Info Harian Laduni.ID: 27 Mei 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 27 Mei 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Senin wage, 27 Mei 2024 bertepatan dengan hari lahirnya Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, dan wafatnya Guru Tohir, KH. Ahmad Muzammil

Pada suatu pagi yang cerah sebelum terbit matahari, lahirlah seorang anak laki-laki bernama Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syeikh Abu Bakar di kota Tarim, Hadhramaut, Yaman, pada hari Senin, 4 Muharram 1383 H (27 Mei 1963). Dari keluarga yang saleh dan berilmu, beliau dibesarkan dalam lingkungan yang penuh dengan cahaya keilmuan dan keberkahan.

Ayahnya, Habib Muhammad bin Salim, seorang ulama terkemuka dalam mazhab Syafi’i, dan kakeknya, Habib Hafidz bin Abdullah bin Syeikh Abubakar bin Salim, adalah ulama produktif. Saudara tertuanya, Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, merupakan ahli fiqih dan pemuka para mufti di kota Tarim.

Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz menikah dengan Salma binti Hafidz bin Syeikh Abu Bakar bin Salim, yang juga berasal dari keluarga yang memiliki silsilah keturunan Rasulullah SAW. Bersama-sama, mereka diberkati dengan beberapa anak yang mengikuti jejak beliau dalam menuntut ilmu dan berdakwah.

Sejak usia tujuh tahun, Habib Umar telah dibiasakan untuk melaksanakan Shalat Tahajjud setiap malam oleh ayahandanya, Habib Muhammad bin Hafidz. Walaupun masih kecil, semangatnya untuk menuntut ilmu tidak pernah surut. Meskipun mengalami tekanan dan intimidasi di masa kecilnya, beliau tetap bersemangat untuk belajar kepada para ulama masa itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN