Dayah Istiqamatuddin Darul Muarrif Lam Ateuk

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Dayah Istiqamatuddin Darul Muarrif Lam Ateuk

LADUNI. ID, ULAMA- Tidak jauh dari Kuta Raja tepatnya di sekitar Lam Ateuk, lahirlah seorang ulama yang akrab disapa , Abu Lam Ateuk Lahir di Lambro Dayah pada tahu 1936 M. 

Ayah beliau bernama Tgk. Zamzami, dan Ibunya bernama Ummi Sakdiah. Nama lengkapnya Muhammad bin Zamzami, sejak keci bersekolah di Sekolah Rakyat di Buengcala adalah satu-satunya pendidikan formal yang Abu ikuti( sekitar 1943 –  1947).

Setelah sekian lama belajar agama di Dayah Darussalam Labuhan Haji, pulang dari Aceh Selatan ke Lam Ateuk dengan berbekal sepeda ontel dan ditemani Tgk. Mahyiddin Basyah Lam Asan dan Abi Thantawi yang saat itu baru saja menyelesaikan Sekolah Rakyat (sekitar 13 Tahun) dan membutuhkan 3 hari 3 malam perjalanan untuk sampai di Banda Aceh. 

Sekitar Dua bulan lamanya Abu berada kampung halaman untuk menyelesaikan masalah yang bergejolak saat itu disamping juga beliau bermusyawarah dengan warga sekitar.

Pergolakan ini terjadi warga Gampong Lambaed, Lambro dan Lam Asan untuk mewujudkan pendirian dayahnya dan dilanjutkan dengan gotong royong  bersama masyrakat sekitar untuk mencari bahan-bahan kayu untuk pembangunan bilek-bilek dan balai pada pendirian awal.

Kemudian, sesuai janji dengan Ummi, beliau pun kembali ke Labuhan Haji bersama Tgk. Mahyiddin, lebih tepatnya beliau kembali untuk meminta izin dalam rangka mengabdi dan mengelola dayah sendiri di kampung halamannya Lam Ateuk

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.