Biografi KH. M. Yusuf Masyhar, Muasis Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng

 
Biografi KH. M. Yusuf Masyhar, Muasis Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat
1.3  Riwayat Keluarga

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru

3.    Penerus Beliau
3.1  Murid-murid
3.2  Anak

4.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.1  Mendirikan Lembaga Pendidikan Islam
4.2  Karier Beliau

5.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga 

1.1 Lahir
KH. M. Yusuf Masyhar Lahir di Tuban, 13 Juni 1925. Beliau merupakan putra dari KH. Yusuf dan bu Nyai Masruhani. Beliau adalah anak ke 2 dari 9 bersaudara. Sejak kecil beliau mengaji kepada Kyai Chusen di kampungnya Jenu, Tuban dan sudah mampu menghafal 20 juz Al Quran sejak usianya 13 tahun. Setelah itu beliau hendak melanjutkan belajarnya di Pesantren Tebuireng.

1.2 Wafat
KH. M. Yusuf Masyhar wafat pada 12 Februari 1994 atau 3 Ramadhan 1414H. beliau di makamkan di lingkungan pondok pesantren Madrasatul Qur’an.

1.3 Riwayat Keluarga
KH. M. Yusuf Masyhar dinikahkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dengan cucunya, yang bernama Ruqoyyah pada usia 25 tahun.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

KH. M. Yusuf Masyhar sempat mengenyam Pendidikan formal tepatnya pada zaman belanda yang mana pada waktu itu dinamakan SR (sekolah rakyat). kemudian untuk selanjutnya beliau menghabiskan masa belajarnya di Pondok pesantren.

Setelah KH. M. Yusuf Masyhar menyelesaikan hafalannya, beliau berkeinginan untuk melanjutkan belajarnya guna memperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Namun pada masa itu Belanda melarang setiap orang yang ingin memondokkan anaknya disana. Sehingga itu menjadi tantangan bagi ibunda Kyai Yusuf. Sampai-sampai ada cerita sang ibu memasukkan beliau ke koper agar bisa memondokkan anaknya disana.

Sesampainya di Jombang beliau terlebih dahulu mondok di Rejoso. Beliau tabarrukan kepada KH. M. Dahlan Kholil. Beliau mondok disana kurang lebih hanya satu tahun. Kemudian beliau belajar kitab kuning di  Tebuireng, yang mana pada waktu itu diasuh oleh KH. Hasyim Asy’ari. Beliau belajar disana hingga diambil menantu oleh Kyai Hasyim Asy'ari.

KH. Hasyim Asy’ari tertarik dengan akhlak mulia, ketampanan, kepintaran dan hafalan al-Qur’an beliau. Bahkan Kyai Hasyim Asy’ari memanggil beliau dengan panggilan “mas”. Itu merupakan panggilan istimewa, tidak semua santri dipanggil seperti itu. Sampai-sampai para Kyai juga memanggil dengan panggilan itu.

Pada saat itu pula, setelah Kyai Hasyim Asy'ari mengetahui jika KH. M. Yusuf Masyhar hafal al Qur’an, dan terlebih lagi makhorijul hurufnya yang baik dan benar disertai suaranya yang merdu, Kyai Hasyim Asy'ari menyuruh KH. M. Yusuf Masyhar agar menjadi imam di setiap sholatnya terlebih di bulan puasa, yang mana bertujuan agar dapat menghatamkan Al Qur’an pada bulan itu.

2.2 Guru-guru beliau saat Menuntut Ilmu

  1. KH. Yusuf
  2. KH. Chusen
  3. KH. M. Dahlan Kholil
  4. KH. Hasyim Asy’ari

3. Penerus Perjuangan Ilmu Beliau di antaranya:

3.1 Murid-murid Beliau

  1. KH. Edy Musoffa
  2. KH. Abdulllah Afif

3.2  Anak-anak Beliau

  1. dr. Hj. Ninik Nafisah
  2. dr. Hj. Farida
  3. Ir. H. A. Baidlowi
  4. Ir. H. Abdul Ghofar
  5. H. Abdul Hadi, S.H

4. Perjalanan Hidup dan Dakwah 

Dalam menjalankan amanahnya sebagai pengasuh Pesantren MQ Tebuireng, KH. M. Yusuf Masyhar berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan pembelajaran Al-Quran khususnya di Tebuireng.

Setiap pagi, Kyai Yusuf Masyhar biasa menyimak para santai dalam bentuk halaqah. Sedangkan sore harinya beliau mengajar dengan cara  memperdengarkan kepada santri bacaan Al-Quran yang benar dan ditirukan oleh para santri.

Kyai Yusuf Masyhar dikenal sebagai sosok kiai humanis yang mampu bergaul dan akrab dengan siapa saja serta apresiatif terhadap setiap prestasi. Beliau merupakan pencetus wisuda hafidz Al-Quran sebagai bentuk apresiasi kepada santri-santri yang telah menyelesaikan program Al-Qur'annya Dalam lika-liku perjalanannya Pesantren MQ Tebuireng pun akhirnya mampu menjadi pusat peradaban Al-Quran di Jawa Timur.

4.1 Mendirikan Pesantren
KH. M. Yusuf Masyhar merupakan pendiri Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng, Cukir, Diwek, Jombang. Semenjak saat itu, beliau fokus mengurus santri. Sebagai pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur an (MQ) Tebuireng, beliau memprogram hafalan santri agar tidak hanya lancar menghafal sendiri namun juga lancar menghafal meski disimak orang lain. Sehingga nantinya santri bisa ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan Musabaqoh Hifdhil Quran (MHQ) dan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dalam tingkat nasional ataupun internasional.

4.2 Karier
Pengasuh pesantren Madrastul Qur'an Tebuireng

5. Referensi

Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs:
https://www.tebuireng.co

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya