Pesantren (Dayah) Budi Ihsan, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Budi Ihsan, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Budi Ihsan merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Selatan tepatnya di Gampong Bakau Hulu, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Didirikan pada tanggal 7 Muharram 1424 H atau 10 Maret 2003 M.

Pada mulanya pesantren ini hanya berupa sebuah Mushala dan 3 unit asrama putra, seiring waktu berjalan pesantren melakukan pembangunan dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan para santrinya. Dalam hal perkembangan pendidikan, setiap harinya proses belajar mengajar aktif dilakukan hingga sekarang. Dan untuk sekarang lahan di Pesantren Budi Ihsan seluas kurang lebih 1.626 m2 yang dihibahkan dari KH. Said Puteh dan Nyai Aja Halimah.

Pesantren Budi Ihsan sekarang dipimpin oleh Teungku Said Khaidir, beliau merupakan putra dari KH. Said Puteh dan Nyai Aja Halimah. Beliau merupakan lulusan dari Universitas IAIN Ar-Raniry dan Pesantren Budi Lamno Aceh Jaya. Setelah merampungkan pendidikannya, Teungku Said Khaidir memimpin Pesantren Budi Ihsan. Pesantren ini di yang diasuh atau dipimpin Teungku Said Khaidir berada di bawah naungan Yayasan Budi Ihsan Gampong Bakau Hulu Kecamatan Labuhan Haji.

Kesibukkan sehari-hari Teungku Said Khaidir di samping menjadi pimpinan dan pengasuh Pesantren Budi Ihsan, beliau juga menimba Ilmu dengan seorang Ulama yang terkenal, yakni Abuya Syekh H. Amran Waly, seorang Pimpinan Pengkajian Tauhid Tasawuf di Pesantren Darul Ihsan Pawoh. Selain itu, Teungku Said Khaidir juga mengajar di majelis-majelis ilmu lainnya, seperti Majelis Pemuda Peduli Agama, Majelis Taklim, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Pesantren Budi Ihsan hingga sekarang senantiasa menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar di lingkungan Kecamatan Labuhan Haji. Dengan begitu, masyarakat bisa mengikuti kegiatan yang ada di pesantren, misalnya Perayaan Hari-Hari Besar Islam dan Shalat Tarawih bersama di Bulan Ramadhan, serta ibadah-ibadah lainnya.

Program Unggulan
Pesantren Budi Ihsan memiliki beberapa program unggulan untuk para santri dan santriwatinya, di antaranya:
a. Dayah Budi Ihsan mempunyai tujuan untuk mencetak kader-kader Ulama yang disertai dengan jiwa Iman dan Islam yang dilandasi dengan keyakinan dan keikhlasan semata-mata karena Allah dengan motto bekerja, berilmu, dan beramal.
b. Pemantapan membaca kitab kuning dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
c. Fiqih, Tauhiddan, dan Tasawuf.
d. Pengembangan dalam hal pelatihan kewirausahaan dan ekonomi, peningkatan prestasi para santri, peningkatan keterampilan ceramah/khutbah, memimpin Dalail Khairat dan AL-Barzanzi, wirid Yasin dan lain-lain.

Pendiri
KH. Saed Putih dan Nyai Aja Halimah

Pengasuh/Pemimpin
1. KH. Saed Putih dan Nyai Aja Halimah
2. Teungku Said Khaidir

Unit Pendidikan
Tata cara belajar di Pesantren Budi Ihsan dilaksanakan dengan sistem kelas berkelompok sesuai dengan tingkatan para santri Ibtidaiyyah dan Tsanawiyah. Proses belajar dilakukan 3 kali dalam sehari semalam, yakni pada waktu setelah Subuh, siang atau sore, dan malam hari.

Sedangkan untuk tingkatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dilakukan setelah Shalat Dzuhur dan setelah Shalat Ashar. Kurikulum/materi yang dipelajari Pesantren Budi Ihsan masih memakai metode Salaf yang dikombinasikan dengan muatan lokal sebagai ciri khas kepesantrenan, seperti Ilmu Fiqih, Ilmu Tauhid, Ilmu Tasawuf, Ilmu Nahwu, Ilmu Sharaf, Ilmu Tajwid, Tafsir, Ilmu Bayan, Ilmu Mantiq dan masih banyak lagi.


Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler yang terdapat di Pesantren Budi Ihsan di antaranya:
1. Pembacaan Kitab Kuning
2. Kewirausahaan
3. Ceramah atau Khutbah
4. Pembacaan Dalail Khairat dan Al-Barzanzi
5. Wirid dan Yasinan
6. Perayaan Hari-Hari Besar Islam
7. Rebana




Fasilitas
Fasilitas atau Sarana dan Prasarana yang dimiliki Pesantren Budi Ihsan guna menunjang proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
a. Rangkang (asrama putra) 14 unit
b. Asrama Putri
c. Mushala
d. Tempat Belajar 5 unit
e. Rumah Pimpinan
f. Kantor
g. MCK 4 unit
h. Tempat Wudhu 2 unit

Alamat
Pesantren Budi Ihsan terletak di Gampong Bakau Hulu, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Kode Pos: 23757

Sumber
Diolah dan dikembangkan dari data-data dari situs Documents Professional Platform (AnzDoc)

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.