Info Harian Laduni.ID: 3 April 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 3 April 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Rabu, 3 April 2024 bertepatan dengan hari lahir Prof. KH. Anwar Musaddad dan KH. M. Ma’mun Muzayyin.

Prof. KH. Anwar Musaddad
Prof. KH. Anwar Musaddad lahir pada 3 April 1910 di Garut dengan nama Dede Masdiad. Beliau merupakan putra dari H. Abdul Awwal bin Haji Abdul Kadir yang jika ditilik secara garis nasab beliau merupakan keturunan Syekh Syarif Hidayatullah alias Sunan Gunung Djati.

Prof. KH. Anwar Musaddad menikah dengan Nyai Maskatul Millah, yang akrab dipanggil Nyi H. Rd. Atikah, putri dari KH. Qurthubi dan Hj. Fatimah dari Ciparay. Mereka memiliki banyak anak yang kebanyakan berhasil dalam berbagai bidang.

Prof. KH. Anwar Musaddad wafat pada tanggal 21 Juli 2000 bertepatan dengan 19 Rabiul Akhir 1422 dalam usia 91 tahun. Dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga Pondok Pesantren Musaddadiyah, Garut Jawa Barat. Ziarah di Makam KH. Anwar Musaddad.

Prof. KH. Anwar Musaddad memulai pendidikannya dengan belajar HIS (setingkat SD) Kristen karena sebagai pribumi yang bukan anak pegawai negeri (ambtenar) dan bukan dari kalangan bangsawan (menak), beliau tidak dapat masuk HIS Negeri. Kemudian masuk MULO (setingkat SMP) di Kristelijk di Garut, dan AMS (setingkat SMA) Kristelijk di Sukabumi. 

Pulang ke tanah air ketika masa penjajahan Belanda mulai berakhir. Pada masa penjajahan Jepang, beliau diangkat menjadi kepala Kantor Urusan Agama Priangan. Pada masa revolusi kemerdekaan (1945-1949), bersama KH. Yusuf Taujiri dan KH. Mustofa Kamil, beliau memimpin pasukan Hizbullah, melawan agresi Belanda yang ingin kembali menjajah RI. Sempat ditangkap Belanda (1948) dan mendekam di penjara. Baru dibebaskan setelah pengakuan kedaulatan (1950).

​Prof. KH. Anwar Musaddad merupakan pendiri Pondok Pesantren Musaddadiyah, Garut Jawa Barat. Sepeninggal beliau, tahun 1999, kepemimpinan pondok dilanjutkan oleh putra putrinya, dan saat ini pimpinan pondok dipegang oleh Dra. Hj. Yies Sa`diyah, M.Pd.

Simak biografi lengkapnya di: Prof. KH. Anwar Musaddad
Simak chart silsilah sanad ilmu Prof. KH. Anwar Musaddad

KH. M. Ma’mun Muzayyin
KH. Ma’mun Muzayyin lahir pada 3 April 1939 di Pati. Beliau merupakan putra pertama dari tujuh bersaudara, dari pasangan H. Muzayyin dan Hj. Mustaniroh.

KH. Ma’mun Muzayyin wafat saat menuju rumah sakit, pada tanggal pada 22 Dzulhijjah 1421 H, sekitar pukul 02.00 waktu Makkah, dan 23 Dzulhijjah 1421 H/18 Maret 2001 (jika dikonversikan) wilayah Indonesia. Jenazahnya dimandikan oleh murid-muridnya dan dishalati di Masjidil Haram sebelum dimakamkan di Ma'la.

Sekitar 1949, Kyai yang dikenal dengan ilmu Fiqihnya ini belajar di Matholiul Falah. Setamatnya dari Mathole’, kakak Ustadz Saifuddin Zuhri ini langsung mengajar di almamaternya (Matholiul Falah) kurang lebih tiga tahunan. Pada 1962 beliau belajar ilmu agama kepada KH. Zubair di Sarang. Di Pondok Sarang ini, beliau sering melakukan riyadhoh, di antaranya makan satu buah mangga untuk satu hari satu malam, dan itu dilakukan terus menerus sekaligus puasa. Bukan hanya itu sifat sabar, nrimozuhud dan ibadah yang mendalam, selalau melekat hingga tua.

KH. Muhammad Ma’mun Muzayyin tidak pernah merasa bosan untuk mengajarkan ilmunya pada santri-santrinya. Mengenai bidang keilmuan, KH. Ma'mun menguasai semua ilmu agama, hal tersebut terlihat ketika mengajar kitab selalu bergonta-ganti, bahkan sudah menjadi hobi beliau. Apabila beliau sakit, bukannya cepat selesai tapi malah tambah lama dalam mengajar.

Selain beberapa kesibukan di atas, beliau juga menjabat sebagai direktur Madrasah Darunnajah Desa Ngemplak, PRIMA (Perguruan Islam Al-Hikmah) dan MADINAH (Madrasah Diniyyah).

Simak biografi lengkapnya di: KH. M. Ma’mun Muzayyin
Simak chart silsilah sanad ilmu KH. M. Ma’mun Muzayyin