Venezuela Instruksikan Latihan Militer Terbesar Sepanjang Sejarah

 
Venezuela Instruksikan Latihan Militer Terbesar Sepanjang Sejarah

LADUNI.ID, Jakarta – Presiden Venezuela, Nicolas Maduro menginstruksikan secara resmi mengenai adanya latihan militer terbesar sepanjang sejarah negara tersebut. Latihan militer ini bertujuan untuk menunjukkan kekuatan militer Venezuela dan melindungi Caracas dari segala kemunginan serangan.

Maduro menegaskan bahwa dengan adanya latihan militer ini akan berlangsung selama lima hari dari 10 hingga 15 Februari 2019. Latihan militer ini disebut-sebut sebagai latihan terpenting dan paling orisinal yang pernah diadakan Caracas dalam 200 tahun terakhir.

Selain itu, Maduro juga ingin memperlihatkan Venezuela sebagai “negara yang tak tersentuh.” Sebelum ini, Donald Trump (presiden AS) menyatakan ia mempertimbangkan opsi serangan militer ke negara Latin tersebut.

Hal ini seperti dilansir dari kantor berita Sputnik bahwa, di tengah kerusuhan yang melanda Venezuela, Juan Guaido pada 23 Januari lalu mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara. Pemimpin oposisi Venezuela ini meminta agar tentara mendukungnya.

Kendati demikian, permintaan itu hanya bertepuk sebelah tangan, sebab tentara Venezuela memilih untuk mendukung presiden sah, yaitu Maduro.

Deklarasi Guaido mendapat dukungan dari Washington dan para sekutunya. Pemerintah Venezuela mengecam keras dukungan AS dan Eropa terhadap Guaido ini. Sejumlah negara seperti Rusia, Turki, Iran, dan selainnya juga menyatakan dukungan terhadap Maduro.