Mau Imbangi China-Rusia, Prancis Bikin Senjata Berkecepatan Suara

 
Mau Imbangi China-Rusia, Prancis Bikin Senjata Berkecepatan Suara

LADUNI.ID,INTERNASIONAL– Negara kekuatan dunia berlomba-lomba mengembangkan senjata hipersonik yang mampu bergerak setara dengan kecepatan suara. Setelah sebelumnya dikembangkan Rusia dan China, kini Prancis ikut menyusul pengembangan senjata mutakhir tersebut.

Senjata hipersonik seperti rudal yang bergerak dengan kecepatan suara lebih dari lima kali lipat, namun mampu bermanuver di tengah penerbangan. Oleh karenanya, senjata tersebut lebih sulit untuk dilacak dan dicegat daripada proyektil tradisional lainnya.
Prancis adalah negara keempat dari lima anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang memiliki senjata itu setelah China, Rusia dan Amerika Serikat.

"Kami telah memutuskan untuk mengeluarkan kontrak untuk senjata hipersonik, yang dapat melakukan perjalanan lebih dari 6.000km/jam," kata Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly. 

"Banyak negara memperolehnya (senjata hipersonik) dan kami mempunyai pengetahuan untuk mengembangkannya. Kami tidak bisa lagi menunggu," ujarnya, seperti dikutip dari SCMP, Selasa 29 Januari 2019.

Prancis telah melakukan studi tentang sistem propulsi untuk senjata hipersonik sebagai bagian dari perombakan arsenal nuklirnya senilai US$42 miliar. Uji coba terbang senjata akan dilakukan akhir tahun 2021 mendatang.

Sumber : viva