Pembunuh Senyap: Kisah Assassin dalam Lintasan Sejarah Islam

 
Pembunuh Senyap: Kisah Assassin dalam Lintasan Sejarah Islam
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Apakah kalian pernah memainkan game Assassin's Creed? Game petualangan yang berlatar belakang abad pertengahan ini mengisahkan perjuangan sebuah kelompok misterius yang dikenal sebagai Assassin (pembunuh). Mereka berjuang demi perdamaian dengan melawan para pemimpin negara yang jahat dan berusaha mengendalikan umat manusia.

Namun, artikel ini tidak akan membahas jalan cerita dari game tersebut. Fokus utama artikel ini adalah sejarah nyata kelompok Assassin dalam konteks sejarah Islam. Kelompok misterius ini memang benar-benar ada, dengan kisah yang tak kalah menarik dan penuh intrik dibandingkan fiksi dalam game. Penasaran dengan sejarah sebenarnya? Mari kita jelajahi bersama di tulisan berikut ini.

Dinasti Fatimiyah

Sejarah terbentuknya Assassin dimulai dengan pemberontakan Dinasti Fatimiyah. Ketika itu, Abu Mansur Rizal naik tahta sebagai khalifah Dinasti Fatimiyah. Pada masa pemerintahannya, terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Wazir Mesir, Al-Afdal.

Al-Afdal berhasil menggulingkan Rizal, sang putra mahkota yang sah, memaksa Rizal untuk melarikan diri ke Alexandria. Namun, tidak lama setelah tiba di Alexandria, Rizal ditangkap dan dieksekusi mati.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN