Pesantren PPTQ Misbahunnur, Cimahi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren PPTQ Misbahunnur, Cimahi

Profil
Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur terletak di kota Cimahi tepatnya pada Jalan Kolonel Masturi KM 3 kelurahan Cipageran, kecamatan Cimahi utara, Kota Cimahi

Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur Kota Cimahi merupakan salah satu lembaga yang hadir sebagai respon aktual dari semakin langkanya ulama-ulama yang menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan antara kehidupan masyarakat sekarang semakin jauh dari lingkungan. Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur memiliki tiga misi pondok pesantren, yang pertama membiasakan santri untuk menghafal Al-Qur'an setengah halaman dalam satu hari maka selama setahun santri bisa hafal Al-Qur'anAlquran 5 juz sehingga selama 6 tahun santri agar selesai melaksanakan hafal Al-Qur'an 30 juz.

Yang kedua menanamkan kecintaan terhadap Al-Qur'an melalui menghafal Al-Qur'an dan yang ketiga membiasakan para santri berakhlak Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Yayasan Misbabul adalah Yayasan Yang menaungi 4 lembaga pendidikan yaitu pondok pesantren Tahfidz Al-Qur'an Misballah, Madrasah Quraniyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Selain itu, PPTQ Misbahunnur juga menghadirkan program Kitab Kuning, yang merupakan studi mendalam tentang teks-teks Islam klasik. Program ini memberikan wawasan luas tentang berbagai aspek ilmu Islam, termasuk fiqih, akidah, dan tasawuf. Program ini membekali santri dengan pengetahuan yang kuat tentang tradisi dan warisan intelektual Islam.

Pondok pesantren Tahfidz Al-Qur'an Misbahunnur dalam hal ini menyelenggarakan dua jalur pendidikan jalur pendidikan formal dan non formal untuk pendidikan formal Misbahunnur menyelenggarakan pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah kedua-duanya menjalankan kurikulum yang berlaku di Kementerian Agama dan juga di dinas pendidikan sementara untuk pendidikan non formal kami menyelenggarakan Madrasah Quraniyah sebagai lembaga yang menaungi atau membidangi tentang keagamaan yang berada di pesantren untuk itu di pesantren ini khususnya di Madrasah Quraniyah.

Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur menyelenggarakan pendidikan ke pesantren pada umumnya atau yang menjadi ciri khas dari Pondok ini adalah Tahfidz AlquranAl-Qur'an sementara yang lainnya adalah pendidikan keagamaan yang sifatnya keagamaan yang berpahamkan Ahlussunnah Wal Jama'ah

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di PPTQ Misbahunnur dilaksanakan dalam suasana yang kondusif dan Islam serta didukung oleh fasilitas yang cukup memadai dan juga hidupmu oleh tenaga pendidik dan tenaga pendidikan yang profesional ahli di bidangnya.

Sarana dan prasarana yang dimiliki adalah lahan yang luas, masjid yang besar, asrama, para ustadz ustadzah yang berpengalaman dan ramah, yang ruang kelas media atau smartphone, lapangan, kendaraan, dan minimarket. Demi mendukung para santri PPTQ Misbahunnur memiliki kegiatan rutin seperti salat, kegiatan belajar mengajar, puasa sunnah Kamis kreasi seni San.

Pondok Pesantren Tahfiz Alquran misballah juga memiliki beberapa ekstrakurikuler seperti Mujawwad, Murottal, bahasa Arab, futsal, beladiri, dan Pramuka.

Sejarah
Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an (PPTQ) MISBAHUNNUR adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Misbahunnur sebagai respon aktual terhadap kian langkanya ulama yang menguasai disiplin ilmu pengetahuan modern. Sejarah pernah mencatat dengan tinta emas, zaman keemasan islam telah banyak melahirkan ilmuwan-ilmwuan muslim yang berjasa besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga saat ini.

Tokoh-tokoh Islam dulu mampu menghafal dan menguasai Al-Qur’an 30 Juz sejak usia dini dan menguasai ilmu-ilmunya (tilawatan, hifdhan, watafsiran) serta mampu mengamalkan ajaran-ajarannya secara universal (kaffah). Hal initercermin dalam pola hidup mereka yang penuh dengan zuhud dan waro’. Kemampuan memadukan fikir dan dzikir, sikap dan pandangan yang ruhul jihad, dan ijtihad yang tinggi untuk kemanfaatan sebesar-besarnya bagi agama dan umat manusia.

Mereka memiliki akidah yang kuat dan sikap mental yang tangguh.Semua itu bersumber dan mengacu pada Al-Qur’anul Karim, sehingga mereka mampu memberikan kontribusi bermakna bagi perjuangan Izzul Islam Walmuslimin. Berangkat dari kenyataan historis tersebut, PPTQ Misbahunnur
akan ikut berperan dalam usaha mengembalikan kejayaan islam dengan pola pendidikan yang berbasis pada kecintaan dan penghayatan terhadap Al-Qur’an.

Sehingga diharapkan akan tercetak kader-kader muda islam yang berjiwa IMTAK, berakhlak Qur’ani yang berbekal IPTEK dan memiliki ciri-ciri khusus sebagai huffadh Qur’an dan mampu mengimplementasikan nilai, ajaran, dan isi Al-Qur’an. Yayasan PPTQ Misbahunnur yang berlokasi di Jalan. Kolonel Masturi, Km. 03 Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi Jawa Barat Telp. (022) 6632377.

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur  merupakan salah satu lembaga yang berbasis pada nilai-nilai keislaman serta mencoba memberikan pondasi syariat dalam setiap gerak langkahnya ingin berpartisipasi dan turut serta dalam rangka memajukan pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kecerdasan anak-anaka bangsa yang pada akhirnya meningkatkan kualiatas bangsa Indonesia itu sendiri.

Peran serta tersebut terus diupayakan untuk senantiasa berkembang sehingga manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat luas.
Yayasan PPTQ Misbahunnur pada tahun pelajaran 2010/2011 dan tahun 2011-2012 ini merintis berdirinya MTs Misbahunnur sebagai bagian dari pengembangan program pendidikan yang diemban oleh Yayasan.

Berdirinya MTs Misbahunnur merupakan cita-cita YPI Misbahunnur sejak lama, karena pendirian lembaga formal ini merupakan rencana program jangka pendek YPI Misbahunnur. Berawal dari sebuah keinginan mulia untuk mengakomodir para siswa yang telah memiliki pondasi nilai-nilai keislaman yang telah diberikan pada tingkatan pendidikan dasar, baik di SD maupun dari RA terutama yang berkaitan dengan muatan pendidikan Islam, kemudian dilanjutkan dengan berbagai diskusi intensif anta pengurus yayasan, para guru serta dukungan dari masyarakat serta orang tua
santri, akhirnya perlahan namun pasti gagasan untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah pun mengemuka.

Diskusi-diskusi yang muncul dan intensif diajukan kemudian dirumuskan menjadi sebuah konsep yang memiliki ciri khas dan spesifikasi yang berbeda dengan madrasah yang sejenis. Spesifikasi ini dibuat sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah serta sebagai upaya memberikan pelayanan pendidikan kepada anak sesuai perkembangan jaman yang dialaminya.

Alhamdulillah, dengan mengucapkan basmalah dan berdasarkan kepada niat dan keinginan yang kuat, pada tanggal 1 Juni2010 dilakukan launching pendirian MTs Misbahunnur dengan mengundang para tokoh masyarakat, para sesepuh, ulama, serta pegawai dinas kota Cimahi dan pihak Kementrian Agama Kota Cimahi yang dihadiri oleh Kasie Mapenda. Selanjutnya dilakukan sosialisasi ke masyarakat luas.
Pada tahun pelajaran 2010/2011 dan tahun 2011-2012 ini, MTs Misbahunnur mulai berjalan dengan Jumlah Murid 93 orang.

Pendiri
H. Misbah Chunur

Pengasuh
KH. Abdul Aziz, SAg, AlHafizh
Drs. KH. Badrul Salam, MPd

Pendidikan
Unit Pendidikan di antaranya:

  1. MTs
  2. MA
  3. TPA
  4. Madrasah Diniyah

Program Unggulan

  1. Tahfizh Al-Qur'an
  2. Tahsin Al-Qur'an
  3. Kitab Kuning

Ekstrakurikuler
Pesantren Misbahunnur memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya:

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Tahsin Qur'an
  3. Kajian Kitab Kuning
  4. Marawis/Hadrah
  5. Nasyid
  6. Olahraga; Futsal, Volli, Bulutangkis, Tenis Meja, Taekwondo, Silat
  7. Kaligrafi
  8. Pramuka
  9. PMR
  10. Paskibra
  11. Pidato (Muhadharoh) tiga bahasa: bahasa Indonesa, bahasa Inggris, dan bahasa Arab
  12. Istighotsah
  13. Tausiyah
  14. Marhaban
  15. Kursus Komputer
  16. English Club
  17. Bahasa Arab
  18. Ketrampilan/Life Skill: Sablon, Konveksi, Pertukangan/Mebel, Komputer


Santri-santri pesantren Misbahunnur membaca Al-Qur'an

 
Hadrah di pesantren Misbahunnur

Fasilitas
Pesantren Misbahunnur memiliki fasilitas meliputi:

  1. Masjid
  2. Smart Class
  3. Ruang Lab IPA
  4. Ruang Lab Bahasa
  5. Ruang Komputer
  6. Perpustakaan
  7. Asrama Putra
  8. Asrama Putri
  9. Minimarket
  10. Kantin PA/PI
  11. Dapur Umum
  12. Boutiq
  13. Gedung Sekolah Putra
  14. Gedung Sekolah Putra
  15. Pendopo
  16. Klinik PA/PI
  17. Laundry

 

 


Masjid di oesantren Misbahunnur


Gedung pesantren di pesantren Misbahunnur

Sumber

  1. Youtube : Profil Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Misbahunnur Kota Cimahi - Jawa Barat
  2. https://pptqmisbahunnur.com

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.