Seputar Kealiman Mbah Maimoen

 
Seputar Kealiman Mbah Maimoen

LADUNI.ID - Walau hanya 40 harian saya mondok posoan di tempat Mbah Yai Maimoen Zubair Sarang waktu ngaji kitab as-Syifa. Hati ini tidak akan pernah mampu memungkiri bahwa Beliau Alim, Allamah, Mutabahhir; Ilmunya nyegoro.

Kitab as-Syifa nya Syaikh Qadlil Iyadh yang full Hadist dan Qur'an dengan bahasa yang langka-langka. Beliau maknani dengan lugas. Bahkan saya yang berjuang habis-habisan agar setiap ngaji bisa dekat dengan Beliau dua meter tiga meter, belum pernah melihat Beliau buka kamus untuk mencari lafadz yang sulit diterjemah. Padahal kitabnya kosongan; tidak ada makna/terjemahan. Dan padahal lagi, selain kitab ditinggal di Majlis, setelah pulang ngaji dari luar/masyarakat, acapkali Beliau langsung menuju majlis tempat kami ngaji, entah kapan Beliau muthalaah.

Tapi yang jelas ketika menerangkan. Hmmm ... mengalir bagai samudra yang tiada pernah habis; Qur'an-Hadist-Nahwu-Sharaf-Manthiq-Balaghah-Ma'ani-Bayan-Tajwid-Tarikh-ilmu tafsir dan ilmu-ilmu sulit lainnya begitu sering menjadi penjabar ngaji as-Syifa. Seakan bagi Beliau, itu hal yang mudah sekali. Padahal, bagi para santri kebanyakan, tau sendirilah bagaimana sulitnya.

Apalagi kalau sedang menjelaskan sejarah dan daerah yang telah tersebut dalam al-Qur'an, seperti tanah kaum 'Ad, Tsamud dan lainnya. Dengan jelas Beliau tuturkan, sebab pernah mengunjungi secara langsung. Kata kawan santri mukim sana, "Setiap akhir tahun, Beliau sering sekali keluar Negri untuk mengunjungi tempat aneh-aneh"

Belum lagi maziah; keistimewaan yang sering Beliau tampilkan. Tidak satu dua kali Beliau bisa membaca fikiran tamu dan para santri. Selain wajah yang teduh dan senang ketika hamba memandangnya. Bibirnya senantiasa basah dan berair padahal terik panas di bulan Ramadhan.

"Orang yang akan merindui kekasihnya, tak akan sabar untuk menemuinya" itu inti dawuh Beliau tahun 2004 lalu. Dan yang mendengarkan menahan tangis, sebab seakan merupakan kata perpisahan dari Beliau untuk kami. Tapi Beliau ucapkan dengan tenang dan mata berbinar penuh kerinduan.

Begitupula waktu akhir Ramadhan. Seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya. Setelah khataman ngaji kitab. Beliau mengajak para santri untuk bersama-sama berziarah ke makam dekat pondok. Setelah usai tahlilan, yang berdoa bukan Beliau. Ketika yang mendoakan, dengan khusyuk dan suara serak menahan tangis, "Yaa Allah ... panjangkan umur Beliau agar selalu menuntun kami (Dengan bahasa arab) ..." kami yang mengaminipun juga ikut mengharu biru. Namun, ketika sekejap kulirik Beliau. Yang di doakan hanya senyam-senyum tanpa beban, tanda kerinduan kapan akan dijemput sang kekasih.

Sering ketika dirumah, baik waktu ngaji bersama konco-konco ataupun ketika berbincang dengan orang yang membuatku nyaman, "Sowanlah, Mbah Moen ... mumpung Beliau masih hidup. Minta berkah doanya. Beliau Alim, Allamah, Mutabahhir ... jarang sekali orang Alim seperti Beliau".

Mungkin, hanya yang pernah mengikuti ngaji dan bersama Beliau, yang bisa merasakan, bahwa Beliau bukan seperti orang kebanyakan.

Mugi panjang umur njur berkah Mbah Yai. Mugi kulo njenengan akui dados santri panjenengan walau cuma ngaos posoan.

Baca : Tawadhu' Tingkat Langit Mbah Maimoen Zubair

Oleh: KH Hzibullah (fb :Robert Azmi)