Pesantren Mahasiswa Universal Bandung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Mahasiswa Universal Bandung
Profil
Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU) atau lebih dikenal dengan sebutan Ma’had Universal, adalah salah satu pondok pesantren  modern yang terletak di kota Bandung. Tepatnya di jalan desa Cipadung, kecamatan Cibiru, kota Bandung yang letaknya langsung bersebrangan dengan MAN 2 Bandung. Selain itu  Pondok ini menempati lokasi yang cukup strategis bagi kaum pelajar ataupun mahasiswa, karena letak pondok ini dekat sekali dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.
 
Sebelum didirikan dan diresmikan sebagai pondok pesantren, nama PPMU atau lebih dikenal dengan sebutan Ma’had Universal ini adalah Area Net Work Institut yang dibentuk pada tahun 2006 oleh KH .Dr,. Tatang Astarudin, .,S.Ag.,SH.,M.Si semasa menjadi mahasiswa di UIN Bandung. Area Net Work Institut ini adalah sebuah lembaga dimana seluruh para aktifis mahasiswa UIN Bandung yang mengikuti berbagai macam ormas islam seperti HMI, PMII, IMM, KAMI, dan hima Persis untuk kegiatan berdiskusi dan berbagai macam pelatihan baik politik maupun pelatihan kepemimpinan.
 
Awal mula didirikan menjadi sebuah pesantren adalah amanat dan prakarsa dari ayahanda beliau R.H. Soheh SukartaWirya, yang mana beliau adalah Salah seorang veteran pada zaman reformasi sekaligus pendiri yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati, Cirebon. Kemudian dari amanat itulah KH. Dr. Tatang Astarudin, S.Ag., SH., M.Si membangun Pondok Pesantren  Mahasiswa Universal (PPMU) yang dibangun pada tahun 2009 dan diresmikan setahun setelahnya.

Nama Universal untuk pesantren ini diambil dari asal muasalnya tempat ini digunakan yaitu tempat seluruh kegiatan aktifis mahasiswa yang tergabung dalam berbagai macam ormas islam yang bersifat universal dan yang memiliki spirit  inklusif, empatik, dan toleran. Hingga saat ini Ma’had Universal menjadi pesantren modern yang dinaungi oleh yayasan pendidikan Suwargi Buwana Djati,Cirebon.

Namun meski termasuk kedalam kategori pesantren modern, Ma’had Universal ini tidak meninggalkan tradisi pesantren salafi seperti masih diberlakukannya sistem mengkaji kitab klasik dengan cara sorogan dan balagha. Hal tersebut dikarnakan latar belakang pendidikan agama pendiri sekaligus pengasuh PPMU ini adalah berasal dari pesantren salafi.
Pengasuh
KH. Dr. Tatang Astarudin, .S.Ag. SH. M.Si

Pendidikan
Terkait dengan hal itu, di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal menggunakan tiga model metode pembelajaran: yaitu sorogan, klasikal, dan kuliah umum/ceramah.
(1)          Metode sorogan, adalah model pembelajaran yang hampir sama dengan mentoring system, santri diajak memahami kandungan kitab secara perlahan-lahan secara detail dengan mengikuti pikiran dan konsep-konsep yang termuat dalam kitab, kata demi kata, dibimbing oleh kyai/ustadz atau santri senior.
(2)          Metode klasikal, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Metode ini juga digunakan sebagai sarana diskusi atau musyawarah antara santri. Ustadz berperan sebagai pemandu atau fasilitator dalam proses diskusi atau musyawarah.
(3)          Metode kuliah umum, sistem pembelajaran model ini berupa pengajian umum yang dipandu oleh ustadz/pengasuh pondok pesantren atau narasumber dari luar pondok pesantren.
Selain itu, setiap sehabis waktu sahalat Magrib, Isya, dan Subuh santri diharuskan mengikuti kegiatan belajar agama di majlis . Pelajaran yang dikaji mulai dari kitab kuning klasik diantaranya mustholah hadits, Jurumiyah, Riyadus Sholihin, syirahul Nabawiyah, Bulughul Maram, Ta’limul Muta’alim,Tafsir Jalalain, dan Fathul Qorib. Selain pengkajian beberapa kitab klasik tersebut, santri pun di ajarkan bahasa asing diantaranya Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Arab,dan Bahasa Turki.
Sembilan Tradisi Kuat PP Mahasiswa Universal:
1.     TAKBIROTUL-ULA
Sholat fardlu berjamaah di awal waktu, ibadah sunnah tak berlelah
2.     TADARRUS, TADABBUR
Membaca, mengkaji, mengambil hikmah dari al-Qur’an dan as-Sunnah
3.     TAFAKKUR, TAZAKKUR
Bepikir kritis, mengamati dan meneliti;
Mengambil pelajaran dari berbagai fenomena dan kejadian
4.     TA’LIM WA TA’ALUM
Belajar sepanjang hayat, tetap mengajar meskipun satu’ayat’
5.     TASAMUH,TA’AWUN
Empati, toleran,menjaga kebersamaan; Tolong-menolong, bersedekah, berkhidmah kepada sesama dan lingkungan
6.     TAWADDHU, TADHORRU
Rendah hati, sopan,ramah, bersahaja; tunduk malu kepada Allah SWT.berharap ridlo, ampunan dan pertolongan padanya
7.     TAZKIYYAT AN-NAFS,TAQWIYYAT AL-JISM
Menjaga kesucian diri dan jiwa, meninggalkan maksiyat, meghindari khurafat, menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat, berolahraga agar tetap sehat dan kuat untuk menjalankan ibadah
8.     TASABBAT, TAWAKKAL
Militan, teguh terhadap niat dan pendirian, tidak putus asa dalam ikhtiar; berserah diri pada Allah SWT menyempurnakan ikhtiar
9.     TAHLIL, TAHAJJUD
Merayu Allah SWT  dengan ‘Tahlil’; menjemput kemuliaan dengan Qiyamullail.

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al Qur'an
2. Kajian Kitab
3. Pidato
4. Hadrah/Marawis
5.  Ziarah
6. Olahraga
7. Bahasa Arab
8. Bahasa Turki
9. Bahasa Jepang
10. Latihan Membuat Kaligrafi
11. Grup Nasyid
12. Silat
13. Multimedia
 

Para santri sedang mendengarkan pengajian


Santri sedang sholawatan diiringi musik hadrah
 
Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Gedung Pesantren
2. Asrama
3. Kantor
4. Perpustakaan
5. Aula
6. Dapur
7. Kamar Mandi/WC
8. Lapangan  
9. Kamar untuk tamu
10. Mitra Usaha Mandiri yang berupa percetakan dan fotocopy
11. Majlis Ta’lim
12. Koperasi Syariah
13. Kantin
14. Televisi
15. Jaringan Wifi Gratis.


Gedung Lab. Bahasa

Gedung pesantren
 
Alamat             
 Jl. Kel. Cipadung No.1, RT 03/RW 08, Kota Bandung
Kode Pos         :  40614
Telepon            : (022) 7831132, 7831132, 7813068
Fax                   : (022)7812707
Email                : pesantrenuniversal@gmail.com,
Website            : https://pp-universal.suwargibuwanadjati.org
 
 
 
 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.