Berebut Pahala Shalawat di Malam Jum’at

 
Berebut Pahala Shalawat di Malam Jum’at

 

LADUNI. ID, HIKMAH-SALAH satu hari yang dimuliakan dan menjadi penghulu segala hari yakni “Jumat Mubarak”. Sudah sepatut dan selayaknya untuk kita isi dengan kegiatan positif berorientasi akhirat, salah satunya lewat bershalawat.

Shalawat atas Nabi SAW disyariatkan pada waktu-waktu, tempat-tempat, dan keadaan-keadaan tertentu. Hal ini telah dibicarakan panjang lebar oleh Ibn Al-Qayyim di dalam kitab Jalâ ‘u al-Afhâm fî Fadhli al-Shalâti wa al-Salâmi ‘alâ Muhammad Khayr al-Anâm, Syaikh Islam Quthbuddin al-Haydhari al-Syâfi’i di dalam kitab Al-Liwâ al-Muallim bi Mawâthin al-Shalâh ‘alâ al-Nabî Saw., Al-Hâfizh Al-Sakhâwi di dalam kitab Al-Qawl al-Badî’, dan Al-Qasthallânî di dalam kitab Masâlik al-Hunafâ’. Al-Khâtib di dalam kitab Syarh al-Minhâj, dan yang lainnya, berkata: “Disunnahkan memperbanyak membaca Surah Al-Kahfi dan shalawat atas Nabi Saw. pada hari Jumat dan malam Jumat; paling sedikit, untuk yang pertama tiga kali dan untuk yang kedua tiga ratus kali.”

Sementara itu, telah sah riwayat yang bersumber dari Imam Al-Syâfi’i r.a., yang mengatakan bahwa, barang-siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, ia akan diterangi oleh cahaya yang ada di antara dua Jumat. Diriwayatkan pula bahwa barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, ia akan diterangi oleh suatu cahaya antara dirinya dan Ka’bah. Membaca surah Al-Kahfi di waktu siang lebih diutamakan, dan lebih utama lagi bila ia dibaca sesudah selesai mengerjakan salat subuh, guna menyegerakan berbuat baik sebisa-bisanya.

Hikmah diperintahkannya membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat adalah karena di dalam surah itu Allah menggambarkan suasana hari kiamat, sementara hari Jumat mirip dengan hari kiamat, karena orang banyak berkumpul untuk melaksanakan salat bersama-sama; juga karena kiamat itu terjadi pada hari Jumat, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab shahih-nya.

Salah seorang ulama yang menjadi rujukan dan pendapat beliau banyak diikuti pengikut mazhab Syafi’I yaitu Imam Ramli, beliau telah mengatakan bahwa anjuran supaya memperbanyak pembacaan shalawat pada malam dan hari Jumat itu didasarkan pada hadis yang berbunyi, “Sesungguhnya hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Oleh karena itu, perbanyaklah kalian membaca shalawat atasku, sebab shalawat yang kalian baca itu diperlihatkan kepadaku".

Beranjak dari itu marilah kita perbanyak bershalawat bukan hanya malam Jum'at juga malam dan kesempatan lainnya. Marilah kita perbanyak berzikir dan bershalawat sambil terus introspeksi serta bermunajah kepada Yang Maha Kasih Sayang.

 

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi l,  Penggiat Masalah Agama dan Sosial Masyarakat