Info Harian Laduni.ID: 21 Maret 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 21 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Kamis, 21 Maret 2024 bertepatan dengan hari wafat Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi.

Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi
Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi yang mempunyai nama lengkap Muhammad Sa’id ibnu Mula Ramadhan ibnu Umar Al-Buthi lahir pada tahun 1929 di Desa Jilka, Pulau Buthan (Ibn Umar), sebuah kampung yang terletak di bagian utara perbatasan antara Turki dan Irak. beliau berasal dari suku Kurdi, yang hidup dalam berbagai tekanan kekuasaan Arab-Irak selama berabad-abad.

Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi wafat diserang bom bunuh diri tepat saat beliau mengisi Taklim di Masjid Jami' Al-Iman di Kota Damaskus, Suriah, ba'da Maghrib hari Kamis, 21 Maret 2013. Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi adalah salah seorang tokoh ulama dunia yang menjadi sumber rujukan masalah-masalah keagamaan.

Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi mendapatkan Pendidikan agama pertama dari sang ayah. Belaiu mempelajari tentang aqidah, sirah nabi, ilmu alat, nahwu, dan Sharaf. Beliau sanggup menghafal kitab Alfiyah Ibnu Malik dan mampu menghafal 1.000 bait sya’ir kitab tersebut, padahal usia beliau masih 4 tahunan. Dan pada usia 6 tahun beliau sudah khatam Al-Qur'an.

Selulusnya dari Al-Azhar, Al-Buthi kembali ke Damaskus. beliau pun diminta untuk membantu mengajar di Fakultas Syari’ah pada tahun 1960, hingga ber­turut-turut menduduki jabatan struktural, dimulai dari pengajar tetap, menjadi wa­kil dekan, hingga menjadi dekan di fakul­tas tersebut pada tahun 1960.

Lantaran keluasan pengetahuannya, beliau dipercaya untuk memimpin sebuah lembaga penelitian theologi dan agama-agama di universitas bergengsi di Timur Tengah itu. Tak lama kemudian, Al-Buthi diutus pimpinan rektorat kampusnya untuk melanjutkan program doktoral bidang ushul syari’ah di Al-Azhar hingga lulus dan berhak mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu-ilmu syari’ah.

Aktivitasnya sangat padat. beliau aktif mengikuti berbagai seminar dan konfe­rensi tingkat dunia di berbagai negara di Timur Tengah, Amerika, maupun Eropa. Hingga saat ini beliau masih menjabat salah seorang anggota di lembaga pene­li­tian kebudayaan Islam Kerajaan Yordania, anggota Majelis Tinggi Pena­sihat Yayasan Thabah Abu Dhabi, dan anggota di Majelis Tinggi Senat di Universitas Oxford Inggris.

Simak biografi lengkapnya di: Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi
Simak chart silsilah sanad ilmu Syaikh Sa’id Ramadhan Al-Buthi

Mari kita sejenak mendoakan beliau, semoga apa yang beliau kerjakan menjadi amal baik yang tak akan pernah terputus dan Allah senantiasa mencurahkan Rahmat-Nya kepada beliau.

Semoga kita sebagai murid, santri, dan muhibbin beliau mendapat keberkahan dari semua yang beliau tinggalkan.