Pesantren (Dayah) Baburrahman, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Baburrahman, Aceh Selatan

Sejarah Pesantren
Pondok Pesantren/Dayah Baburrahman merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Selatan, tepatnya di Dusun Sawah Limau Purut/Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Pondok Pesantren ini memiliki staf pengajar atau guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing, sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kabupaten Aceh Selatan.

Pesantren Baburrahman berdiri sejak tanggal 1 Januari 1998 oleh Teungku Thamren Jr. Pesantren ini sekarang dipimpin oleh Umi Ustadzah Saniah Arisca (Istri Teungku Thamren Jr) dan berada di bawah naungan Yayasan Raudhaturrahmah, dengan Akta Notaris Yayasan Nomor 21 tahun 2008. Ketua Pembina Yayasan Raudhaturrahmah sendiri adalah Teungku Thamren Jr.

Pesantren Baburrahman ini berada di atas tanah yang diwaqafkan oleh Makta Kuala Ba’u kepada Teungku Thamren Jr, waqaf tersebut disaksikan oleh Abon (Teungku H. M. Hasbi Nyak Diwa) Pimpinan Dayah Darurrahmah Gampong Kota Fajar, H. Nyakdin tokoh masyarakat Kluet Utara, dan tokoh masyarakat lainnya.

Awalnya pesantren ini bernama Darurrahman, namun mulai tanggal 1 Januari 2001 dirubah namanya menjadi Baburrahman oleh gurunya Teungku Thamren Jr, yakni Teungku H. M. Hasbi Nyak Diwa, karena mirip sekali dengan nama Dayah Darurrahmah yang beliau pimpin.

Proses belajar mengajar jalan terus dan semakin meningkat, sehingga para santri sudah ada yang dari luar Kabupaten Aceh Selatan di antaranya dari Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Singkil. Seiring berjalan waktu, pesantren ini melakukan perluasan dan pembangunan, tadinya hanya dari tanah waqaf Makta Kuala Ba’u yang sangat sempit, namun sekarang sarana dan prasarana pesantren sudah cukup memadai.

Sistem kepemimpinan Pesantren Baburrahman lebih mengarahkan kepada pengelolaan dayah dari Yayasan Raudhaturrahmah, jadi semua keputusan dalam menjalankan operasionalnya melalui Rapat Pimpinan Dayah dan diketahui oleh Pembina Yayasan, dan Yayasan tetap memberikan kesempatan bagi yang mampu untuk berkiprah dalam membina lembaga tersebut demi kemajuan atau target yang dicapai.

Teungku Thamren Jr, selaku pendiri dan pembina Pesantren Baburrahman sendiri adalah ulama yang sangat aktif dalam organisasi masyarakat. Pengalaman berorganisasi beliau banyak sekali, yakni menjadi Rais Am RTA wilayah Kluet Raya sejak tahun 2007 sampai sekarang, Katib Syuriah PCNU Aceh Selatan periode 2010–2015, Pengurus Himpunan Ulama Dayah (HUDA) Aceh Selatan bidang kaderisasi sejak 2007 hingga sekarang, Ketua III Pengurus Persatuan Guru Baca Tulis Al-Qur’an (PGBTQ) Provinsi Aceh periode 2011–2013, PJS Ketua PGBTQ Aceh Selatan sampai sekarang, dan Ketua PGBTQ wilayah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kluet sejak 2009 hingga sekarang.

Program Unggulan Pesantren Baburrahman, Aceh Selatan
1. Pidato yang bisa dikatakan sebagai unggulan Pesantren Baburrahman, karena ada beberapa program acara yang bisa diikuti santri Pesantren Baburrahman untuk mendapatkan prestasi yang dicapai.
2. Mengembangkan seni suara dalam qasidah, di samping kemahiran dalam membaca kitab kuning.

Program Pengembangan Pesantren Baburrahman, Aceh Selatan
Pengembangan yang saat ini dirancang meliputi bidang Fisik dan Non-Fisik:
1. Fisik: pengadaan sarana ibadah berupa mushalla tempat jama’ah shalat dan asrama santri dan balai belajar sebagai kebutuhan Pesantren Baburrahman.
2. Non-Fisik: melatih kemahiran berpidato, tilawah, membaca wirid Dalailul Khairat, dan untuk meningkatkan prestasi santri selalu diadakan pada setiap akhir tahun sayembara perlombaan di kalangan santri setempat dan juga mengundang pesantren di sekitar sebagai evaluasi kemampuan santri Pesantren Baburrahman.

Pendiri/Pembina
Teungku Thamren Jr

Pengasuh/Pimpinan
1. Teungku Thamren Jr
2. Ustadzah Saniah Arisca

Unit Pendidikan
1. Pendidikan Dayah Salafiyah, mulai dari tingkatan Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah yang sudah ter-akreditasi Kementerian Agama. Kurikulum yang dipakai dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan surat edaran Departemen Kementerian Agama Republik Indonesia dan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh.
2. Majelis Taklim yang dibimbing langsung oleh Pembina Pesantren Baburrahman, yakni Teungku Thamren Jr, diadakan seminggu sekali yang juga dihadiri oleh masyarakat sekitar dan wali santri Pesantren Baburrahman.

Ekstrakurikuler
1. Karate
2. Basket
3. Futsal
4. Grup belajar
5. Pidato
6. Qasidah
7. Kajian Kitab Kuning
8. Membaca wirid Dalailul Khairat
9. Tilawah

Fasilitas
1. 6 Balai tempat belajar
2. 6 Ruang santri
3. Laboratorium praktikum
4. Perpustakaan
5. Lapangan olahraga
6. Kantin
7. Masjid
8. Ruang Kantor
9. Kamar mandi
10. 1 Lapangan dekorasi
11. 1 Rumah pimpinan
12. 2 Ruang dapur putra, 1 ruang dapur putri
13. 1 Sumur dan 1 PDAM

Alamat
Dusun Sawah Limau Purut/Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam
Kode Pos: 23771

Sumber
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs web 123dok.com

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.