Salimpe', Kuliner Banten yang Bikin Anda Ngiler

 
Salimpe', Kuliner Banten yang Bikin Anda Ngiler

LADUNI.ID - Salimpe’ atau nama lainnya ialah Lepet Banten adalah makanan khas Banten yang berbahan dasar beras ketan. Dikemas dengan lilitan daun janur membuatnya semakin menarik.

Rasanya pun tak jauh berbeda dengan ketupat yang biasanya muncul saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Ada rasa kenyal, lembut dan perpaduan antara asin dan  manis menambah cita rasanya.

Salimpe’ makin bertambah nikmat jika ditemani perkedel daging yang juga merupakan makanan khas dari Banten. Dibuat dengan bahan dasar kentang dan daging giling serta berbagai rempah-rempah yang menjadikannya semakin harum.

Cara memasaknya pun tak kalah unik, campuran bahan-bahannya dibentuk seperti bentuk perkedel pada umunya kemudian cukup diungkep dengan kuali dan minyak goreng yang mana setelah itu dialasi beberapa helai daun salam, kemudian disiram dengan santan dan kecap agar warnanya tidak pucat. Setelah itu masak dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. Tidak perlu diaduk dan tidak perlu ditambahkan air karena perkedel tersebut semakin lama semakin mengeluarkan air.

Setelah masak siapkan piring dan beberapa batang Salimpe’ yang sudah dikupas kulitnya kemudian siram dengan perkedel daging dengan kuahnya. Selamat menikmati.

Oleh: Fawzia