Pesantren Hasan Jufri Bawean, Gresik

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Hasan Jufri Bawean, Gresik

PROFIL

 Pondok pesantren Hasan Jufri  terletak di Desa Lebak, tepatnya di Dusun Kebun agung, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Cikal bakal lahirnya pondok pesantren Hasan Jufri dimulai dari sosok seorang tokoh dan Ulama’ kharismatik di Pulau Bawean, KH. Hasan Jufri, jebolan pesantren Sidogiri Pasuruan dan Tebuireng Jombang dibawah asuhan hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari, beliau juga pernah menimba ilmu ke Makkah al Mukarromah.

Sekembalinya KH.Hasan Jufri ke tanah kelahiran, tepatnya di Dusun Lebak, Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, beliau membuka pengajian untuk Masyarakat setempat yang ingin mendalami ilmu agama. Langkah beliau mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Dalam perkembangannya antusiasme masyarakat yang ingin belajar kepada beliau tidak hanya datang dari masyarakat setempat,bahkan dari masyarakat di seluruh Pulau Bawean, sehingga rumah beliau yang asalnya dijadikan tempat proses belajar mengajar ilmu-ilmu agama tidak lagi mampu menampung masyarakat yang ingin belajar kepada beliau.

Melihat keadaan yang demikian, maka proses belajar mengajar dipindahkan ke Dusun Kebun Agung Desa Lebak. Pada awalnya proses belajar mengajar dilakukan di Mushalla yang diperioritaskan untuk santri mukim.walaupun pada saat itu belum banyak yang bermukim sebagai santri.

Dari waktu ke waktu, apa yang dilakukan KH. Hasan Jufri mulai menuai hasil, di mana pengajian yang dibina KH. Hasan Jufri mulai dikenal secara luas oleh masyarakat Bawean, walaupun pada awalnya pondok pesantren tidak memiliki nama sebagaimana pondok pesantren pada umumnya. Hal ini dikarenakan pengajian yang beliau bina hanya berlangsung di Mushola dan belum banyak santri yang mukim dalam waktu lama, kecuali sekedar menginap semalam sehabis mengikuti pengajian dimalam hari, maka wajar bila waktu itu pengajian yang diadakan di Dusun Kebun Agung belum dikenal sebagai pesantren.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.