Pesantren Salaf An-Nur Kab. Indramayu

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Salaf An-Nur Kab. Indramayu

PROFIL

Pondok Pesantren Salaf An-Nur, merupakan lembaga pendidikan ilmu agama islam yang berlokasi di Desa Tegal mulya, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa barat. Pondok pesantren Salaf An-Nur berdiri pada tanggal 1 Januari 2010/ bertepatan dengan 15 Muharrom 1431 Hijriyah. Didirikan oleh KH. Farid `Ashr Wadhr yang mana merupakan pengasuh Pondok hingga sampai saat ini.

Pondok Pesantren salaf An-Nur dalam menjalankan aktifitas pendidikannya merupakan salah satu Pondok yang mengedepankan dan mempertahankan nilai nilai kesalafan Ulama salafussholihin di tengah zaman yang mengedepankan Moderenitas. Hal ini merupakan cita cita yang didamba oleh Al-mukarrom.

Dengan didirikannya Pondok Pesantren Salaf An-Nur Beliau berharap semoga Pondok Pesantren Salaf An-Nur menjadi tempat pembelajaran ilmu agama islam yang menanamkan budaya Pesantren tradisional yang bermoral dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip Ahlussunah Waljama`ah yang Rahmatan lil`alamin. Adapun yang melatar blakangi berdirinya Pondok Pesantren Salaf An-Nur adalah adanya semangat jihad Lii`lai kalimatillah yang mengkristal dalam jiwa pendiri.

Berkat ketegaran dan keuletan dalam diri KH.Farid `Ashr Wadhr, Di bantu dengan gotong royong masyarakat, Pondok Pesantren Salaf An-Nur berhasil berdiri dan siap untuk mengkader generasi penerus ulama. Juga mengbimbing masyarakat luas untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada allah, serta menciptakan suasana masyarakat yang harmonis berasas rohmatan lilalamin.

Bangunan yang pertama kali berdiri adalah gedung aula berukuran 25 m x 7m, kemudian disusul dengan bangunan bilik santri yang pada saat itu menggunakan pagar bambu dan atap welit. Dan di huni oleh beberapa santri dari jauh dan sebagian besar dari santri local (santri kalong). Waktu berlalu tahun demi tahun, Pondok Pesantren Salaf An-Nur berhasil menjadi kepercayaan masyarakat, dan jumlah santri pun bertambah.

Hal ini menuntut untuk di dirikannya bangunan baru yang memadai untuk para santri. Bersama masyarakat dan para santri proyek pembangunan gedung barupun dilaksanakan. Dan pembangunan itu akan terus bertambah dengan bertambahnya santri-santri.
Metode pendidikan salaf merupakan pilihan pengasuh dalam menjalankan kegiatan ta`lim wata`alum.

Di latar blakangi oleh perjalanan pengasuh menimba `ilmu selama bertahun-tahun di berbagai pesantren di Indonesia yang bertradisi salaf (klasic), yang merupakan gaya pendidikan yang di ajarkan oleh ulama-ulama terdahulu. Referensi pendidikan Pondok Pesantren Salaf An-Nur adalah kitab kuning berliteratur bahasa `arab dalam berbagai fan ilmu.

Beberapa di antaranya adalah ilmu Aqidah, Ilmu fiqih, Ilmu akhlaq, dan adab. Dalam metode salaf, hubungan antara santri dengan kiyai sangat dekat secara emosional, kiyai ( pengasuh ) terjun langsung dalam menangani para santrinya. Pengasuh mengkosentrasikan para santrinya untuk mengkaji kitab-kitab Salaf yang sangat di yakini memiliki keberkahan selain juga keilmuan yang sangat kaya. Pengasuh berharap santri pondok Pesantren Salaf An-Nur menjadi kader-kader ulama yang tawasuth ( moderat ), Tawazun ( seimbang ) ,Tasamuh ( toleransi ), I`tidal ( adil ), tasyawur ( bermusyawara ) dan berakhlaqul karimah.

Pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Salaf An-Nur yaitu KH. Farid `Ashr Wadhr yang merupakan anak KE- 6 dari pasangan KH. Muhsin dan Nyai HJ. Fatiyah, yang mana KH. Muhsin adalah ulama yang sangat di segani dan karismatic di daerah setempat. Semangat juang dan karisma KH. Muhsin inilah yang menurun kepada putra KE-6 nya yaitu KH. Farid `Ashr Wadh.

Di usia yang masih muda beliau sudah di percaya oleh masyarakat Desa Tegal mulya dan sekitarnya untuk membimbing masyarakat. Setiap pagi, sekitar 400 jama`ah Desa setempat mengaji Tafsir Al-Quran kepada beliau. Beliau juga di percaya menjadi ketua JATMAN ( jam`iyah Ahlitthoriqa Al-mu`tabaroh An-Nahdliyah ) Kabupaten Indramayu, dan juga sebagai mursyid Thariqoh Assyadiliyah. Pondok Pesantren Salaf An-Nur menjadi pusat Thariqoh Assyadliyah di Indramayu dan sekitarnya.

Pendiri dan Pengasuh
KH. Farid `Ashr Wadhr

Unit Pendidikan

  1. Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)
  2. Madrasah Diniyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren An-Nur memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidzul Al Qur'an
  2. Tahsinul Al Qur'an
  3. Seni Tilawah Al Qur'an
  4. Qiroatul kutub
  5. Muhadharah
  6. Marawis
  7. Hadrah
  8. Qasidah
  9. Kaligrafi
  10. Ziarah
  11. Bahasa Arab
  12. Bahasa Inggris
  13. Olahraga: Senam, Sepakbola, Voli, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepak Takraw, Silat, Atletik


Setoran hafalan kitab di pesantren An-Nur


Muthola'ah Kitab Kuning di pesantren An-Nur

FASILITAS

Pesantren An-Nur memiliki fasilitas meliputi:

  1. Masjid
  2. Asrama Ponpes putra
  3. Asrama Ponpes putri
  4. Laboratorium Komputer
  5. Lapangan
  6. Aula
  7. Sarana Olahraga
  8. Sarana Alat Musik
  9. Poskestren
  10. Kantin
  11. Koperasi
  12. Perpustakaan
  13. MCK dan Sanitasi


Gedung pesantren di pesantren An-Nur


Gedung pesantren di pesantren An-Nur

ALAMAT

Desa Tegal mulya, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat
Kode Pos : 45284
Email       : pondokpesantrensalafannur@gmail.com
 

REFERENSI

Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
Facebook Salaf Annur Media
 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.