ketua untuk keduakalinya.

Akhir 2021, tempatnya di Tangerang Selatan saat Musda MUI Provinsi Banten, KH. TB. Hamdi Maani terpilih secara demokratis menjadi Ketua Umum MUI Provinsi Banten, masa Bakri 2022-2027.

Kemudian KH. TB Hamdi Maani sejak masih muda sudah beraktifitas di dalam keorganisasian NU, beliau yang mendampingi ayahnya di setiap kegiatan-kegiatan NU baik di Pandeglang hingga luar Pandeglang. MALNU yaitu Mathla’ul Anwar Li Nahdlatul Ulama, adalah basis harokah Abah KH. TB Hamdi Maani dalam khidmatnya di NU hingga sekarang.

Di sisi lain, KH. TB Hamdi Maani pun aktif di Banom NU bidang tarekat yaitu menjadi pengurus Idaroh Wustho Jatman ( Jam’iyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh An-Nahdliyah ) Provinsi Banten sebagai Rois Awal di jajaran ifadliyah ( semacam Suriyah ).

Sejak muda, KH. TB. Hamdi Maani dalam kancah politik ikut pula beraktifitas politik praktis dan berdasarkan sanad politiknya dari sang ayah, beraktifitas di partai PPP dari tingkat daerah hingga kini menjadi anggota Majlis Syari’ah DPP partai PPP. Hingga sekarang.

4.1 Mengasuh Pesantren MALNU Menes
Sejak 1982 setelah lulus Madrasah Aliyah MALNU, KH. TB. Hamdi Maani telah memulai aktifitasnya yaitu mengajar di MALNU, ikut membimbing para santri asuhan ayahnya. Hingga pasca wafat mendiang ayahnya KH. TB. Ma’ani Rusdi, beliau meneruskan sebagai pucuk pimpinan di MALNU pusat sejak 2009 lalu, hingga sekarang.

4.2 Karier Beliau

Karier Profesional
Pengasuh pesantren MALNU Menes

Karier Organisasi

  1. Menjadi Ketua MUI Kab. Pandeglang, hingga 2021
  2. Ketua Umum MUI Provinsi Banten, masa Bakri 2022-2027.
  3. Rois Awal Idaroh Wustho Jatman ( Jam’iyah Ahli Thoriqoh Mu’tabaroh An-Nahdliyah ) Provinsi Banten
  4. Anggota Majlis Syari’ah DPP partai PPP. Hingga sekarang.

5. Referensi

Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
https://rminubanten.or.id

                        

 

 

                  

               
                       

                  

 

                         

 

                       

             

                       

               

                         

             

                         

             

                         

     

                     

             

 

 

                         

 

                     

                     

                   

                     

               

               

                            

                 

                     

                            

              

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya