Institut Agama Islam (IAI) Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka

 
Institut Agama Islam (IAI) Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka

PROFIL
STAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka mulai dirintis pada tahun 2005. Pertimbangan utamanya adalah karena Kabupaten Kolaka dan kabupaten sekitarnya belum ada Perguruan Tinggi Islam, yang ada hanya kelas jauh yang waktu itu masih dibenarkan. Di sisi lain, masyarakat Kabupaten Kolaka mayoritas beragama Islam, yang nuansa keberagamaannya begitu terasa. Hanya saja, jadwal ceramah ramadhan, khutbah jumat dan berbagai majelis taklim kadang diisi oleh da’I dari luar karena kurangnya SDM yang kompetitif. Selain itu, Madrasah Aliyah tumbuh subur, yang alumninya harus meninggalkan daerahnya untuk melanjutkan pendidikan.

Sebagian besar melanjutkan pendidikan di Ujung Pandang. Selain itu, kebanyakan guru agama pada sekolah umum dan guru rumpun PAI pada madrasah kebanyakan dari alumni Perguruan Tinggi dari luar privinsi, terutama dari Provinsi Sulawesi Selatan. Hal lain yang menjadi pertimbangan bahwa Kabupaten Kolaka dari sisi letak geografisnya merupakan jalur transit dengan peluang usaha yang cukup baik, sehingga masyarakatnya majemuk, termasuk dari latar belakang pemahaman agama, sehingga dibutuhkan tokoh agama yang berfaham rahmatan lil alamin, yang mengedepankan kebersamaan dan persaudaraan.

Dari beberapa dasar pemikiran itulah, sehingga dianggap mendesak untuk merintis Perguruan Tinggi Islam. Saat itu berhasil direkrut calon mahasiswa sebanyak 20 orang. Berhubung izin operasional belum terbit, maka untuk sementara bermitra dengan STAI Al Gazali Kabupaten Bone.

Pada tahun 2007 terbitlah izin operasional dengan nomer Dj.I/177/2007, dan dimulai merekrut mahasiswa baru dengan program studi Agama Islam. Watu itu, visi STAI yang disepakati adalah “mewujudkan STAI Al Mawaddah Warrahamah Kolaka sebagai lembaga pendidikan tinggi yang rahmatan lil alamin serta berkomitmen mencetak generasi intelektual yang beriman dan bertakwa.

STAI Al-Mawaddah Warrahmah kolakatelah resmi beralih bentuk menjadi Institut Agama Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka, yang terdiri dengan 4 Fakultas 6 Prodi.

SK alih bentuk menjadi Institut Agama Islam Al Mawaddah Warrahmah langsung diterima oleh Rektor IAI Al Mawaddah Warrahmah Kolaka di Jakarta, Senin 23 April 2018 dari Direktur Jendral Pendidikan Islam Prof. Dr phil. Kamaruddin Amin, MA.

PRODI

  1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

    1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (Gelar sarjana S. Pd Akreditasi B )
    2. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (Gelar sarjana S. Pd Akreditasi BAN PT)
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

    1. Program Studi Ekonomi Syariah (Gelar sarjana S. E Akreditasi C)
    2. Program Studi Perbankan Syariah (Gelar sarjana S. E Akreditasi C)
  3. Fakultas Syariah dan Hukum

    1. Program Studi Hukum Keluarga (Gelar sarjana S.H)
  4. Fakultas Ushuluddin, dakwah dan adab

    1. Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (Gelar sarjana S. Ag).



ALAMAT
Jl. Pondok Pesantren No. 10 Kel. Lamokato, Kec. Kolaka, Kab. Kolaka.

Kode Pos : 93516

Telepon: (0405) 2323229

Email: staialmawaddahkolaka@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : www.iaialmawar.ac.id


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.