Milenial Peduli Lingkungan Jadi Tema Makestra IPNU-IPPNU Buntet

 
Milenial Peduli Lingkungan Jadi Tema Makestra IPNU-IPPNU Buntet

LADUNI.ID, Cirebon - Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) digelar oleh Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se-Buntet Pesantren dengan mengusung tema Menciptakan Generasi Milenial yang Peduli Lingkungan dengan Nilai Ahlussunah wal Jamaah, Rabu-Kamis, (13-14/2), di Guest House Buntet Pesantren.

Menurut Pembina IPNU dan IPPNU Kecamatan Astanajapura, Hj Yenni Ainul Widad ketika memberikan arahan kepada kader banom, NU itu untuk bisa konsisten belajar dan menerapkan ilmunya di lingkungan sekitar, baik sekolah atau rumah.

"Dengan Makesta ini mudah-mudahan bisa menciptakan generasi santri milenial yang peduli lingkungan. Kader harus mampu menerapkannya di sekolah dan pesantren," terang Nyai Yeyen.

Sementara itu, Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon terpilih, Hamdan Tsani Tyo mengatakan bahwa Buntet Pesantren konsisten mengadakan Makesta dengan seluruh sekolah yang ada di lingkungannya.

"Kaderisasi rutin dilakukan di Buntet Pesantren dengan melibatkan sekolah-sekolah. Makesta rutin di Buntet Pesantren ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena konsisten dilakukan setiap tahun. Tentu merupakan capaian yang perlu terus dilestarikan," tuturnya.

Senada dengan apa yang diungkapkan Hamdan, Ketua PC IPPNU Kabupaten Cirebon terpilih, Farida Priyani sangat mengapresiasi kegiatan Makesta yang diinisiasi oleh gabungan sekolah di Buntet Pesantren.

"Kegiatan Makesta yang diinisiasi oleh sekolah-sekolah harus diikuti jejaknya oleh pesantren dan sekolah lainnya," terang Farida, seperti dilansir dari laman NU Online, Kamis (14/2).

Beberapa sekolah yang ikut dalam kegiatan kaderisasi Makesta; MANU Putra/Putra, MAN 3 Cirebon, SMK Mekanika, MTs NU Putra/Putri dan berbagai sekolah lainnya di lingkungan Buntet Pesantren Kabupaten Cirebon.